Dark
Light

Aplikasi Google Allo Akhirnya Resmi Dirilis

1 min read
September 21, 2016

Penantian itu akhirnya berakhir, Google telah secara resmi meluncurkan aplikasi pesan instan terbarunya bernama Allo yang sudah diperkenalkan sejak bulan Mei lalu di ajang Google I/O bersama dengan Duo, aplikasi panggilan video yang sudah lebih dulu berkiprah. Seperti kompatriotnya itu, Allo kini sudah dapat dijumpai di Google Play Store dan App Store kendati belum menyapa pengguna secara merata.

Mengulas kembali sedikit tentang Google Allo. Ini adalah aplikasi pesan instan buatan Google yang dikaitkan dengan nomor ponsel, bukan akun Google. Jika Anda pernah menggunakan WhatsApp, seperti itulah kira-kira sistem identifikasi yang digunakan Allo, meskipun dalam menghantarkan konten, Allo tetap menggunakan jaringan data.

Pembeda lainnya, Google Allo terintegrasi dengan Google Assistant, layanan berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang mampu menjawab berbagai pertanyaan yang Anda ajukan atau memberikan saran ketika sedang beraktivitas. Dalam penggunaannya, Google Assistant nantinya akan berbaur menjadi salah satu pengguna di daftar kontak Anda di samping kemampuan untuk melompat ke percakapan lain, menawarkan tempat makan terdekat, petunjuk arah, memeriksa status penerbangan, dan informasi-informasi penting lain yang relevan dengan topik pembicaraan.

Fitur Smart Reply

Meski sebagian besar aplikasi keyboard sudah menawarkan fitur prediksi kata, kehadiran Smart Reply di Google Allo menjadi tambahan menggembirakan. Dengannya, Anda dapat merespon pesan lebih cepat saat sedang bepergian. Fitur ini juga memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan sehingga ketika Anda harus merespon pertanyaan-pertanyaan umum, Anda hanya cukup menyentuh salah satu jawaban tanpa harus mengetik huruf demi huruf.

Smart Reply bahkan memberikan respon cepat dan cerdas ketika seseorang mengirimkan gambar lucu atau menarik.

Sticker dan Emoji

Google Allo juga dirancang untuk memberikan pengalaman menyenangkan dalam mengirim pesan. Canvas percakapan dibuat lebih enak dipandang plus tambahan stiker, emoji dan juga gambar. Setidaknya ada 25 paket stiker yang sudah dibawa oleh Google Allo, dan mendukung kustomisasi gambar dan emoji agar lebih menarik.

Teknologi Cerdas, Google Assistant

Seperti yang sudah disinggung di awal-awal tadi, Google Allo berbeda karena diperkaya oleh teknologi kecerdasan buatan, Google Assisant. Dengan teknologi ini di dalam Allo, Anda dapat mengajukan pertanyaan dan memperoleh bantuan dalam mengerjakan beberapa tugas ringan.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda cukup mengetikkan @google dan ajukanlah pertanyaan atau mintalah aplikasi melakukan sesuatu. Beberapa tugas yang bisa dikerjakan oleh Google Allow, antara lain membuat perencanaan makan malam dengan teman, mengatur jadwal nonton bareng, mencari tempat wisata populer, penerbangan dan hotel.

Anda juga dapat memperoleh jawaban, misalnya informasi prakiraan cuaca di hari itu, lalu lintas, pertandingan olahraga, dan status penerbangan berikutnya. Google Allo bahkan mampu membantu Anda membagikan video lucu dari YouTube atau bermain game dalam percakapan grup.

https://youtu.be/VXEkoXgb4bI

Sumber berita Google.

Application Information Will Show Up Here
Previous Story

Bandung IoT Maker Day Episode 3 Ajak Pengembang Lokal Dalami Seputar Development Board

Next Story

Aplikasi Booking Dokter Malaysia BookDoc dan Peluangnya Jika Berekspansi di Indonesia

Latest from Blog

Don't Miss

Era Teknologi Pemasaran AI dari Google Untuk Pengiklan di Indonesia

Google menggelar acara Google Marketing Live Indonesia di Jakarta. Acara

Google Luncurkan Model AI Generatif Gemma 2 untuk Para Peneliti dan Pengembang

Tren AI generatif terus berkembang untuk mengisi berbagai kebutuhan dan