Gadget News
for SEO
Gadget News

Kolaborasi ASUS dan Noctua Berlanjut, Lahirkan NVIDIA RTX 3080 dengan 2x Fan 120mm

20 May 2022Sean Edbert

Setelah RTX 3070, kini sang kakak ikutan memakai sistem pendingin dari Noctua.

Pada akhir tahun 2021, ASUS pernah menggandeng Noctua untuk menciptakan sistem pendingin RTX 3070. Cooler dari Noctua tersebut berhasil membuat kartu grafis besutan NVIDIA itu lebih hening dan dingin dari RTX 3070 lain di pasaran. Melihat performa pendinginan yang superior itu, ASUS kembali meminta bantuan Noctua untuk mendinginkan sang kakak dari 3070, RTX 3080.

Dikutip dari blog resmi Noctua, ASUS GeForce RTX 3080 Noctua Edition ini dibekali dengan sepasang kipas berdiameter 120mm yang dikombinasikan dengan heatsink custom. Menurut mereka, sistem pendingin tersebut menjadikan RTX 3080 Noctua Edition sebagai “kartu grafis berpendingin udara paling hening di kelasnya.”

Image Credit: ASUS

Identik dengan RTX 3070 Noctua Edition, kipas yang disematkan ke GeForce RTX 3080 merupakan kipas desktop dari Noctua, berkode NF-A12x25 PWM. Tidak hanya lebih dingin dan hening, dimensi GPU hasil kerja sama itu menjadi lebih tebal sekitar 2,5cm dari versi ROG STRIX-nya. Karena ketebalannya, RTX 3080 Noctua Edition ini akan memakan hingga empat slot GPU PC Anda.

Image Credit: ASUS

Di balik kipas cokelat dan kremnya, kartu grafis hasil kolaborasi ini masih membawa VRAM sebesar 10GB GDDR6X, dual BIOS profile besutan ASUS, serta backplate custom. RTX 3080 Noctua Edition ini juga dilengkapi dengan OC Mode dan Gaming Mode yang dapat mendongkrak boost clock-nya ke 1815Mhz dan 1785Mhz. Kedua fitur ini sebenarnya juga ada di RTX 3080 besutan ASUS lain. Namun, versi ROG STRIX dari RTX 3080 dapat mendorong boost clock-nya lebih tinggi lagi, yaitu 1935Mhz di OC Mode dan 1905Mhz di Gaming Mode.

Terlepas dari semua itu, reputasi kipas Noctua sebenarnya terletak pada kinerjanya yang efektif namun masih hening saat beroperasi. Menurut hasil tes dari Noctua, RTX 3080 edisi Noctua ini diklaim lebih senyap 8.6 dB(A) dari varian TUF Gaming saat full load dengan suhu lebih rendah satu derajat celcius.

Image Credit: Noctua

Saat beroperasi dengan kecepatan kipas sedang, pendingin dari Noctua itu berhasil menurunkan suhu sebesar 3° C saat dibandingkan dengan RTX 3080 edisi TUF Gaming. Suara yang dihasilkan juga lebih senyap 4.5 dB(A). Saat beroperasi dengan kecepatan kipas rendah, ASUS GeForce RTX 3080 berkipas Noctua ini juga lebih dingin 4.5° C dan lebih senyap 2.3 dB(A).

Tidak hanya itu, kipas berwarna krem dan coklat itu tidak akan berputar saat suhu GPU di bawah 50° C. Membuatnya lebih hening lagi saat digunakan untuk tugas-tugas ringan, seperti menelusuri internet, nonton anime, hingga gaming ringan. Saat menyentuh 50° C, kipasnya secara otomatis akan beroperasi dan menjaga suhu GPU agar tetap dingin.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Hybrid.IDN (@hybrid.dojo)

Kesimpulannya, ASUS GeForce RTX 3080 Noctua Edition ini sangat cocok bagi Anda yang mengincar kartu grafis berperforma tinggi tapi tidak ingin mengganggu ketenangan di ruangan Anda. Kalau saya pribadi sih tidak masalah dengan suara PC, apalagi saat menggunakan headset noise cancelingsuara geberan motor tetangga saja tidak terdengar…

ASUS GeForce RTX 3080 Noctua Edition akan rilis pada awal bulan Juni 2022 mendatang. Sayangnya, sampai artikel ini ditulis belum ada bocoran dari ASUS maupun Noctua tentang harga jual resminya (MSRP).

Play video

23 June 2022

Daftar Adaptasi Animasi dari Game #hybridhighlight Eps. 6

HybridHighlight kali ini akan membahas tentang daftar animasi yang merupakan adaptasi dari game. Apa saja animasi itu?

Others from #HybridTV