16 April 2015

by Glenn Kaonang

Aplikasi Pemutar Musik VOX Mendarat di iPhone

Terlepas dari fungsinya sebagai sentra penjualan konten digital milik Apple, iTunes terlahir sebagai sebuah aplikasi pemutar musik untuk perangkat Mac. Sebagian besar orang mungkin sudah cukup puas dengan iTunes, tetapi ada juga kelompok yang merasa iTunes kurang bisa memenuhi kebutuhannya.

Problem utamanya adalah, dukungan format audio iTunes kurang lengkap. iTunes secara native tidak bisa memutar file audio dengan format lossless yang populer seperti FLAC atau APE. Kedua, tampilan iTunes dirasa terlalu penuh dan kompleks.

Dua problem itu rupanya menjadi landasan sebuah tim developer bernama Coppertino Inc. untuk merancang aplikasi pemutar musik yang bisa dicintai banyak orang. Di tahun 2013, mereka merilis VOX Music Player, yang secara perlahan mengundang perhatian banyak pengguna Mac.

Keunggulan utama VOX dibanding iTunes adalah kesanggupannya memutar bermacam format audio, termasuk halnya FLAC, APE, WMA maupun OGG. Tak cuma itu, tampilannya yang amat minimalis juga berhasil menjadi daya tarik tersendiri.

Selang dua tahun kemudian, Coppertino pun membawa filosofi yang sama ke platform iOS. Mereka merilis VOX Music Player untuk iPhone.

Info menarik: Aplikasi Something Good to Read Adalah Solusi Atas Kebiasaan Anda Menumpuk Artikel di Layanan Read Later

Sama seperti versi Mac-nya, VOX di iPhone juga bisa memutar beraneka file audio tanpa mengharuskan Anda untuk mengubah format-nya terlebih dahulu. Tampilan VOX juga amat berbeda dari aplikasi pemutar musik bawaan iPhone, jauh lebih menarik berkat gaya desain yang serupa dengan versi Mac-nya.

Selain dukungan format audio yang komplet dan desain yang cantik, VOX untuk iPhone juga menghadirkan integrasi SoundCloud maupun channel radio berbasis internet. Singkatnya, Anda tak mungkin kehabisan konten untuk memanjakan telinga Anda.

Di saat yang sama, Coppertino juga meluncurkan layanan cloud music storage perdana mereka. Bernama LOOP, layanan berbayar ini – $5 per bulan, $50 per tahun – memungkinkan Anda untuk menyimpan koleksi musik Anda di cloud sebanyak mungkin, lalu di-stream dari Mac maupun iPhone tanpa penurunan kualitas suara. Aplikasi VOX di iPhone juga bisa menyimpan file lagu secara offline dari LOOP.

Aplikasi VOX Music Player untuk iPhone saat ini sudah bisa diunduh secara cuma-cuma dari App Store. Selamat memanjakan telinga…

Via: MacRumors.