7 December 2020

by Lukman Azis

ASUS Umumkan 5 Model Kartu Grafis Berbasis NVIDIA GeForce RTX 3060 Ti

Kartu grafis baru ini didukung oleh arsitektur NVIDIA Ampere dan NVIDIA RTX generasi kedua

Belum lama ini, ASUS telah mengumumkan rangkaian kartu grafis yang dilengkapi dengan GPU NVIDIA GeForce RTX 3060 Ti. Seri ini mencangkup lima model baru, dari ROG Strix, TUF Gaming, ASUS Dual, ASUS Dual MINI, dan ASUS KO GeForce RTX 3060 Ti. Kartu grafis baru ini menghadirkan pendinginan yang ditingkatkan, PCB dan desain daya untuk melengkapi arsitektur NVIDIA Ampere baru dan NVIDIA RTX generasi kedua untuk menyuguhkan performa game 3D terbaik.

RTX 3060 Ti juga mendukung trifecta, termasuk teknologi NVIDIA DLSS yang mempercepat kinerja dan IQ-enhancing yang kini telah tersedia di lebih dari 25 game, serta NVIDIA Reflex yang mengurangi latensi sistem (input lag). RTX 3060 Ti akan memberikan pengalaman terbaik di kelasnya, baik mereka memainkan PC title tradisional, menjalankan alur kerja produktivitas dan kreator, atau mengagumi ray-traced title terkini seperti Cyberpunk 2077, Call of Duty: Black Ops Cold War, Watch Dogs: Legion, dan banyak lainnya.

ROG Strix

Dari atas ke bawah, kartu grafis ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti menghadirkan desain termal yang kuat dan dioptimalkan untuk arsitektur NVIDIA Ampere yang dinamis. Dilapisi dengan aksen logam mencakup trio kipas Axial-tech yang telah disetel untuk memenuhi peran khusus.

Selain rangkaian pendingin yang disempurnakan, komponen Super Alloy Power II termasuk kapasitor rak paling atas, choke dan power stage, dengan mudah menghasilkan ratusan watt dalam sekejap. Komponen-komponen kartu disolder ke PCB menggunakan teknologi ekslusif ASUS Auto-Extreme.

Sisi depan kartu grafis menampilkan elemen RGB yang dapat disesuaikan dengan software Armoury Crate dan memiliki bingkai logam yang diperkuat dengan lapisan pelindung untuk meningkatkan daya tahan. Membalik kartu akan menunjukkan pelat belakang logam dengan ventilasi lebar. Ventilasi ini memungkinkan udara panas keluar menuju kipas knalpot sasis alih-alih didaur ulang kembali ke pendingin GPU.

Dibawah GPU, braket menyediakan tekanan mounting yang konsisten antara plat dan heat spreader. Baja tahan karat digunakan pada braket I/O untuk melindungi port dan menyediakan dudukan yang lebih aman.

TUF Gaming

Beralih ke TUF Gaming GeForce RTX 3060 Ti, kartu grafis ini menawarkan daya dan pendinginan yang kuat. Dengan lapisan logam menampung tiga kipas Axial-tech yang kuat dan menggunakan bantalan kipas bola ganda yang tahan lama. Rotasi kipas telah dioptimalkan untuk mengurangi turbulensi dan mode berhenti akan menghentikan ketiga kipas pada suhu rendah.

Sejalan dengan warisan TUF Gaming, komponen-komponen dipilih berdasarkan daya tahan dan kinerjanya. Selain choke dan MOSFET rak paling atas, kapasitornya juga dilengkapi sertifikasi tingkat militer. Dengan proses manufaktur otomatis, menggunakan teknologi Auto-Extreme, memastikan komponen ditempatkan dan dipasang dengan presisi tinggi.

