27 January 2016

by Bambang Winarso

Berkenalan dengan Tumblr, Definisi, Sejarah dan Fiturnya

Apa Sih Tumblr, apa saja fitur dan bagaimana sejarahnya?

Jika ditanya apa itu Tumblr, berdasarkan pandangan pribadi saya, Tumblr adalah layanan blogging seperti halnya Blogger ataupun WordPress tetapi dengan format yang lebih sederhana. Di saat bersamaan Tumblr juga punya kemiripan dengan layanan jejaring sosial, Twitter karena di dalamnya pengguna bisa saling mengikuti. Fitur yang dipunyai Tumblr juga tak lepas dari nuansa Facebook, di mana pengguna bisa saling menyukai dan memposting konten teks, foto, audio, tautan serta video. Tapi dikarenakan di Tumblr pengguna mendapat ruang yang lebih leluasa untuk menuliskan buah pikiran, mengatur konten dan tampilannya, sehingga oleh banyak orang Tumblr lebih dikelompokkan ke dalam layanan blogging ketimbang jejaring sosial.

Sejarah Tumblr

Tumblr lahir kira-kira tiga tahun setelah Facebook dirilis, yaitu delapan tahun silam tepatnya pada bulan Februari 2007. Adalah David Karp yang pertama kali menggagas pembuatan Tumblr. Karp sendiri sudah sejak lama memiliki ketertarikan yang tinggi dengan dunia tumblelogs – versi pendek dari blog, dan berkeinginan membuat platformbloggingnya sendiri. Setelah lama menunggu momen yang tepat, pada tahun 2006 akhirnya Karp dan Marco Arment mulai bergerilya mengerjakan proyek Tumblr.

Singkat cerita Tumblr pun memulai debut, dan hanya butuh waktu dua minggu baginya untuk menjaring 75.000 pengguna. Kini, per 27 Januari 2016 Tumblr tercatat telah menampung sebanyak 276,3 juta blog dan menerbitkan tak kurang dari 128,3 miliar postingan. Per bulannya ada 555 juta pengunjung yang setia membaca dan berinteraksi di sana.

Fitur-fitur Tumblr

Tumblr mempunyai sejumlah fitur-fitur utama, mayoritas ditujukan untuk aktivitas blogging, sementara sisanya bertujuan mempermudah pengguna untuk berinteraksi dan berteman.

Blog

Fitur utama yang menjadi primadona dan memang jadi kekuatan Tumblr adalah blog. Jadi, sebagaimana WordPress dan Blogger, setelah mempunyai akun di Tumblr pengguna nantinya mempunyai keleluasaan untuk membuat blog dengan nama yang diinginkan. Ada dua jenis blog yang ada di Tumblr, pertama blog primary atau utama yang dibuat ketika pertama kali mendaftarkan diri. Kedua, blog secondary atau blog tambahan yang dibuat ketika sudah menjadi anggota dan berfungsi sebagai koleksi blog.

Tumblr juga punya fitur yang namanya Group Blog, merupakan jenis blog yang terdiri dari banyak pengguna. Tetapi fitur ini hanya bisa digunakan di grup secondary.

Dashboard

Dashboard merupakan panel admin yang gunanya untuk mempermudah pengguna mengelola konten, desain, logo dan deskripsi blog. Dari panel ini pengguna juga dapat mengakses menu-menu lainnya yang tidak ditemukan oleh pengunjung biasa.

Post

Seperti yang sudah disinggung di atas, di Tumblr pengguna dapat mempublikasikan berbagai konten. Yang pertama konten berjenis teks atau tulisan, di dalamnya sobat juga bisa menyisipkan gambar. Langkah pembuatan konten jenis teks kurang lebih sama dengan layanan blog lainnya, akan ada jendela editor yang dilengkapi sejumlah tool.

Selain postingan berbentuk teks, pengguna juga bisa menerbitkan konten video, audio, tautan dan kutipan.

Explore

Inilah yang membedakan Tumblr dengan platform blogging lainnya. Di Tumblr ada namanya fitur Explore, fitur yang memudahkan pengguna untuk menemukan konten blog lain yang sedang jadi hits. Masing-masing konten nantinya dipisahkan berdasarkan jenis postingan, dan dari sana pengguna langsung bisa reblog, mengikuti (follow) atau menyukai (like) blog-blog tersebut.

Reblog

Fitur ini memudahkan pengguna untuk menerbitkan ulang sebuah postingan blog lain yang disukai ke blog yang ia kelola.

Follow dan Like

Fitur inilah yang memberikan warna berbeda pada Tumblr, di mana dengannya pengguna dapat saling terhubung. Follower akan memperoleh pembaruan konten dari pengguna yang diikuti.

Pesan dan Chat

Tumblr juga mempunyai fitur pesan dan obrolan yang membuatnya menjadi platformblogging yang paling lengkap. Sobat DS tidak akan menjumpai fitur seperti ini di sebagian besar layanan serupa, bahkan di layanan sekelas WordPress dan Blogger.

Activity

Terakhir, Tumblr juga menyiapkan panel di mana pengguna dapat memantau segala aktivitas yang terjadi di blognya. Mulai dari reblog yang dilakukan pengguna lain, like, dan juga apabila ada pengikut baru. Semua informasi tersebut disajikan di fitur yang namanya Activity.

Cara Membuat Blog Tumblr

Membuat blog di Tumblr tidaklah sulit, syarat pertama Anda harus mempunyai akun. Step-stepnya sudah pernah kami bahas di artikel sebelumnya. Jika kelewat, silahkan baca kembali di artikel ini.

Akuisisi oleh Yahoo

Keberhasilan Tumblr merangkul generasi muda ternyata terdeteksi oleh radar Yahoo yang dinahkoadi oleh Marissa Mayer. Sehingga pada tahun 2013, Yahoo mengajukan penawaran untuk meminang Tumblr. Gayung bersambut, tepat di 20 Mei 2013 (selesai di 20 Juni) Tumblr setuju untuk berganti kepemilikian dengan mahar $1,1 miliar, tunai!

Sumber berita WikiPedia, Tumblr dan gambar header Justmyko-deactivated20150526.tumblr.