Dark
Light

Apakah Fasilitas Percakapan Video Skype Akan Tersedia di Facebook?

1 min read
November 29, 2010

Beberapa waktu yang lalu, Skype mengumumkan integrasi layanan mereka dengan Facebook, di mana pada versi 5.0, para pengguna Skype bisa langsung melakukan komunikasi dengan relasi Facebook lewat Skype. Dan sepertinya tinggal menunggu waktu di mana para pengguna bisa menikmati yang sebaliknya, layanan percakapan video Skype di Facebook.

Kini beredar kabar bahwa kemungkinan Facebook akan menambahkan fasilitas percakapan video Skype di layanan mereka. Salah satu ‘bukti’ atas kemungkinan fasilitas ini adalah munculnya kode pemrograman yang ditemukan salah satu pengembang aplikasi Facebook, Tal Ater, di mana kode ‘VideoChat’ ini merujuk pada Skype serta ID pengguna Skype.

Sebelum adanya kode yang merujuk pada layanan percakapan Skype di Facebook kali ini, seperti yang dituliskan oleh Mashable, rumor tentang layanan percakapan video di Facebook telah ada, sekitar bulan Mei 2009, kode pemrograman yang menyebutkan layanan percakaan video di Facebook telah muncul dan saat itu Facebook memberikan respon bahwa mereka tengah menguji fitur seperti itu namun tidak berencana untuk meluncurkanya untuk publik.

Namun kode pemrograman yang kali ini muncul memberikan keterangan yang menyebutkan layanan Skype, sampai saat ini fasilitas messaging terbaru dari Facebook belum memberikan layanan video, dan jika melihat bahwa sekarang Skype telah mengintegrasikan layanan mereka dengan Facebook serta munculnya Facebook Messaging yang memberikan cara berkomunikasi baru, sepertinya tinggal menunggu waktu saja bagi Facebook untuk melengkapi fasilitas Facebook Messaging dengan fasilitas percakaan video.

Belum ada konfirmasi dari Facebook tentang berita ini, tetapi kalau kita membayangkan layanan ini tersedia di Facebook, maka proses komunikasi akan menjadi lebih lengkap, terutama bagi Anda yang sebagian besar relasi sudah terhubung dengan Facebook, mau ngobrol tinggal menggunakan Facebook Messaging dengan berbagai fasilitasnya yang bisa menerima pesan dari SMS, Email, atau Chat, kalau itu ditambahkan dengan fasilitas video, maka rencana Facebook untuk memberikan fasilitas Next Generation Messaging System yang dijalankan dengan fasilitas messaging yang baru akan bertambah lengkap.

Pengguna tidak lagi akan berpindah dari layanan Facebook, main game, cari teman dan berkomunikasi akan berada di satu tempat. Terlalu riuh? Bagi sebagian pengguna mungkin iya, namun bagi kebanyakan pengguna yang memang menggunakan Facebook untuk berkomunikasi, kelengkapan komunikasi adalah segalanya. Jika Anda yang termasuk pengguna  seperti ini, berharap saja fasilitas percakapan video memang akan hadir dilayanan Facebook Chat, kalau ini terjadi, sepertinya yang dikatakan Chris pada tulisan DailySocial terdahulu, layanan Facebook Messaging ‘bukan email‘ dan ‘bukan email Killer‘ namun menjadi layanan yang ‘lebih dari email’.

Foto Tal Ater via Mashable dan TheNextWeb.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Perubahan Lengkap Pada Tampilan OgahRugi, Tagline Baru, Serta Sediakan Aplikasi Android

Next Story

EVENT REVIEW : Bancakan 7th Meetup November 2010

Latest from Blog