15 December 2022

by Lukman Azis

ASUS Umumkan Zenbook 17 Fold OLED, Laptop Layar Lipat OLED 17 Inci Seharga Rp50.999.000

Zenbook 17 Fold OLED merupakan laptop ASUS paling inovatif tahun ini, layarnya dapat dilipat ke dalam ukuran 12,5 inci

ASUS telah mengumumkan laptop layar lipat OLED 17 inci pertamanya di Indonesia, yaitu Zenbook 17 Fold OLED dan menawarkan pengalaman penggunaan yang berbeda dari laptop lainnya yang ada saat ini. Zenbook 17 Fold OLED merupakan laptop paling fleksibel untuk berbagai skenario penggunaan, sekaligus tampil sebagai laptop ASUS paling inovatif di tahun 2022.

β€œZenbook 17 Fold OLED merupakan puncak inovasi ASUS di tahun 2022. Sebagai pemimpin dalam inovasi layar laptop, ASUS tidak hanya menghadirkan yang terbaik tetapi juga yang paling inovatif,” ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director, Southeast Asia. Ia menambahkan inovasi tersebut untuk membantu para pengguna agar dapat beraktivitas secara lebih fleksibel, nyaman, dan tentunya menjadi lebih produktif dalam berbagai aspek.

Layar ASUS OLED Lipat 17,3 Inci

Layar ASUS OLED di Zenbook 17 Fold OLED merupakan layar lipat berukuran 17,3 inci beresolusi 2,5K dalam rasio 4:3. ASUS OLED tersebut memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display.

Layarnya dapat dilipat ke dalam ukuran 12,5 inci dengan rasio 3:2 dan resolusi 1920x1280 piksel. Berkat layar lipat tersebut, Zenbook 17 Fold OLED dapat tampil sebagai laptop 17 inci paling fleksibel dan memiliki beberapa mode penggunaan.

Pengguna dapat menggunakan laptop ini sebagai tablet 17 inci baik diposisikan secara mendatar atau ditekuk. Layar Zenbook 17 Fold OLED dibekali fitur touchscreen sehingga penggunanya bisa memanfaatkan keyboard virtual untuk mengetik di mode tablet.

Kemudian ada mode desktop yang merupakan mode yang paling imersif. Zenbook 17 Fold OLED dilengkapi dengan kickstand atau penyangga khusus yang memungkinkan laptop ini untuk dapat digunakan seperti halnya PC desktop dengan layar 17,3 inci.

Dipadukan dengan keyboard ErgoSense Bluetooth, Zenbook 17 Fold OLED dapat menghadirkan pengalaman penggunaan serupa dengan PC desktop namun dengan desain lebih ringkas dan mudah dibawa bepergian. Selain bisa digunakan secara terpisah, keyboard juga bisa juga ditempelkan di atas layar sebagai laptop 12,5 inci yang ringkas.

Meski memiliki layar lipat, Zenbook 17 Fold OLED tetap tampil sebagai laptop yang tangguh dan mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD-810H). ASUS juga memberikan perhatian khusus pada engsel layar lipatnya, dengan struktur khusus yang dapat bertahan hingga 30.000 kali buka-tutup.

Jika dilihat dari perspektif pengguna laptop yang biasanya hanya membuka dan menutup laptopnya selama enam kali dalam satu hari. Maka engsel Zenbook 17 Fold OLED dapat bertahan hingga lebih dari sembilan tahun.

Ditenagai Prosesor 12th Gen Intel Core

Di sektor dapur pacu, Zenbook 17 Fold OLED ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel Core i7-1250U yang menggunakan konfigurasi 10 core (2 P-core dan 8 E-core) serta 12 thread. Prosesor tersebut juga dapat berjalan dengan frekuensi hingga 4,7 GHz dan dibekali chip grafis terintegrasi Intel Iris Xe,

Zenbook 17 Fold OLED juga telah tervalidasi Intel Evo platform. Artinya, laptop layar lipat ini dipastikan memiliki daya tahan baterai yang mumpuni serta performa kencang dan responsif. Tidak ketinggalan juga fitur dan konektivitas modern seperti port USB-C Thunderbolt 4 dan Intel WiFi 6E.

ASUS juga membekali dengan penyimpanan berupa NVMe PCIe Gen4 Performance SSD berkapasitas 1T B dan memori LPDDR5 berkapasitas 16 GB. Kombinasi keduanya membuat Zenbook 17 Fold OLED responsif saat menjalankan berbagai aplikasi dan gesit ketika melakukan multitasking.

Terakhir mengenai harga ASUS Zenbook 17 Fold OLED (UX9702) di Indonesia, laptop ASUS paling inovatif di tahun 2022 ini dibanderol Rp50.999.000. Cocok untuk mereka yang mencari laptop dengan salah satu inovasi teknologi terbaik dan mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan baru.