21 February 2015

by Aditya Daniel

Aplikasi IFTTT Berganti Nama Menjadi IF, Sekaligus Luncurkan 3 Aplikasi Baru

Layanan web automation IFTTT baru saja melakukan rebranding atas aplikasi populer mereka dan meluncurkan 3 sekaligus aplikasi bertajuk Do Note, Do Camera dan Do Button. Sedangkan untuk aplikasi utamanya berganti nama menjadi lebih sederhana: "IF".

Pada dasarnya ketiga aplikasi baru dari IFTTT ini menawarkan konsep yang sama namun memberikan kontrol lebih kepada para penggunanya. Ketiga aplikasi bertajuk Do ini memungkinkan pengguna melakukan automasi seperti yang ada pada IFTTT dulu namun dengan jalan pintas tombol yang disediakan, untuk saat ini setidaknya pengguna bisa menggunakan tiga tombol yang disediakan di setiap aplikasi Do untuk menjalankan sebuah recipe.

Info Menarik: Bersihkan Metadata Foto di iPhone atau iPad Menggunakan Metapho

Aplikasi Do Button dapat terintegrasi dengan perangkat rumah, misal Nest thermostat ataupun lampu Philips Hue. Dengan Do Button, pengguna bisa menyalakan atau mematikan lampu, mengatur thermostat ke suhu tertentu hingga melakukkan logging lokasi ke dalam Google Drive. Untuk lebih memudahkan lagi, Do Button dilengkapi oleh Today Widget yang dapat diletakkan pada Notification Center.

Do Camera, sesuai namanya memaksimalkan penggunaan kamera yang terdapat dalam smartphones. Pengguna bisa secara langsung mengambil foto dan meng-upload atau membagikannya ke jejaring sosial yang dimiliki misalnya, Facebook atau Instagram.

Terlihat biasa? Tunggu dulu, daripada melakukan cross-posting ke Facebook melalui Instagram, Do Camera dapat mengimport foto yang di-posting dan meng-upload-nya ke dalam album tertentu di Facebook. Lebih terorganisir tentu saja.

Info Menarik: Kontrol Perangkat Mac dari iPhone Atau iPad dengan Alfred Remote

Yang terakhir, Do Note. Do Note dideskripsikan oleh Linden Tibbets, CEO dari IFTTT sebagai "perintah baris". Bayangkan aplikasi Do Note sebagai Notepad yang dinamis dimana kita bisa menulis daftar kegiatan lalu mengirimnya ke dalam Google Drive, Evernote, bahkan menjadikannya sebuah tweet.

Tak hanya itu, dengan Do Note pengguna juga bisa menjadwalkan acara tertentu pada sebuah kalender, cukup tulis acara dan tanggal berlangsungnya.

3 aplikasi terbaru dari IFTTT yang kini bernama IF pastilah berguna bagi mereka yang menginginkan automasi dalam setiap pekerjaan yang dimiliki. Ketika aplikasi ini telah bisa diunduh lewat App Store: Do ButtonDo Camera, and Do Note, serta aplikasi IF.

Sumber: MacStories dan Macrumors