25 October 2016

by Glenn Kaonang

Apple Rilis iOS 10.1, Hadirkan Portrait Mode untuk iPhone 7 Plus

Foto yang dihasilkan akan memiliki efek depth-of-field yang lebih menonjol sekaligus realistis

Selain menawarkan fitur optical zoom 2x, kehadiran modul kamera ekstra pada iPhone 7 Plus juga mewujudkan fitur yang Apple sebut dengan istilah Portrait Mode. Fitur ini tidak tersedia pada saat peluncuran, tapi Apple akhirnya menghadirkannya lewat update iOS 10.1.

Portrait Mode pada dasarnya akan memberikan efek depth-of-field atau bokeh yang lebih menonjol. Anda pernah melihat foto hasil tangkapan kamera DSLR dimana terdapat bagian yang tampak kabur di belakang subjek? Itulah contoh pengaplikasian depth-of-field.

Efek serupa sebenarnya sudah bisa kita jumpai pada kamera smartphone, namun hasilnya tidak terlalu kentara karena sejumlah faktor, salah satunya adalah ukuran sensor kamera yang kecil. Di sini Apple mencoba menerapkan algoritma khusus dan memanfaatkan kehadiran modul kamera tambahan untuk menciptakan efek depth-of-field yang bagus, tapi di saat yang sama tidak kelihatan artificial.

Portrait Mode sebenarnya juga bisa digunakan untuk memotret objek lain selain wajah seseorang / Apple

Nama Portrait Mode sendiri dipilih karena Apple menyebut fitur ini sangat efektif digunakan saat memotret wajah seseorang. Akan tetapi fitur ini sebenarnya juga bisa digunakan untuk berbagai objek lain, meski mungkin efeknya tidak sedramatis saat memotret wajah seseorang.

Setelah meng-update ke iOS 10.1, Anda akan menjumpai Portrait Mode tepat di tengah-tengah mode Photo dan Square. Ketika wajah terdeteksi, akan muncul tulisan “Depth Effect” di atas label Portrait yang menandakan fitur ini sudah aktif. Perlu dicatat, Apple masih mencantumkan label “beta” pada fitur ini, yang berarti hasilnya tidak setiap saat 100 persen sesuai ekspektasi.

Sumber: Apple.