3 October 2022

by Dimas Galih W.

ASUS Perkenalkan ExpertBook B3: Laptop 2in1 dengan Snapdragon 7c

ASUS mengeluarkan sebuah laptop yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 7c. Laptop ini bakal diluncurkan pada bulan Oktober 2022 nanti

ASUS kembali memperkenalkan sebuah laptop baru yang masuk ke jajaran ExpertBook. Kali ini, perangkat baru tersebut masuk ke dalam kelas entry level yang memang dikeluarkan untuk mendukung aktivitas sehari-hari para pelajar. Acara perkenalan tersebut diadakan pada hotel Aloft pada tanggal 30 September 2022. Laptop tersebut adalah ASUS ExpertBook B3 B3000.

“Dunia edukasi semakin dekat dengan dunia digital. Untuk mempermudah para pelajar, ASUS menghadirkan ExpertBook B3000 yang dibekali fitur lengkap sebagai perangkat pendukung aktivitas mereka setiap hari,” ujar Jimmy Lin, Regional Director, ASUS Southeast Asia. “Tidak hanya itu, ExpertBook B3000 juga tampil sebagai laptop detachable yang dapat digunakan sebagai tablet yang di dalamnya juga telah terdapat stylus. Ini adalah perangkat paling ideal untuk menunjang aktivitas para pelajar.”

ASUS ExpertBook B3000 memiliki bobot yang hanya 595 gram saat tidak bersama keyboard dan cover stand-nya. Tablet yang bisa berubah menjadi sebuah laptop ini memiliki ketebalan yang tidak lebih dari 1 cm. Dengan begitu, perangkat ini tentu saja memiliki layar yang bisa disentuh. Dengan cover yang ada, perangkat ini mampu digunakan layaknya sebuah notebook yang siap dipakai untuk bekerja.

Berbeda dengan laptop ASUS lainnya yang menggunakan prosesor dengan arsitektur x86, ASUS ExpertBook B3000 menggunakan arsitektur ARM. ASUS ExpertBook B3000 menggunakan prosesor Snapdragon 7c Gen 2 yang cukup setara dengan prosesor entry level pada x86. Jadi, laptop ini bakal mampu menjalankan aplikasi yang digunakan untuk pekerjaan sehari-hari. Baterainya sendiri dapat bertahan hingga 21 jam, seperti sebuah smartphone yang lebih lama jika dibandingkan dengan laptop x86.

ASUS ExpertBook B3000 menggunakan sistem operasi Windows 11 for ARM. Sistem operasi ini juga mampu untuk menjalankan software yang diperuntukkan bagi Windows 11 x86 pada umumnya. Jadi, seharusnya tidak akan ada masalah dalam melakukan instalasi software yang ada pada Windows Store. Anda juga bisa keluar dari S Mode jika ingin melakukan instalasi beberapa software yang tidak ada pada Windows Store.

ExpertBook B3000 telah dilengkapi dengan stylus yang dapat disimpan langsung di kompartemen khusus yang terintegrasi di bodi laptop ini. Jadi, pengguna bisa langsung menggambar pada layar laptop ini seperti pada sebuah kertas. Selain itu, ExpertBook B3000 juga dibekali dengan dua kamera, di mana kamera depan memiliki resolusi 5MP sementara kamera belakangnya menggunakan sensor beresolusi 13MP. 

Laptop yang satu ini bakal diluncurkan pada bulan Oktober 2022. Sayang memang, laptop yang dihadirkan kali ini masih dalam mode S, sehingga tidak bisa diinstalasikan beberapa software. Namun, saya sudah mendapatkan lampu hijau untuk melakukan review pada laptop yang satu ini. Tunggu saja review dari ASUS ExpertBook B3000 ini.