Sebagian besar bagian belakang dibalut pelat belakang logam pelindung yang secara mencolok memiliki ventilasi lebar untuk mencegah penumpukan panas. Dibawah GPU, sebuah braket memberikan tekanan mounting yang konsisten antara plat dan heat spreader.

Baja tahan karat digunakan pada braket I/O untuk melindungi port dan menyediakan dudukan yang lebih aman. Sakelar Dual BIOS yang ditempatkan dengan nyaman memungkinkan penyesuaian profil kinerja default kartu tanpa software.

ASUS Dual

ASUS Dual GeForce RTX 3060 Ti memanfaatkan teknologi pendinginan canggih. Tampilan yang bersih cocok dengan estetika workstation dan rig gaming yang serupa. Dengan dua kipas Axial-tech yang dirancang untuk memberikan aliran udara yang cukup ke heatsink dan kipas berhenti secara otomatis pada suhu rendah.

Teknologi Auto-Extreme otomatis mengurangi tekanan termal pada komponen selama proses produksi dan menghindari penggunaan bahan kimia pembersih yang keras. Pelat belakang aluminium dan braket I/O stainless steel membantu melindungi PCB dari flek yang tidak diinginkan. Kartu grafis ASUS Dual GeForce RTX 3060 Ti siap untuk para gamer, conten creator dan enthusiast yang mencari pengalaman plug-and-play yang tangguh.

ASUS Dual MINI

Kartu grafis ASUS Dual GeForce RTX 3060 Ti MINI terbaru dirancang khusus untuk sistem small-form-factor dan Intel NUC 9 Extreme Kit serta Intel NUC 9 Pro Kit. Dengan panjang dibawah 20 cm, Dual MINI memberikan kompatibilitas yang luas dari desain yang ringkas.

Produk ini memiliki fitur pendingin dua slot khusus yang terdiri dari heatsink besar dan dua kipas Axial-tech yang memberikan tekanan statis tinggi untuk menjaga suhu tetap terkendali. Pendinginan yang kuat didukung oleh teknologi Auto-Extreme, menjadikan Dual MINI pilihan yang jelas untuk penggunaan jangka panjang pada sasis dengan small-form-factor.

ASUS KO

Kartu grafis ASUS KO GeForce RTX 3060 Ti diletakkan dalam rangka ASUS Dual melalui lapisan yang dimodifikasi, pelumas bantalan kipas space-grade, kapasitor tahan lama, dan pelat belakang berventilasi. Tampilannya menunjukkan pelat muka emas dan perak yang dilapisi dengan pencahayaan ARGB yang dapat disesuaikan untuk memberikan KO estetika unik yang dapat disesuaikan dengan software Aura.

Pendinginan dilakukan dengan heatsink besar yang memenuhi sebagian besar footprint kartu 2,7 slot, bekerjasama dengan pelat belakang berventilasi untuk mencegah penumpukan panas. Dua kipas Axial-tech berputar pada bantalan selongsong yang dibenamkan dalam pelumas space-grade, yang meningkatkan daya tahan dan menghasilkan profil akustik yang lebih senyap daripada desain bantalan bola ganda.

Komponen kartu dipasang menggunakan teknologi Auto-Extreme, dan ini termasuk kapasitor yang tahan hingga 2,5 kali lebih lama dari standar industri. Kombinasi yang kuat antara estetika, pendinginan dan daya tahan menjadikan kartu grafis KO GeForce RTX 3060 Ti pilihan yang sempurna bagi kalangan gamer yang lebih suka memamerkan rig gaming mereka pada desktop.

Lima model kartu grafis terbaru ASUS meliputi ROG Strix, TUF Gaming, ASUS Dual, dan ASUS Dual MINI GeForce RTX 3060 Ti akan tersedia di seluruh dunia mulai bulan Desember 2020. Kartu grafis ASUS KO GeForce RTX 3060 Ti akan tersedia mulai bulan Desember 2020 di Amerika, Brasil, Jepang, Korea, Taiwan dan Australia.