Dark
Light

Aplikasi AIDSDigital Bantu Mendidik Masyarakat Tentang HIV/AIDS

1 min read
June 21, 2014

Riset Kemenkes pada Oktober 2013 menyatakan sebanyak 10.203 kasus infeksi HIV baru terjadi dalam kurun waktu Juli sampai September 2013, untuk kasus AIDS dilaporkan sebanyak 1.983. Hal ini yang menjadi landasan 7Langit mengembangkan aplikasi pemberi informasi seputar HIV/AIDS dengan nama AIDSDigital. Didukung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, data yang dirangkum oleh aplikasi ini telah tervalidasi kebenarannya sehingga masyarakat, baik yang terjangkit maupun tidak, bisa mengetahui apa yang harus dilakukan dan bagaimana pencegahannya.

Pada aplikasi tersebut, HIV 101 adalah menu di mana Anda dapat menerima informasi dasar mengenai HIV/AIDS dan segala situasi yang melingkupinya, seperti misalnya penjelasan tentang mitos yang mengatakan bahwa berjabat tangan dapat mengakibatkan virus medullar serta mitos-mitos fiktif lain yang sering beredar.

Masyarakat yang terjangkit HIV/AIDS tidak perlu lagi malu bertanya tentang lokasi pelayanan HIV terdekat. Aplikasi ini memiliki menu Layanan AIDS dan Lembaga AIDS yang menyediakan lokasi-lokasi untuk tes HIV, terapi ARV, kelompok pendukung ODHA, alat suntik steril, metadhone, dan lain-lain di seluruh Indonesia. Hasil pencarian memberikan informasi alamat, nomor telepon, email, dan lain-lain. Pengguna dapat melakukan panggilan langsung, menulis komentar tentang tempat tersebut, melihat peta lokasi, dan membagikannya ke media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Sayangnya fitur yang tersedia untuk melihat lokasi tempat pelayanan atau lembaga dari kota lain hanya tersedia sebagai satu potongan gambar peta, bukan bagian dari peta yang utuh sehingga tidak memungkinkan untuk melihat peta dengan lebih detil atau menampilkan rute perjalanan dari posisi kita.

Aplikasi ini juga menerima permintaan layanan terkait AIDS, menambah, atau merivisi layanan yang sudah ada. Mungkin ada baiknya pihak developer dapat menghadirkan stream berita terkini tentang HIV/AIDS di Indonesia dari media digital yang terpercaya.

Selain bekerja sama dengan Kemenkes, 7Langit sebagai developer juga berkolaborasi dengan Indonesia AIDS Coalition (IAC) dalam menyebarkan informasi tentang HIV/AIDS agar masyarakat lebih mengetahui lebih jauh terkait hal tersebut dan mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat lebih mengerti dan mengetahui apa yang perlu dilakukan untuk menghindari ataupun menangani infeksi HIV.

 

[ilustrasi foto: AIDSDigital]

Artikel ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Michael Erlangga. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Aplikasi Android Pilihan 16 – 22 Juni 2014

Next Story

Game Android Pilihan 16 – 22 Juni 2014

Latest from Blog

Don't Miss

Snack Video Punya 43 Juta Pengguna di Indonesia, Siap Ungguli para Pesaingnya

Siapa yang saat ini tidak mengakses aplikasi berbasis video pendek?

Whatsapp Bakal Bisa Kirim Gambar Tanpa Kompresi?

Siapa yang saat ini masih menggunakan Whatsapp untuk mengirim gambar?