17 January 2023

by Yubian Asfar

ASUS ROG Umumkan Seri Strix GeForce RTX 4090 dan 4080 White Edition

Warna putih yang dibawa ASUS ROG untuk GPU kali ini memang memberikan kesan clean-looks yang menawan

Dalam perkembangan PC tentu perangkat Graphic Processor Unit (GPU) menjadi komponen penting, dan kini ASUS ROG mengumumkan Strix GeForce RTX 4090 dan 4080 dengan sentuhan warna baru.

Benar, ASUS ROG membawa warna putih untuk seri RTX 4090 dan 4080 terbarunya, mampu memberikan kesan baru di PC milik Anda. Tentunya selain warna, teknologi yang ditonjolkan menjadi nilai jual utama bagi ASUS ROG.

Sumber: ASUS

GPU seru kali ini sudah diperkuat dengan 16.384 core Cuda dan 24 GB GDDR6X VRAM. Kartu grafis ini sangat cocok untuk berbagai kebutuhan, seperti kegiatan streaming kelas atas hingga mesin produksi animasi profesional. Dari segi teknologi sendiri ada berbagai hal yang tersedia di GeForce RTX 4090 yaitu kekuatan tinggi dari kinerja pendinginan.

Pada seri GPU ini terdapat bingkai logam die-cast, shroud, dan backplate-nya yang memberikan rigiditas untuk vapor chamber dan heatsink yang menyediakan 30% lebih banyak area permukaan untuk menyalurkan panas di GPU.

Sumber: ASUS

Selain sektor pendinginan, seri ini juga sudah memiliki kipas Axial-tech yang sudah meningkat di segi ketebalan. Di seri GeForce RTX 4090 dan 4080, kipas Axial-tech sangat berfungsi untuk memberikan aliran udara 23,8% lebih banyak dengan tekanan statis 19,3% lebih besar daripada generasi sebelumnya.

Kelebihan lain dari segi software juga diberikan oleh ASUS ROG yaitu fitur Aura Sync yang khas untuk mengatur lampu RGB di GPU. Lalu tidak lupa kehadiran dua header FanConnect II yang membuat seri ini mudah dan bisa dipasang ke dalam rakitan PC Anda.

Sumber: ASUS

Dari segi pembuatan atau manufaktur, ASUS ROG mengklaim suatu sistem yaitu Auto-Extreme yaitu pengerjaan yang minim intervensi manusia dan terprogram, dengan tujuan membuat kartu grafis lebih awet dalam jangka panjang.

Untuk kebutuhan gaming, sebagai fungsi utamanya, ASUS ROG menjadikan ``seri Strix GeForce RTX 4090 dan 4080 sebagai salaj satu yang terbaik, setidaknya hingga artikel ini ditulis.

Sumber: ASUS

Kebutuhan lain seperti graphic sync dengan monitor, peningkatan dan pengoptimalan refresh-rate, hingga 16 GB GDDR6X VRAM cukup untuk memenuhi berbagai kegiatan profesional.

Untuk opsi dalam perilisan kali ini, berikut beberapa tipe GPU dari ASUS ROG yang tersedia:

  1. ROG Strix GeForce RTX 4090 - White Edition
  2. ROG Strix GeForce RTX 4090 OC - White Edition
  3. ROG Strix GeForce RTX 4080 - White Edition
  4. ROG Strix GeForce RTX 4080 OC - White Edition