16 September 2022

by Dimas Galih W.

ASUS Luncurkan Zenbook 14X OLED Space Edition, Peringati 25 Tahun Laptop di Stasiun Luar Angkasa MIR

laptop asus bertemakan luar angkasa, Zenbook 14X OLED Space Edition, telah hadir di Indonesia

ASUS lagi-lagi meluncurkan sebuah seri laptop baru di Indonesia. Laptop yang diluncurkan kali ini cukup berbeda dengan lainnya karena diilhami oleh laptop pertama mereka yang dibawa ke stasiun luar angkasa MIR, yaitu ASUS P6300 pada tahun 1998. Oleh karena itu, seri laptop yang mereka luncurkan kali ini memiliki semua yang berhubungan dengan luar angkasa. Laptop tersebut adalah ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition.

“Zenbook Space Edition bukan sembarang laptop, melainkan sebuah perangkat edisi spesial yang hadir untuk memperingati 25 tahun laptop pertama ASUS yang berhasil dipilih sebagai perangkat pendukung di stasiun luar angkasa selama 600 hari,” ujar Jimmy Lin, Regional Director ASUS Southeast Asia. “Zenbook Space Edition merupakan perangkat monumental yang juga dibekali fungsi, teknologi, fitur, serta durabilitas terbaik di kelasnya. Laptop ini merupakan bukti konsistensi ASUS terhadap inovasi serta kualitas.”

Laptop ini ditenagai oleh prosesor generasi ke 12 Intel Core H series, yang selama ini digunakan pada laptop gaming. Varian tertingginya menggunakan Intel Core i9 12900H dengan 6 P-core dan 8 E-core dan memiliki TDP 45 watt. IGP yang digunakan pada prosesor ini adalah Intel Iris Xe 96 EU yang masih dikenal mampu bermain game ringan dan cukup hemat daya.

Zenbook Space Edition juga dibekali dengan memori LPDDR5 4800 MHz dengan kapasitas 32 GB. Memori itu sendiri juga sudah bersatu dengan motherboard-nya sehingga tidak bisa ditambah kapasitasnya. Untuk menyimpan data, ASUS memberikan PCIe 4.0 SSD NVMe dengan kapasitas 1 TB. SSD ini bisa diganti dengan mudah jika nantinya membutuhkan kapasitas lebih besar.

Laptop ini juga dilengkapi dengan berbagai port mulai dari USB 3.2 Gen2 Type-A, HDMI 2.1 TMDS, serta 3.5mm combo audio jack dan microSD card readerSelain port tersebut, perangkat ini juga telah dibekali dengan dua port Thunderbolt 4 dengan interface USB Type-C yang memiliki kecepatan transfer data tinggi, serta mendukung fitur DisplayPort dan USB power delivery.

Teknologi keyboard ASUS ErgoSense juga hadir pada laptop yang satu ini. Teknologi keyboard tersebut  memiliki jarak antar tombol yang tepat untuk mengetik, serta tombol yang permukaannya dirancang agar jari dapat menyentuh secara lebih akurat, yaitu sejauh 1,4mm. Touchpad Zenbook Space Edition juga dilengkapi dengan NumberPad 2.0, yaitu fitur yang memungkinkan touchpad berubah menjadi numpad sentuh.

Zenbook Space Edition juga menggunakan layar sentuh OLED dengan resolusi 3840 x 2400. Selain layar tersebut, ASUS juga memperkenalkan layar monokrom mungil pada bagian depannya yang dinamakan ZenVision. Untuk badannya sendiri sudah menggunakan bahan dengan jenis aluminium sehingga cukup kokoh saat digenggam.

ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition yang hadir di Indonesia memiliki 2 varian. Yang pertama adalah dengan Core i7-12700H dan RAM 16 GB dijual pada harga Rp. 26.999.000. Untuk varian tertingginya menggunakan Core i9-12900H dan memiliki RAM 32 GB yang dijual dengan harga Rp. 30.999.000. Kedua varian ini pun sudah tersedia pada toko ASUS secara offline maupun online