Mobile
for SEO
Mobile

Aplikasi Astropad Dapat Menyulap iPad Menjadi Papan Gambar Digital untuk Mac

20 February 2015Glenn Kaonang

Mereka yang berprofesi sebagai ilustrator digital pasti pernah mendengar tentang perangkat bernama Wacom Cintiq. Perangkat tersebut merupakan papan gambar digital, dimana kita bisa menggambar sekaligus melihat hasilnya langsung pada layar yang sama.

Bagaimana dengan iPad? Tablet besutan Apple ini sebenarnya sudah memiliki banyak aplikasi untuk menggambar, tetapi terkadang para profesional masih lebih percaya dengan kelengkapan tools milik aplikasi Adobe Photoshop di Mac.

Hadirlah sebuah aplikasi baru bernama Astropad. Fungsi Astropad sangat sederhana, yakni mengubah iPad menjadi papan gambar digital untuk Mac. Cara kerja aplikasi tersebut juga tidak kalah simpel, yakni dengan menjadi ‘cermin’ atas apa yang tengah ditampilkan oleh Mac Anda.

Hal ini berarti Anda bisa membuka Photoshop di Mac, buka Astropad di iPad, lalu mulai menggambar di atas layar iPad menggunakan stylus atau jari Anda. Semua tools yang tersedia di Photoshop juga bisa Anda akses di sini.

Sama seperti Wacom Cintiq, apa yang Anda gambar akan segera ditampilkan baik di layar iPad maupun Mac. Pihak pengembang Astropad berani mengklaim bahwa apa yang Anda lihat di iPad akan sama persis dengan di Mac, dan semua proses dapat berjalan dalam kecepatan 60 frame per detik, alias tanpa lag dan tanpa jeda.

Info menarik: Benarkah Apple Berencana Merilis iPad dengan Sebuah Stylus?

Melihat latar belakang pengembangnya, tidak kaget apabila kinerja Astropad begitu baik. Aplikasi ini merupakan hasil rancangan dua mantan programmer Apple. Mereka memanfaatkan pengalamannya untuk membangun aplikasi inovatif yang didesain untuk kalangan profesional di dunia kreatif.

iPad Stylus

Aplikasi ini memanfaatkan konektivitas Wi-Fi atau USB untuk bekerja. Ia diklaim bisa dipakai dengan aplikasi Mac apapun (tidak hanya Adobe Photoshop) dan tidak memerlukan instalasi driver khusus – hanya aplikasi Astropad pada Mac untuk proses pairing dan akses ke menu pengaturan. Astropad mendukung berbagai macam stylus dari sejumlah merek, mulai dari Adonit, Wacom, Hex3 sampai FiftyThree.

Aplikasi Astropad untuk Mac dibanderol seharga $50 (Rp 650 ribu), dengan opsi free trial selama 7 hari – aplikasi iPad-nya gratis. Cukup mahal memang, tetapi pihak pengembangnya menawarkan diskon khusus seharga $20 (Rp 260 ribu) bagi para pelajar yang tertarik menggunakan Astropad.

Sumber: Astropad via The Verge.

Play video

1 July 2022

Media Mainstream Kompas Rilis NFT #shorts

Media mainstrean Indonesia, Kompas, siap merilis NFT mereka. Link artikel: ...

Others from #HybridTV