Dark
Light

App Inbox by Gmail Kini Dibekali Fitur Smart Reply

1 min read
November 4, 2015

Aplikasi Inbox by Gmail sejauh ini termasuk salah satu email client terpandai yang tersedia untuk perangkat Android maupun iOS. Tak hanya menawarkan tampilan yang menarik dan berfokus pada konten yang penting saja, Inbox juga mengemas sederet fitur pintar seperti Undo Send sampai membantu membuatkan reminder dengan cepat.

Namun kini Inbox bakal jauh lebih menarik lagi berkat kehadiran satu fitur baru yang melibatkan kecerdasan buatan alias AI. Fitur ini dinamai Smart Reply, berfungsi untuk membuatkan balasan secara otomatis sesuai konteks yang ada.

Jadi setiap kali Anda menerima email dalam bahasa Inggris, Inbox akan menganalisa isinya, lalu menyiapkan tiga preset balasan pendek yang bisa Anda kirimkan hanya dengan sejumlah tap saja. Semisal balasannya perlu lebih merinci, tentu saja Anda bisa menambahkan secara manual.

Info menarik: [Ask the Expert] Cara Membuat Autoresponder dan Signature di Aplikasi Gmail Android

Bagaimana cara Inbox melakukannya? Well, tim Google Research punya penjelasan teknisnya secara lengkap di blog mereka. Namun sederhananya, Inbox memanfaatkan teknologi machine learning yang jauh lebih efektif memahami konteks ketimbang sistem berbasis rule yang biasa diterapkan untuk menyortir mana email yang penting dan mana yang kurang.

inbox-by-gmail-smart-reply

Fitur Smart Reply ini juga akan semakin sempurna seiring penggunaan. Preset balasan yang Anda pilih ataupun yang Anda abaikan akan membantu menyempurnakan preset yang diberikan oleh Inbox ke depannya. Jadi semakin sering Anda memakai Smart Reply, semakin efektif pula fitur ini dalam memahami konteks.

Smart Reply bakal tersedia minggu depan lewat update untuk Inbox by Gmail versi Android maupun iOS. Fitur ini jelas bakal amat berguna saat musim liburan sudah tiba di akhir tahun nanti, dimana kita bakal lebih sering mengakses email dari perangkat mobile – atau malah tidak sama sekali. 🙂

Sumber: Gmail Blog.

Previous Story

Sony Umumkan Aksesori Baru PS4 In-Ear Headset

Next Story

Smartphone Modular PuzzlePhone Akhirnya Punya Desain Final, Plus Kampanye di Indiegogo

Latest from Blog

Don't Miss

AI di Smartphone Makin Populer, Apa Komentar Pengguna?

Reasense kembali merilis survei, divisi riset dari SEQARA Communication kali

Genjot Solusi Kecerdasan Buatan, AMD Akuisisi Silo AI

Perusahaan pengembang prosesor ternama AMD mengumumkan akuisisi terhadap Silo AI,