Esports Ecosystem

ASUS Republic of Gamers Menjadi Sponsor Seri Turnamen Esports ESPN EXP

15 Jul 2019 | Ayyub Mustofa
Salah satu turnamennya adalah turnamen amal EXP Pro-Am yang digelar 11 Juli kemarin.

Pada awal Juni 2019 kemarin ESPN mengumumkan peluncuran EXP, seri kompetisi esports baru yang merupakan campuran antara esports profesional, amatir, dan pro-am (campuran). EXP pertama telah digelar dalam wujud ESPN Collegiate Esports Championship, tapi ke depannya masih ada dua ajang EXP lagi di tahun ini. Game yang diusung oleh EXP adalah Apex Legends, dan ESPN melakukan kerja sama langsung dengan EA untuk penyelenggaraannya.

“Pendekatan ke esports merepresentasikan fokus ESPN untuk melayani para penggemar olahraga dan audiens berkembang,” kata Justin Connoly, Executive Vice President of Disney & ESPN Affiliate Salas and Marketing, di situs resmi ESPN kala itu. “Kami terus berkomitmen melayani penggemar gaming di seluruh platform dan jenis konten, dan Apex Legends adalah judul yang sempurna untuk menunjukkan visi EXP untuk menyajikan acara esports kelas dunia dengan penceritaan dan distribusi multiplatform.”

Baru-baru ini ESPN mengumumkan bahwa ASUS Republic of Gamers (ROG) akan menjadi official hardware sponsor untuk turnamen-turnamen ESPN EXP. Dilansir dari The Esports Observer, beberapa perangkat yang akan disediakan antara lain adalah gaming desktop ROG Strix GL12CX (dilengkapi GPU NVIDIA GeForce RTX 2070), gaming monitor ROG Swift PG248Q, serta gaming laptop Strix SCAR III untuk para caster. Sebenarnya ESPN Collegiate Esports Championship belum memiliki brand EXP ketika digelar pada bulan Mei lalu, namun ESPN menganggapnya bagian dari EXP juga. ASUS ROG pun menjadi penyedia hardware dalam acara tersebut.

ESPN Collegiate Esports Championship
ESPN Collegiate Esports Championship kini jadi bagian dari EXP | Sumber: ESPN

Pada tanggal 11 Juli kemarin ESPN pun telah menggelar turnamen EXP kedua, yaitu EXP Pro-Am di Los Angeles. Acara yang diadakan bersamaan dengan ESPYS (Excellence in Sports Performance Yearly Awards) 2019 ini cukup berbeda dari turnamen lainnya karena merupakan acara amal, dengan partisipan undangan yang terdiri dari gamer profesional, atlet olahraga, hingga selebritas. Turnamen tersebut dimenangkan oleh tim Dizzy dari NRG Esports, dan dana yang terhimpun didonasikan untuk yayasan riset kanker V Foundation.

Gaming kompetitif adalah passion di ROG,” kata Vivian Lien, Global Head of Marketing for the Gaming Systems Business Group, di situs resmi ASUS. “Kami didirikan untuk berinovasi dan menciptakan perlengkapan elit bagi gamer serius. Hardware kami dirancang untuk kompetisi di level top, dan tak ada tempat lebih baik untuk mengujinya selain turnamen para juara esports yang ada sekarang maupun yang akan datang.” ASUS ROG memang sudah banyak berpartisipasi di berbagai acara esports. Selain ESPN EXP, mereka juga mensponsori ajang populer lain seperti PAX, Dreamhack, dan ESL One.

Turnamen EXP berikutnya akan digelar pada tanggal 2 – 3 Agustus, yaitu EXP Invitational – Apex Legends di acara X Games Minneapolis. Turnamen ini menghadirkan 20 tim Apex Legends top dunia untuk memperebutkan hadiah senilai US$150.000 (sekitar Rp2,1 miliar). Sama seperti turnamen EXP yang lain, EXP Invitational – Apex Legends akan disiarkan secara live lewat berbagai platform streaming digital, termasuk aplikasi ESPN, juga akan memiliki siaran tunda berupa highlight di ESPN dan stasiun televisi ABC.

Sumber: The Esports Observer, ASUS