Dark
Light

Aplikasi Seeing AI Buatan Microsoft Kini Dapat Membaca Tulisan Tangan

1 min read
December 15, 2017

Masih ingat dengan Seeing AI, aplikasi iPhone buatan Microsoft yang mengandalkan AI untuk melihat sekaligus mengenali beragam objek di sekitarnya, lalu mendeskripsikannya secara lisan kepada pengguna tuna netra? Semenjak dirilis, Microsoft bilang sudah ada sekitar 100.000 pengguna yang mengunduh, dan mereka sekarang siap meluncurkan update berisikan sederet fitur baru.

Seperti yang sudah pernah dijanjikan sebelumnya, Seeing AI kini dapat mengenali uang tunai dan membacakan jumlahnya secara tepat kepada pengguna. Mata uang yang didukung sejauh ini baru dolar Amerika, dolar Kanada, poundsterling dan euro, namun ke depannya saya yakin Microsoft bakal menambah jumlahnya.

Tidak kalah menarik adalah kemampuan baru Seeing AI untuk mengenali dan mendeskripsikan warna dari beragam objek yang dilihat. Kemudian ada juga kemampuan untuk mendeteksi sumber cahaya dan membunyikan nada tertentu sebagai indikator bagi pengguna aplikasi.

Microsoft Seeing AI

Namun yang bisa dikatakan paling menarik adalah kemampuan Seeing AI untuk membaca tulisan tangan. Sebelum ini, Seeing AI sebenarnya sudah bisa membaca teks pendek maupun dokumen panjang, namun khusus untuk hasil cetakan saja. Berkat versi barunya, pengguna bisa mengetahui menu apa saja yang dihidangkan sebuah kedai kopi, yang biasanya terpampang di papan tulis.

Terakhir, Microsoft turut menyertakan opsi personalisasi yang lebih lengkap demi memudahkan pengguna. Yang paling utama, pengguna sekarang bisa memilih tipe suara dan seberapa cepat Seeing AI berbicara.

Update ini sekarang sudah meluncur di 35 negara di mana Seeing AI tersedia, namun sayangnya saya belum melihat Indonesia sebagai salah satunya.

Sumber: Microsoft.

Previous Story

Atari Tunda Peluncuran Console Ataribox, Ada Apa?

Next Story

Xiaomi Mi A1 Special Edition Berbalut Warna Merah Tersedia Eksklusif di Lazada

Latest from Blog

Don't Miss

AI di Smartphone Makin Populer, Apa Komentar Pengguna?

Reasense kembali merilis survei, divisi riset dari SEQARA Communication kali

Genjot Solusi Kecerdasan Buatan, AMD Akuisisi Silo AI

Perusahaan pengembang prosesor ternama AMD mengumumkan akuisisi terhadap Silo AI,