ASUS Umumkan Laptop dengan Intel Core Generasi ke 13, Semuanya untuk Gaming

ASUS bakal memasukkan banyak laptop gaming ke Indonesia di tahun 2023 dan menggunakan Intel Core i9 Generasi ke 13 dan GeForce RTX 40 Series

ASUS akhirnya mengumumkan laptop gaming baru yang bakal mereka masukkan ke Indonesia. Semua laptop yang diumumkan tersebut menggunakan prosesor Intel Core generasi ke 13 atau Raptor Lake. ASUS mengumumkan hal ini dengan mengadakan acara yang diadakan pada hotel Aloft Wahid Hasyim pada tanggal 28 Februari 2023 yang lalu.

Laptop ROG paling kencang saat ini menggunakan prosesor 13th Gen Intel Core HX Series. Salah satu varian prosesornya adalah Intel Core i9-13950HX yang merupakan prosesor mobile paling kencang saat ini yang memakai 24 core dan memiliki base power 55W. Kecepatan prosesor ini mampu berjalan di frekuensi hingga 5,6GHz. Prosesor tersebut juga dibekali dengan teknologi Intel Killer WiFi 6E, Bluetooth LE Audio, serta Thunderbolt 4. 

Selain  HX Series, laptop ROG juga menggunakan prosesor 13 th Gen Intel Core H Series. Intel® Core i9-13900HK memiliki 20 core dengan base power 45W, serta dapat berjalan di frekuensi hingga 5,4GHz. Prosesor ini juga memiliki teknologi yang sama dengan Core i9-13950HX.

Laptop ROG baru ini akan memakai layar yang tersertifikasi ROG Nebula lebih banyak dibandingkan keluaran tahun sebelumnya. Selain layar, ROG juga meningkatkan performa sistem pendingin yang bernama ROG Intelligent Cooling Technology. Pendingin ini terdiri dari full-width heatsink dan Tri-Fan Technology yang diklaim mampu mendinginkan lebih baik dari generasi sebelumnya. 

Laptop pertama yang diperkenalkan pada acara tersebut adalah ROG Strix SCAR 16 dan 18. GPU dari perangkat ini menggunakan hingga NVIDIA GeForce RTX 4090 dengan TGP 175 watt dan dukungan NVIDIA Advanced Optimus dan Mux Switch. Dengan menggunakan layar ROG Nebula HDR, SCAR 16 dan 18 memiliki resolusi QHD.

Laptop selanjutnya adalah ROG Zephyrus M16 yang dilengkapi dengan AniMe Matrix LED di bagian depannya. Dengan ROG Intelligent Cooling Technology, Zephyrus M16 kini dapat bekerja pada TDP 25W lebih tinggi dibandingkan dengan model tahun lalu, sehingga membuat prosesor Intel Core i9 13900H dan GPU NVIDIA GeForce RTX 4090 bisa lebih nyaman digunakan. Layarnya juga menggunakan ROG Nebula dengan gamut DCI-P3 100% QHD dengan refresh rate 240 Hz. Di bawah seri ini juga ada ROG Zephyrus G16 yang menggunakan prosesor hingga Intel Core i9-13900H dan GPU NVIDIA GeForce RTX 4070.

ASUS juga memperkenalkan ROG Flow Z13 memiliki desain detachable. Prosesor yang digunakan tentu saja dengan Rocket Lake sehingga lebih kencang dari pendahulunya. ROG Flow Z13 juga dapat dihubungkan ke ROG XG Mobile yang merupakan perangkat GPU eksternal. Berbagai port juga sudah didukung mulai dari HDMI, DisplayPort, serta USB Type-A dan C untuk menghubungkan berbagai perangkat serta monitor tambahan.

ROG Strix G16 dan 18 juga menjadi sorotan pada acara pengumuman kali ini karena menggunakan Core i9 13980HX dan NVIDIA GeForce RTX hingga 4080. Pembaruan pada laptop ini termasuk penggunaan ROG Nebula dan juga ROG Intelligent Cooling Technology. Jadi, laptop ini diklaim mampu memiliki kinerja yang lebih baik dari pendahulunya.

Terakhir adalah TUF Gaming F15 yang sepertinya menjadi favorit konsumen di Indonesia. Pada seri terbarunya ini, selain CPU dan GPU baru, layarnya sudah memiliki refresh ratehingga 144Hz, dengan color gamut 100% sRGB, serta dukungan NVIDIA G-Sync. Laptop ini juga merupakan salah satu yang memiliki standar militer AS (MIL-STD-810H). Berbeda dengan lainnya, pendinginan laptop ini mengunakan lima heatpipe berbahan tembaga serta dua kipas yang mengadopsi empat jalur udara panas

Semua laptop ini tentu saja bakal diluncurkan di sepanjang tahun 2023 ini. Bagi Anda yang ingin membelinya, tunggu saja pengumuman peluncuran selanjutnya dari ASUS.