Dark
Light

Arloji Biasa Bisa Berubah Jadi Jam Pintar Cukup Dengan Memasangkan Smart Buckle

1 min read
July 3, 2017

Seperti eBook yang awalnya dikira akan menggantikan buku, smartwatch ternyata tidak menggeser peran arloji. Jam pintar dianggap sebagai ekstensi dari smartphone Anda, sedangkan jam tangan klasik masih menjadi sebuah pernyataan serta simbol status, dan tak jarang merupakan warisan atau pemberian orang terdekat. Tentu sulit menukarnya dengan smartwatch.

Sebuah solusi unik terhadap masalah itu ditawarkan oleh dua wirausahawan, Shripal Gandhi dan Alexei Levene. Melalui perusahaan barunya, mereka memperkenalkan Smart Buckle, strap (atau lebih tepatnya gesper) yang berfungsi untuk membubuhkan kemampuan pintar di arloji kebanggaan Anda. Smart Buckle didesain agar serasi dengan penampilan klasik jam tangan, namun menyimpan fitur-fitur yang tak kalah mutakhir dari smartwatch garapan merek-merek terkemuka.

Smart Buckle 2

Melihat dari wujudnya, Anda mungkin tidak akan menyangka strap Smart Buckle siap menyajikan berbagai fitur canggih. Sensor dan elemen elektronik tersembunyi dalam gesper yang tersambung ke strap kulit atau karet selebar 20-milimeter. Itu artinya, Smart Buckle kompatibel ke hampir semua merek arloji premium, terutama varian dengan jarak lug end 2-sentimeter.

Bagian gesper memanfaatkan baja anti-karat ‘high grade‘. Selain agar serasi dengan bahan kulit/karet, stainless steel juga berfungsi buat melindungi komponen elektronik, baterai dan sensor. Di dalam, developer menyematkan sensor gyroscope, lampu LED RGB dan baterai 19mAh Li-Po yang siap menjaga Smart Buckle tetap bekerja hingga seminggu (dengan waktu pemakaian 8 sampai 10 jam per hari).

Smart Buckle 3

Seperti jam tangan, Smart Buckle dibekali kemampuan anti-air, tepatnya sertifikasi IP57. Berkat segel ketat di sana, Anda bisa mencuci tangan atau bahkan membawanya mandi tanpa perlu khawatir akan merusak strap pintar tersebut. Developer juga telah melakukan pengujian langsung demi memastikan Smart Buckle tahan terhadap benturan dalam pemakaian sehari-hari.

Smart Buckle mampu melacak aktivitas tubuh, menghitung langkah, jumlah kalori yang terbakar, kecepatan gerak, dan menakar kualitas tidur. Aksesori ini ditunjang oleh aplikasi Android dan iOS, serta dapat terhubung ke Apple Health dan Google Fit. Seperti smartwatch, proses sinkronisasi ke handset juga sangat sederhana.

Smart Buckle mendukung banyak sekali brand jam – dari mulai Seiko, Citizen, Timex, Fossil, Rado hingga Cartier dan Rolex.

Smart Buckle 1

Aksesori unik ini bisa Anda pesan sekarang di situs crowdfunding  Kickstarter. Selama periode pengumpulan dananya masih berlangsung, Smart Buckle dijajakan di harga yang sangat menarik, hanya US$ 40 saja.

Previous Story

Nums Sulap Trackpad MacBook Jadi Numpad Sekaligus Memberikan Proteksi

Next Story

Motorola Siapkan Moto Mod Baru Berupa Kamera 360 Derajat

Latest from Blog

Don't Miss

Huawei Luncurkan Watch Fit SE, Lebih Lengkap dari Pendahulunya

Huawei kembali meluncurkan sebuah perangkat AIoT di Indonesia yang berupa

Review Huawei Watch GT 4 46″: Smartwatch dengan Baterai Tahan Lama, Responsif, Desain Menawan

Dalam memilih sebuah smartwatch yang biasa dipakai untuk berolah raga, bekerja,