21 October 2022

by Glenn Kaonang

Artopologi Gelar Rekam Masa, Pameran Seni dengan Integrasi Blockchain

Semua karya seni yang dipamerkan di Rekam Masa akan terverifikasi keasliannya di blockchain

Teknologi Web3 berpotensi merevolusi banyak industri. Kebetulan, yang langsung kelihatan dampaknya saat ini adalah di industri kreatif, spesifiknya di bidang seni. Alasannya cukup sederhana: prinsip verifikasi kepemilikan berdasarkan mekanisme terdesentralisasi yang ditawarkan Web3 punya nilai praktis yang dapat langsung dirasakan oleh para pelaku dunia seni.

Alasan ini juga yang mendorong Artopologi untuk menggelar pameran seni dengan bertumpu pada teknologi Web3. Berangkat dari keinginan untuk berkontribusi dalam dunia seni, Artopologi ingin menghubungkan ekosistem seni dengan inovasi teknologi, sebagai gerbang baru yang membuka jalan bagi seni untuk terus tumbuh dan bergerak maju.

Dinamai "Rekam Masa", pagelaran seni ini memanfaatkan integrasi blockchain untuk memverifikasi keaslian dari setiap karya seni yang ditampilkan. Selain karya seni fisik, Artopologi juga akan menampilkan karya seni kripto, fashion masterpiece, art performance, hingga art wedding dari para seniman Indonesia di Rekam Masa. Juga akan hadir adalah talkshow, workshop, dan art trip yang akan menjadi bagian dari serunya Rekam Masa.

Rencananya, Rekam Masa akan diselenggarakan di Museum Nasional Indonesia, Jakarta. Acara akan berlangsung selama 10 hari sejaki tanggal 28 Oktober hingga 6 November 2022, dan mereka yang tertarik sudah bisa membeli tiketnya mulai sekarang. Tarif masuknya sendiri dipatok mulai Rp25.000.

Beberapa seniman senior yang sudah dikonfirmasi partisipasinya di Rekam Masa adalah Teguh Ostenrik, Galam Zulkifli, Dipo Andy, FJ Kunting, Rinaldy Yunardi, Didi Budiardjo, Ghea Panggabean, dan Joshua Irwandi. Artopologi juga akan mengajak sederet seniman muda untuk memamerkan karyanya masing-masing, lengkap beserta sertifikat keasliannya yang tersimpan di blockchain.

Bersamaan dengan Rekam Masa, Artopologi rencananya juga akan meluncurkan situs Artopologi.com sebagai sebuah marketplace karya seni terkurasi. Kemungkinan besar yang dimaksud adalah marketplace NFT, tapi yang lebih berfokus menyajikan beraneka ragam karya seni ketimbang yang dibanjiri koleksi PFP NFT.

Seperti yang sudah bisa dilihat dalam satu hingga dua tahun terakhir ini, NFT terbukti mampu menjadi alat verifikasi yang praktis dan efektif, dan ini pun juga berlaku untuk benda-benda fisik. Belum lama ini, kreator NFT Azuki bahkan memperkenalkan inovasi baru yang memungkinkan suatu benda fisik dan token NFT digitalnya untuk selalu terikat satu dengan yang lainnya walaupun sudah berpindah tangan beberapa kali.