28 September 2022

by Lukman Azis

Aplikasi Baru Intel Unison Hubungkan PC dan Smartphone Secara Seamless

Intel Unison akan menghadirkan pengalaman konektivitas yang berkelanjutan dan seamless antara PC bertenaga Intel dan smartphone

Selain mengungkap prosesor 13th Gen Intel Core, dalam acara Intel Innovation - Intel juga mengumumkan solusi software baru bernama Intel Unison. Perilisan awal Intel Unison akan menghadirkan pengalaman konektivitas yang berkelanjutan dan seamless antara PC bertenaga Intel dan smartphone.

Menariknya aplikasi Intel Unison ini tidak hanya tersedia untuk perangkat berbasis sistem operasi Android, tetapi juga perangkat iOS. Selain proses pairing yang sederhana, Intel Unison akan memungkinkan PC untuk mereplikasi empat fitur utama dari smartphone yang terhubung.

Mulai dari membuat dan menerima panggilan telepon langsung dari PC. Serta mengirim dan menerima pesan teks dari PC untuk menghindari perpindahan perangkat dan menikmati kemudahan mengetik menggunakan keyboard.

Para pengguna juga tidak perlu meraih smartphone mereka hanya untuk mengecek notifikasi, yang mungkin saja bisa menjadi godaan dan mengalihkan fokus. Pengguna tetap terhubung dan dapat mengelola notifikasi di smartphone dari PC, sehingga bisa langsung kembali ke alur pekerjaan.

Yang tidak kalah penting, aplikasi Intel Unison juga menghadirkan kemudahan dalam transfer file. Tak perlu repot menggunakan kabel data untuk mentransfer file dan foto video antara PC dan smartphone.

Bagi pengguna iOS, mungkin melihat "perbedaan kecil" pengalaman menggunakan Intel Unison di Android, tetapi sebagian besar kemampuan inti akan sama. Intel Unison akan terus berkembang dengan lebih banyak form factor, fungsionalitas, dan sistem operasi di masa mendatang.

Tahun ini aplikasi Intel Unison akan diluncurkan di laptop yang mengantongi sertifikasi Intel Evo tertentu buatan Acer, HP, dan Lenovo yang menggunakan prosesor 12th Gen Intel Core. Serta akan ditingkatkan ke desain berbasis 13th Gen Intel Core, mulai awal tahun depan.

Beberapa produsen sudah memiliki fitur yang dapat menciptakan pengalaman yang cukup mulus antara PC dan smartphone, misalnya Samsung dengan Link to Windows. Tujuannya sama, memungkinkan mengakses smartphone dari PC tanpa harus mengeluarkan smartphone dari saku.

Sumber: TheVerge