23 September 2023

by Lukman Azis

ASUS Umumkan Laptop ExpertBook B6 Flip, B5 OLED, dan PC Desktop Bisnis dengan Intel vPro

ExpertBook B6 Flip adalah convertible mobile workstation dengan NVIDIA Quadro RTX, sedangkan ExpertBook B5 adalah laptop bisnis berlayar OLED

ASUS telah mengumumkan dua laptop bisnis dan PC desktop bisnis seri ExpertBook terbarunya di Indonesia yang didukung oleh platform Intel vPro. Mulai dari convertible mobile workstation dengan chip grafis NVIDIA Quadro RTX yaitu ExpertBook B6 Flip, laptop bisnis berlayar OLED ExpertBook B5 OLED, hingga desktop PC minimalis ExpertCenter D9.

Semua perangkat komputasi yang diperkenalkan kali ini didukung oleh Intel vPro, platform teknologi yang dikembangkan oleh Intel untuk meningkatkan manajemen dan keamanan pada perangkat komputer khususnya PC bisnis. Dirancang untuk memenuhi kebutuhan IT perusahaan dalam menghadapi tantangan manajemen dan keamanan yang semakin kompleks di era digital saat ini.

Salah satu keunggulan perangkat dengan Intel vPro adalah kemampuannya dalam manajemen jarak jauh yang memungkinkan tim IT dapat mengakses, memperbaiki, dan memperbarui sistem komputer tanpa harus berada di lokasi yang sama dengan perangkat tersebut. Intel vPro juga mendukung teknologi virtualisasi yang memungkinkan pemisahan sumber daya komputer sehingga dapat dijalankan beberapa sistem operasi secara bersamaan pada satu mesin. Mari bahas satu per satu.

ASUS ExpertBook B6 Flip

ExpertBook B6 Flip (B6602) merupakan convertible mobile workstation berlayar 16 inci yang ditenagai prosesor 12th Gen Intel Core HX Series dengan Intel vPro dan didukung chip grafis NVIDIA Quadro RTX A2000. Perangkat ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan profesional yang memerlukan performa tinggi dalam form factor yang fleksibel.

Salah satu keunggulan dari ExpertBook B6 Flip adalah kapasitas memorinya. Dengan RAM yang bisa ditingkatkan hingga 128GB dan opsi penyimpanan hingga 2TB, perangkat ini menawarkan ruang yang lebih dari cukup untuk seluruh operasional bisnis.

Ini memungkinkan penggunanya untuk bekerja dengan beberapa aplikasi berat secara bersamaan tanpa mengalami penurunan performa. Menjadikannya pilihan yang solid untuk para profesional yang memerlukan banyak ruang untuk data dan aplikasi.

Selain itu, ExpertBook B6 Flip juga dilengkapi dengan fitur keamanan kelas enterprise yang memastikan data tetap aman. Dari enkripsi hardware hingga fitur autentikasi biometrik, perangkat ini dilengkapi dengan berbagai lapisan proteksi untuk mencegah akses yang tidak sah.

ASUS ExpertBook B5 OLED

Beralih ke ExpertBook B5 OLED (B5602), laptop bisnis ringkas yang dibekali panel OLED berukuran 16 inci 4K dengan ErgoLift hinge yang bisa diputar 180 derajat. Beratnya hanya 1,4 kg dan ketebalannya di angka 19,95 mm, laptop ini menjadi pilihan yang tepat untuk para profesional yang sering bepergian, tanpa mengorbankan performa dan punya masa pakai baterai hingga 14 jam.

Dari segi performa, ExpertBook B5 (B5602) ditenagai oleh prosesor 13th Gen Intel Core dengan Intel vPro dan chip grafis hingga Intel Arc A350M. Didukung memori hingga 40GB DDR5 4.800 MHz dan penyimpanan SSD hingga 2TB Dual M.2 PCIe 4.0. Dengan kombinasi antara layar OLED, desain portable, dan performa yang solid, ExpertBook B5 (B5602) menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis modern.

ASUS ExpertCenter D9 SFF

ExpertCenter D9 SFF (D900) merupakan PC desktop dengan desain ringkas yang dirancang untuk memaksimalkan produktivitas bisnis. Meskipun tampil dengan desain minimalis, perangkat ini menawarkan fitur keamanan kelas enterprise yang memastikan data dan informasi bisnis tetap aman.

Selain itu, dukungan untuk berbagai software bersertifikasi ISV (Independent Software Vendor) menambah keandalan sistem ini dalam menjalankan aplikasi bisnis yang spesifik dan memerlukan sertifikasi khusus. Dalam hal performa, ExpertCenter D9 SFF (D900) ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel Core, didukung Intel vPro, dan dapat tampil dengan kartu grafis NVIDIA GT1030 atau T600.

Salah satu keunggulan lain dari ExpertCenter D9 SFF (D900) adalah konektivitasnya yang sangat lengkap dengan berbagai pilihan port dan konektor. PC desktop ini juga dirancang untuk mudah di-upgrade, baik itu memori, penyimpanan, atau komponen lain, tim IT bisa dengan mudah menambah atau mengganti sesuai kebutuhan.