22 March 2017

by Glenn Kaonang

Apple Rilis iPad Baru Pengganti iPad Air 2

Desain sama persis, performa naik sedikit, dan harganya turun menjadi $329

Apple baru saja merilis sebuah iPad baru. Bukan iPad Pro 2 atau malah iPad Air 3, melainkan hanya "iPad" tanpa embel-embel tambahan. Entah apa yang dimaksud Apple; awalnya memakai nama iPad, lalu menggantinya menjadi iPad Air, dan kini kembali lagi menjadi iPad.

Terlepas dari itu, perangkat ini merupakan pengganti iPad Air 2 sudah tergolong cukup uzur. Desainnya tidak berubah sama sekali, tetap mengemas layar 9,7 inci yang diapit oleh bezel cukup tipis di kiri dan kanannya. Resolusi layarnya sendiri masih tetap di angka 2048 x 1536 pixel.

Satu-satunya hal baru yang dibawa adalah chip Apple A9, seperti yang tertanam di iPhone 6s dan 6s Plus, serta iPhone SE – yang baru-baru ini Apple dongkrak kapasitas penyimpanannya menjadi 32 GB dan 128 GB. Performanya masih belum bisa menandingi iPad Pro yang mengandalkan chip A9X, akan tetapi bisa dipastikan masih lebih kencang dibanding iPad Air 2.

Meski tidak disebutkan, iPad baru ini tidak kompatibel dengan aksesori Apple Pencil. Kalau stylus tersebut merupakan prioritas buat Anda, maka pilihan Anda hanya terbatas pada iPad Pro 9,7 inci atau 12,9 inci.

Selebihnya, ini merupakan tablet yang sudah sangat kita kenal, dengan tebal bodi hanya 7,5 mm dan bobot tidak sampai 0,5 kilogram. Apple tak lupa membekalinya dengan kamera belakang 8 megapixel dan kamera depan 1,2 megapixel, sekali lagi sama seperti yang diusung iPad Air 2.

Revisi spesifikasi yang terbilang minor menurut saya kurang begitu menarik. Yang lebih menarik justru adalah banderol harganya. Apple mematok iPad baru ini mulai $329 untuk varian 32 GB Wi-Fi only, dan mulai $459 untuk varian 32 GB Wi-Fi + LTE. Ini menjadikannya sebagai iPad paling terjangkau yang Apple pasarkan saat ini, bahkan lebih murah ketimbang iPad Mini 4.

Sumber: Apple.