Mobile
for SEO
Mobile

Apple Music Gabungkan Layanan Streaming dan Siaran Radio Live dalam Ekosistem Musik yang Lengkap

9 June 2015Glenn Kaonang

Sejak merilis iPod pertama kali di tahun 2001, Apple telah dipandang sebagai salah satu sosok berpengaruh dalam industri musik. Tidak bisa dipungkiri, iTunes telah merevolusi cara kita mengonsumsi musik-musik baru.

Selang 14 tahun kemudian, gaung iTunes memang masih terdengar di mana-mana, akan tetapi perlahan mulai direbut oleh layanan streaming musik. Layanan streaming musik pun sejatinya telah merevolusi cara kita mengonsumsi musik digital, dimana storage pada perangkat kini bukanlah atribut yang perlu diperhatikan.

Apple sendiri sejatinya juga mempunyai layanan streaming, yaitu iTunes Radio yang diperkenalkan bersamaan dengan iOS 7. Kendati demikian, iTunes Radio dinilai masih kurang sukses bersaing dalam industri yang didominasi oleh Spotify dkk.

Bertempat di panggung konferensi developer tahunannya kemarin, perusahaan asal Kalifornia ini dengan bangga mengumumkan kehadiran Apple Music. Apple Music bukan hanya layanan streaming musik biasa, tetapi sebuah ekosistem untuk segala hal yang berbau musik, yang sekali lagi ingin merevolusi cara kita menikmati musik.

Info menarik: Setelah Hashtag Emoji, Instagram Luncurkan Akun Khusus untuk Jelajahi Dunia Musik

Apple Music merupakan satu aplikasi dengan tiga ‘nyawa’: 1) layanan streaming, 2) siaran radio live dan 3) wadah komunikasi antara musisi dan fans. Yang pertama, layanan streaming-nya bisa dikatakan sebagai reinkarnasi dari Beats Music yang sebelumnya telah diakuisisi oleh Apple. Katalog musik lengkap Apple yang mencapai lebih dari 30 juta lagu bisa dinikmati kapan pun pengguna mempunyai akses internet.

Fitur unggulan yang ditawarkan Beats Music pun dihadirkan di sini, yaitu kurasi para ahli musik ketimbang algoritma. Playlist tidak cuma ditawarkan berdasarkan genre, tetapi juga aktivitas – mirip seperti yang ditawarkan Songza, yang sudah dicaplok oleh Google.

apple-music-02

Yang tak kalah menarik, Siri kini telah terintegrasi dengan Apple Music. Anda tak hanya bisa menginstruksikan Siri untuk memutar lagu yang ada di library Anda, tetapi Anda juga bisa menguji kepandaian Siri dengan pertanyaan atau perkataan seperti, “Play me the top ten rock songs from 1994,” dimana Siri kemudian akan menyiapkan playlist berisi 10 lagu rock lawas sesuai permintaan Anda.

Info menarik: Pengguna Android dan iOS Akhirnya Bisa Merasakan Layanan MixRadio

‘Nyawa’ kedua Apple Music, yaitu siaran radio live, adalah sebuah proyek ambisius yang dilabeli Beats 1. Beats 1 tidak cuma disiarkan live, tetapi juga selama 24 jam non-stop ke lebih dari 100 negara. Para DJ ternama dari tiga kota (Los Angeles, New York dan London) telah dipilih untuk memimpin siaran sekaligus meramu playlist lagu dalam berbagai genre.

Tak cuma lagu, Beats 1 dikatakan juga akan menghadirkan wawancara-wawancara eksklusif, bintang tamu dan lain sebagainya yang berkaitan dengan musik serta budaya musik.

‘Nyawa’ terakhirnya dinamai Connect. Seperti yang saya katakan, Connect ibarat media sosial mini yang tertanam di dalam aplikasi Apple Music. Di sini, para musisi bisa berbagi bermacam hal, mulai dari lirik setengah jadi sampai potongan lagu barunya kepada para fans. Selanjutnya, para penggemar bisa berinteraksi dengan para idolanya secara langsung, melalui satu aplikasi yang sama.

Info menarik: Aplikasi Pemutar Musik VOX Mendarat di iPhone

Akan tetapi pertanyaan terpentingnya, berapa harga yang ditetapkan Apple untuk layanan barunya ini? Mulai tanggal 30 Juni mendatang, pengguna di lebih dari 100 negara bisa menikmati Apple Music secara cuma-cuma selama 3 bulan. Selanjutnya, Apple mematok biaya berlangganan $10 per bulan.

Untuk keluarga yang kesemua anggotanya menggemari musik, Apple Music juga ditawarkan dengan family plan seharga $15 per bulan, yang berlaku untuk enam anggota keluarga sekaligus. Masing-masing anggota akan menerima akunnya sendiri-sendiri dan mendapat kebebasan mengeksplorasi katalog musik Apple tanpa harus takut akan merusak rekomendasi yang diterima oleh anggota keluarga lain.

Dari mana saja Apple Music bisa diakses? Dari perangkat iOS melalui update iOS 8.4, sedangkan dari Mac atau PC melalui versi baru iTunes. Yang sangat menarik, Apple Music juga akan tersedia di Android pada musim gugur tahun ini.

Play video

21 May 2022

Quick Querry: Kelebihan Huawei FreeBuds SE??

Apa aja sih kelebihan Huawei FreeBuds SE? Buat ulasan lebih lengkapnya, sila cek link ini: ...

Others from #HybridTV