Dark
Light

ASUS Umumkan Event Peluncuran Laptop Next-Gen Ryzen Mereka

by
2 mins read
July 5, 2024

Setelah  secara resmi mengumumkan kehadiran prosesor Ryzen AI pada Computex tahun ini, kelihatannya AMD ingin segera tancap gas untuk memasarkan produk-produknya. Hal ini terlihat dari salah satu brand mereka, ASUS yang akan segera meluncurkan laptop Ryzen terbarunya.

Tidak tanggung-tanggung, ASUS akan mengadakan event peluncuran khusus untuk produk laptop mereka mulai dari Zenbook, ProArt, TUF Gaming, dan Republic of Gamers (ROG). Semua laptop baru tersebut akan menggunakan prosesor AMD Ryzen AI 300 yang baru.

Acara peluncuran tersebut akan diadakan pada 17 Juli 2024 jam 20:00 GMT+8. Yang berarti di Indonesia acara tersebut akan diadakan pada pukul 19:00 WIB. Dan ternyata, lini produk laptop yang akan dipamerkan oleh ASUS bisa ditebak dari apa yang mereka tampilkan di Computex.

Untuk keluarga Zenbook yang diperuntukkan untuk produktivitas, ASUS akan memperkenalkan seri terbaru untuk laptop S16 mereka. Laptop ini nantinya akan ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen AI 9 HX 370 yang memiliki TDP 28 watt.

Prosesor baru tersebut ditandemkan dengan GPU AMD Radeon 890M iGPU yang menggunakan arsitektur terbaru RDNA 3,5. ASUS juga akan menyertakan teknologi pendingin premium mereka, yaitu 3D Vapor Chamber yang dapat menekan kebisingan sistemnya hingga 25dB.

Kerennya, ASUS juga memberikan desain baru yang mewah untuk laptop ini. Karena hampir keseluruhan bodi sasi dari Zenbook 16 ini terbuat dari metal bernama Ceraluminium. Material ini didesain eksklusif oleh ASUS untuk memberikan efek keramik pada bodi aluminium.

ProArt Series

Untuk seri ProArt, ASUS menyiapkan dua model yang sama-sama akan menggunakan CPU AMD Ryzen AI 300 “Strix Point”. Yang pertama adalah seri ProArt P16 yang akan menggunakan chipset Ryzen Ai 9 HX 370 dan GPU NVIDIA RTX 4070.

laptop ini mengusung layar 4K berukuran 16 inci dan dilengkapi dengan fitur-fitur eksklusif NVIDIA seperti RTX Video dan ChatRTX. Hadirnya berbagai fitur tersebut membuat laptop ini cocok bagi para desainer dan content creator.

Model kedua yang akan dibawa ASUS akan diberi nama ProArt PX13 yang akan mengusung desain convertible yang dapat diubah dari laptop ke tablet. Perbedaan lain dibanding Pro Art P16 ada pada GPU yang akan menggunakan NVIDIA Rtx 4060.

TUF Gaming Series

Sebelum masuk ke seri ROG, ASUS juga mengumumkan jajaran laptop gaming ekonomis mereka. Ada dua tipe laptop TUF Gaming yang dihadirkan ASUS, yaitu TUF Gaming A16 dan TUF Gaming A14. Keduanya juga mendapat spesifikasi yang mirip dengan seri Pro Art-nya.

Kedua laptop gaming ini sama-sama menggunakan prosesor AMD Ryzen AI 9 HX 370. Namun bedanya, versi TUF Gaming A16 dapat di-boost hingga 55 watt, sedangkan prosesor milik TUF Gaming A14 nantinya hanya akan dapat di-boost hingga 35 watt saja.

Selain itu, GPU yang digunakan untuk dua versi TUF Gaming ini berbeda, TUF Gaming A16 menggunakan NVIDIA RTX 4070. Sedangkan TUF Gaming A14 hanya akan menggunakan NVIDIA RTX 4060 yang sebenarnya masih tetap cukup untuk memainkan game-game terbaru.

ROG Zephyrus Series

Di tahta teratas, ASUS menghadirkan 2 varian model ROG Zephyrus G16. Laptop ini masih tetap menggunakan prosesor AMD Ryzen AI 9 HX 370 yang dibantu dengan iGPU Radeon 890M berarsitektur RDNA 3.5 untuk mendukung performa AI-nya.

Untuk urusan gaming, ROG Zephyrus G16 dibekali dengan pilihan GPU NVIDIA RTX 4060 dan RTX 4070. Guna menjaga performanya selama bermain game, laptop ini dilengkapi dengan ROG Intelligent Cooling dan juga liquid metal TIM untuk menjaga CPU dan komponen lainnya tetap dingin.

Laptop ini memiliki layar OLED 16 inci beresolusi 2,5K dengan refresh rate hingga 240 Hz. Bodi dari ROG Zephyruys G16 ini terbuat dari CNC-milled aluminium chassis dengan dua pilihan warna yaitu Platinum White dan Eclipse Gray.

Perilisan ke Indonesia

Hingga berita ini diangkat ASUS Indonesia masih belum memberikan petunjuk apapun mengenai kehadiran laptop-laptop Ryzen AI ini. Namun perlu diingat ada kemungkinan bahwa spesifikasi laptop Ryzen AI yang dimasukkan ke Indonesia agak berbeda.

Laptop-laptop terbaru ASUS ini diprediksi akan dirilis paling cepat di akhir Juli nanti. Yang berarti, kemungkinan besar laptop laptop Ryzen AI ini akan hadir di Indonesia paling cepat di sekitar akhir tahun 2024 ini. Laptop Ryzen AI mana yang paling Anda tunggu?

Infinix GTBOOK
Previous Story

Laptop Gaming Infinix GTBOOK akan Segera Tersedia di Indonesia

Next Story

OPPO A3 Pro 5G Buat Kolaborasi Unik dengan Mobile Legends: Bang Bang

Latest from Blog

Don't Miss

Sejarah galaxy z fold

Evolusi Galaxy Z Fold Series, Perkembangan Inovasi Smartphone Lipat Samsung

Evolusi Galaxy Z Fold Series, Perkembangan Inovasi Smartphone Lipat Samsung.