Dark
Light

Apps Foundry dan Majalah Kartini Bekerja Sama Terbitkan Aplikasi iPad Selera Nusantara

1 min read
March 22, 2011

Mungkin langkah ini termasuk evolusi di pemanfaatan aplikasi dan dapat mendorong konsumen ibu-ibu dan penikmat masakan nasional untuk memiliki lebih banyak alasan punya iPad. Apps Foundry, pengembang aplikasi berbasis iOS yang digawangi oleh Willson Cuaca, yang juga bagian dari East Ventures, merilis aplikasi yang memuat 25 resep masakan Indonesia yang dilengkapi dengan cara memasak dan foto. Diberi nama Selera Nusantara, aplikasi berukuran 10.4MB ini sudah hadir di iTunes Store dan dapat diunduh dengan biaya $0.99.

Aplikasi ini hadir sebagai bentuk kerjasama Apps Foundry dengan Majalah Kartini, sebuah majalah perempuan ternama nasional yang sudah eksis sejak tahun 1974. Dipublikasi oleh Trinaya Media Group Majalah Kartini sudah dikenal menyajikan kumpulan resep di setiap edisinya dan memiliki edisi khusus resep yang diterbitkan empat kali dalam setahun.

Kedua puluh lima resep tersebut terbagi menjadi dua kategori, yaitu Seafood Nusantara dan Jajanan Kaki Lima. Resep tersebut dibuat dalam bahasa Inggris supaya bisa dinikmati tidak hanya pengguna dari Indonesia tapi juga penikmat makanan Indonesia di mancanegara — termasuk juga orang non-Indonesia — yang kangen dengan masakan kebanggaan kita ini.

Selera Nusantara memudahkan pengarsipan resep dan kegiatan masak-memasak dengan fitur sebagai berikut:

  • Pencarian resep berdasarkan kata kunci
  • Menyimpan resep dalam daftar belanja
  • Mengirim daftar belanja via email
  • Pengukur waktu untuk memberitahu saat masakan sudah siap
  • Detil resep: deskripsi makanan, jumlah porsi

Menarik ditelaah bahwa aplikasi ini dibuat dengan memahami tingkah laku orang yang ingin memasak. Tersedia pengukur waktu (timer) dan alarm untuk memudahkan produktivitas kegiatan memasak. Terlebih lagi resep yang ada bisa dikonversi menjadi daftar belanja yang bisa dikirim melalui email. Tidak perlu khawatir juga soal hasil resepnya karena setiap resep sudah diuji untuk menjamin setiap langkah dapat diterapkan.

Menurut Willson Cuaca, Selera Nusantara dibangun dengan penggabungan konten yang berkualitas dari majalah Kartini dan teknologi terbaru dari perangkat iPad sehingga memberi nilai yang lebih kepada mereka yang hobi memasak. Buat saya hal ini sangat tepat, pengguna tablet — khususnya iPad — sudah selayaknya mendapatkan experience menarik seperti ini dan hal seperti ini membuktikan bahwa tablet dapat dikembangkan untuk merangkul pasar yang lebih luas lagi. Pasar ibu-ibu, bisa jadi bukanlah pasar yang mudah dilirik oleh perusahaan teknologi, tapi aplikasi semacam ini menunjukkan bahwa ceruk di segmen ini memiliki potensi yang besar.

Sepengetahuan saya, belum ada aplikasi serupa yang mengulas soal makanan dan cara masaknya dari pengembang lokal. Kebanyakan aplikasi seperti ini berasal dari pengembang luar. Sebelumnya Apps Foundry juga cukup sukses membuka pasar majalah online di sini dengan SCOOP. Sudah ada 100.000 buah majalah yang telah didistribusi secara digital langsung ke iPad pembacanya.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Bistip: Layanan Online Untuk Aktivitas Titip-Menitip (Updated)

Next Story

COO Groupon Mengundurkan Diri

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Kerja-Pakai-Tablet,-Mending-Pilih-Apple-iPad-Air-11-Atau-iPad-Pro-11-2024

Kerja Pakai Tablet, Mending Pilih Apple iPad Air 11 Atau iPad Pro 11 2024

Saat ini sudah banyak orang yang mengandalkan tablet sebagai perangkat
Apple-iPad-Final-Cut-Pro

Apple Akhirnya Membawa Aplikasi Final Cut Pro dan Logic Pro Ke iPad

Apple akhirnya membawa aplikasi pengeditan video dan audio profesional buatannya