Dark
Light

Mengoptimalkan Aplikasi Belanja untuk Tingkatkan Pembelian

2 mins read
September 5, 2019
aplikasi belanja

Sebagai media pemasaran, aplikasi belanja mobile dapat dimanfaatkan oleh brand untuk memudahkan pelanggan melihat-lihat produk hingga melakukan pembelian langsung lewat aplikasi. Tujuan dari pengguna saat menginstal aplikasi berbeda-beda. Mulai dari sekadar melihat-lihat, mencari diskon, hingga melakukan pembelian. Sebagai pemilik brand, ada beberapa cara memaksimalkan penggunaan aplikasi belanja mobile untuk meningkatkan konversi pembelian, antara lain sebagai berikut:

1. Berikan tampilan antarmuka yang mendukung

Pastikan tampilan antarmuka dalam aplikasi Anda mudah dipahami oleh pengguna. Hal tersebut bisa dilakukan dengan memberikan tampilan yang simpel dan fungsional. Ciptakan juga layanan interaksi yang baik bagi pengguna yang memiliki pertanyaan. Fitur yang lengkap atau bahkan lebih banyak dari platform lain juga bisa menjadi pertimbangan pengguna untuk menggunakan aplikasi Anda, serta melakukan pembelian dalam aplikasi tersebut.

2. Adakan promosi khusus aplikasi

Hadirkan promosi khusus yang hanya dapat digunakan di aplikasi. Promosi seperti ini tidak hanya mengundang pelanggan baru untuk menjadi pengguna aplikasi, tetapi juga dapat membuat mereka lebih memilih aplikasi sebagai metode pembeliannya. Promosi ini dapat ditampilkan saat pengguna baru menginstal aplikasinya, sehingga pembelian dapat terjadi lebih cepat. Anda juga dapat memanfaatkan saluran lain seperti media sosial, email, atau website untuk mengkampanyekan promosi khusus aplikasi ini tersebut.

3. Buat kampanye promosi pada momen tertentu

Anda juga dapat memberikan kampanye promosi khusus untuk merayakan hari tertentu. Kampanye tersebut juga dapat dibuat lebih personal dengan mengaitkan promosinya dengan kategori katalog tertentu yang dimiliki oleh brand. Promosi tersebut berupa diskon tertentu dengan memanfaatkan loyalitas pelanggan lama atau diskon untuk pengguna yang baru saja menginstal aplikasi. Selain itu, memberikan katalog tertentu lewat aplikasi juga dapat memberi gambaran penggunaan produk brand dan dengan mengaitkannya langsung ke bagian pembelian dapat mendorong pembelian langsung melalui aplikasi.

4. Beri notifikasi penawaran di hari-hari pertama

Setelah melakukan penginstalan, pengguna mungkin baru sekadar melihat-lihat dan tidak langsung melakukan pembelian. Menurut Laporan Aplikasi Belanja Seluler 2019 yang diterbitkan oleh Liftoff bekerja sama dengan Adjust, pengguna aplikasi belanja mobile di Indonesia memiliki periode waktu selama 1 hari, 19 jam, dan 31 menit sejak awal instalasi hingga melakukan suatu tindakan. Tindakan tersebut pun belum tentu merupakan pembelian, bisa jadi hanya sekadar memfavoritkan barang atau menaruhnya dalam keranjang.

Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menggoda pengguna untuk melakukan pembelian secepatnya dengan memberikan notifikasi tertentu untuk membuat pengguna segera melakukan tindakan di hari-hari awal penginstalan aplikasi. Pemilihan waktu dan isi pesan yang tepat juga dapat mempengaruhi efektivitas notifikasi tersebut dalam menghasilkan konversi.

5. Tanyakan kabar pengguna di minggu pertama

Menanyakan kabar pengguna juga dapat memberikan sentuhan personal tersendiri bagi mereka. Tanyakan kabar pengguna Anda melalui notifikasi apabila belum melakukan pembelian barang, terutama bagi mereka yang telah menaruh barang di keranjang. Berikan pula penawaran berdasarkan barang-barang sesuai dengan kategori yang sering mereka lihat sebelumnya.

Pengguna biasanya menggunakan aplikasi belanja mobile dengan intensitas yang tinggi di awal dan mulai berangsur-angsur berkurang dari waktu ke waktu. Menurut Laporan Aplikasi Belanja Seluler 2019, tingkat retensi pengguna aplikasi belanja mobile di Indonesia terus turun menjadi 4% pada Hari Ke-7. Untuk itu, periode minggu pertama ini harus dimanfaatkan dengan maksimal melalui kampanye yang menarik dan pesan yang relevan.

Pengguna cenderung memiliki tujuan-tujuan tertentu dalam menginstal aplikasi belanja, meskipun pada umumnya aplikasi tersebut diminati untuk melihat-lihat produk terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Untuk itu pemilik brand harus dapat memikirkan strategi yang lebih jeli agar pengguna sampai melakukan pembelian melalui aplikasinya.

Dengan melakukan beberapa hal tersebut, brand dapat lebih memaksimalkan aplikasinya untuk mendorong pengguna melakukan pembelian. Anda juga dapat mempelajari perilaku penggunaan dan pembelian melalui aplikasi belanja seluler di Laporan Aplikasi Belanja Seluler 2019 dari Liftoff bekerja sama dengan Adjust yang dapat diunduh lewat tautan ini.

Disclosure: Artikel ini adalah konten bersponsor yang didukung oleh Adjust.

Previous Story

Overwatch Akan Tersedia di Nintendo Switch Bulan Depan

Next Story

Mbiz Collaborates with Investree to Provide Financial Service

Latest from Blog

Don't Miss

Dari-Burning-Out-ke-Balance-Laporan-Strava-Ungkap-Tren-Olahraga-Terbaru

Dari Burning Out ke Balance: Laporan Strava Ungkap Tren Olahraga Terbaru

Apa yang membuat orang-orang di seluruh dunia lebih semangat berolahraga
Apple-Merilis-Final-Cut-Pro-11,-Bawa-Lebih-Banyak-Fitur-AI

Apple Merilis Final Cut Pro 11, Bawa Lebih Banyak Fitur AI

Final Cut Pro X, software pengeditan video profesional yang sangat