Dark
Light

Kamera Baru Untuk Perangkat Apple Siap Hadir?

1 min read
August 2, 2013

Sehubungan dengan rumor tentang (lagi-lagi) iPhone dan iPad terbaru, kini muncul kabar bahwa Apple sedang mengembangkan kamera jenis baru.

TechRadar melaporkan USPTO (atau United States Patent and Trademark Office) telah meloloskan hak paten yang berhubungan dengan kamera, dimana tampaknya raksasa asal Kalifornia ini akan mengembangkan kamera jenis baru dengan tiga sensor terpisah yang memiliki lensa tersendiri.

Sistem ini akan menggunakan dua sensor chrominance dan satu sensor luminous di bagian depan, memungkinkan kamera mengambil tiga data secara terpisah. Satu untuk cahaya, satu untuk warna dan data lainnya. Kumpulan data-data ini akan diproses untuk menghasilkan satu gambar berkualitas tinggi, artinya kamera ini kemungkinan akan unggul di area low-light ataupun outdoor.

Kamera tiga sensor ini memiliki paten Amerika Serikat nomer 8.497.897, menyebutkan kata-kata “mengabadikan gambar dengan tipe sensor luminance dan chrominance” untuk device mobile.

Teknologi kamera smartphone bisa dibilang cukup ‘lucu’. Pada dasarnya, kamera memiliki fungsi untuk mengabadikan momen melalui gambar visual. Berbeda dengan sepupunya yang lebih ‘serius’ itu, kamera smartphone memiliki fungsi untuk mendukung gaya hidup dan kebutuhan media sosial. Dengan berkembang pesatnya aplikasi-aplikasi seperti Instagram, Snapchat, hingga Vine, produsen smartphone akhirnya berlomba-lomba memberikan teknologi terbaik untuk ditambatkan dalam produknya.

Namun demikian, pengamat teknologi berpendapat bahwa kemungkinan besar konsumen belum bisa menikmati kamera baru ini di iPhone atau iPad terbaru tahun ini. Tapi perkembangan ini mengindikasikan satu hal.

Langkah Apple ini kemungkinan besar juga untuk merespon tantangan dari kompetitornya: Nokia Lumia 1020 dan Samsung Galaxy S4 Zoom serta berbagai smartphone lain yang mengusung fasilitas kamera mumpuni. Selain dari informasi tentang kamera tiga sensor ini, kami masih belum bisa banyak berasumsi tentang teknologi proses dan perangkat keras apa lagi yang akan Apple gunakan untuk mendukungnya, serta apakah hasilnya akan mampu mengalahkan PureView. Satu hal yang kami tahu, Apple tidak akan mengenalkannya sebelum mereka benar-benar mematangkan teknologi ini.

Sumber artikel dan gambar: TechRadar.com. Sumber gambar header: 1000 Words/Shutterstock.

 

Previous Story

Moto X Resmi Diluncurkan

Next Story

Ilmuwan DNA dan Berbagai Informasi Lain di Daftar Pencarian Populer Google Indonesia 25 – 31 Juli 2013

Latest from Blog

Don't Miss

Foto-foto dengan Vivo V29 di Singapura, Tidak Perlu Lagi Bawa Kamera Saku

Baru-baru ini Vivo mengundang Hybrid untuk ikut dalam acara yang

Sony Meluncurkan 2 Kamera Baru dari Lini Alpha 7C, yaitu 7C II dan 7CR

Sony Indonesia kembali mengumumkan peluncuran dua produk kamera terbaru mereka