Gadget News
for SEO
Gadget News

ASUS Bakal Boyong Laptop dengan Intel Alder Lake Core i Generasi ke 12 untuk ROG dan TUF

28 January 2022Dimas Galih W.

5 laptop gaming dengan Alder Lake dan NVIDIA GeForce RTX dari ASUS bakal hadir di Indonesia

Tahun 2022 merupakan tahun di mana para vendor berlomba-lomba untuk mengeluarkan produknya dengan menggunakan prosesor Intel Core i generasi ke 12 atau Alder Lake. Kali ini, divisi laptop gaming dari ASUS mengundang para jurnalis pada tanggal 26 Januari 2022 yang bertempat di Ballroom hotel Mercure Sabang. Walaupun laptop-laptop tersebut belum sampai di Indonesia, ASUS ingin memperlihatkan bahwa perangkat mereka sudah Metaverse ready.

Pada kesempatan kali ini, ada 5 buah laptop yang diperkenalkan oleh ASUS, yaitu ROG Strix Scar 15, Scar 17, ROG Zephyrus M16, ROG Flow Z13, dan Asus TUF Gaming F15. Semuanya sudah menggunakan prosesor Intel Core i Generasi ke 12 yang dikenal dengan Alder Lake. Pada sisi kartu grafis, ASUS mempercayakan kepada NVIDIA GeForce RTX seri 30.

“ASUS menyematkan beragam teknologi dan inovasi paling canggih ke dalam jajaran laptop gaming ROG kali ini, terutama pada bagian prosesor dan chip grafisnya,” ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia. “Dengan demikian, laptop gaming ROG tidak hanya sekadar menawarkan performa gaming yang kencang. Laptop gaming ROG terbaru kali ini merupakan sebuah paket komplit yang menawarkan pengalaman gaming terbaik serta desain yang sangat stylish, sehingga menegaskan penggunanya sebagai bagian dari gaming culture dan komunitas pengguna ROG.”

Prosesor Alder Lake yang dimaksud adalah Intel Core i9 12900HK. Prosesor ini sendiri memiliki 2 cluster di mana Performance core memiliki 6 inti dan 12 thread. Sedangkan pada cluster Efficiency memiliki 8 inti prosesor Atom Golden Cove. Litografi yang digunakan pada prosesor ini dinamakan Intel 7, di mana masih menggunakan proses pabrikasi 10 nm.

Selain itu, semua lini memiliki kemampuan untuk terkoneksi pada WiFi 6E bawaan Intel. Thunderbolt 4 yang tersedia juga mampu mendukung monitor eksternal dengan resolusi 8K. Yang unik adalah semua laptop memiliki fitur bernama MUX Switch, di mana data visual kini dapat ditampilkan langsung dari discrete chip grafis dan performa dalam game pun dapat ditampilkan secara lebih baik. Peningkatan performa pada game dengan menggunakan MUX Switch dapat mencapai 10-30%.

Untuk ROG Strix Scar 15 dan 17 sudah dibekali dengan opsi layar hingga Full HD 300Hz atau QHD 240Hz. Selain itu, laptop ini juga sudah memiliki Dolby Vision HDR serta dilengkapi Adaptive Sync agar gamer terhindar dari efek screen tearing dan stuttering. Layarnya juga memiliki response time yang cepat, yaitu 3ms.

ROG Zephyrus M16 dibekali dengan layar laptop yang mampu menghasilkan warna color gamut 100% DCI-P3 serta telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. Laptop ini juga sudah menggunakan DDR5 sehingga kinerjanya cukup terdongkrak. Oleh karena itu, laptop ini juga cocok untuk para content creator selain gamer.

Untuk ROG Flow Z13, merupakan PC gaming paling tipis yang ada saat ini karena mengadopsi desain tablet. Layar ini juga memiliki 2 pilihan layar, yaitu layar 4K 60Hz dengan color gamut 85% DCI-P3 atau layar Full HD 120Hz dengan color gamut 100% sRGB. Keduanya mengadopsi rasio layar 16:10, mendukung teknologi Dolby Vision, dilapisi Corning Gorilla Glass, dibekali Adaptive-Sync, serta mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display.

ROG Flow Z13 juga dapat dihubungkan ke ROG XG Mobile yang merupakan sebuah GPU eksternal. ROG Flow Z13 dan ROG Flow X13 juga sudah kompatibel dan dapat digunakan bersama ROG XG Mobile seri terbaru yang memakai GPU dari NVIDIA dan AMD Radeon. ROG XG Mobile juga sudah dibekali dengan berbagai port ekstra serta dapat berfungsi sebagai adapter daya ketika dihubungkan ke ROG Flow Z13.

ASUS TUF 15 merupakan laptop gaming yang sudah memiliki sertifikasi militer MIL-STD 801H. Laptop ini sudah dilengkapi dengan dua kipas Arc Flow Fans yang memiliki lebih 84 bilah kipas. Setiap bilah dari kipas tersebut memiliki ketebalan yang bervariasi dari pangkal hingga ke ujung bilah untuk memaksimalkan aliran udara. Desain tersebut dapat mengurangi turbulensi sehingga aliran udara menjadi lebih lancar tanpa harus membuat kipas berputar lebih kencang.

Sayang memang, dari kelima perangkat yang diperkenalkan hanya 2 yang berhasil muncul pada acara tersebut. ASUS Indonesia mengaku bahwa semuanya masih dalam perjalanan menuju ke Indonesia. Dan tentunya, ASUS belum bisa memberitahukan harga dan spesifikasi lengkap dari setiap perangkat yang masuk ke Indonesia

Play video

26 May 2022

#shorts Redmi Note 11 Pro

Sekilas tentang smartphone Xiaomi Redmi Note 11 Pro.

Others from #HybridTV