14 July 2015

by Bambang Winarso

Apa Itu Periscope, Fitur dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa itu Periscope? Anda mungkin mempunyai pertanyaan ini dan menyimpan ketertarikan untuk mempelajari lebih jauh tentang aplikasi tersebut. Periscope adalah sebuah aplikasi mobile Android dan iOS yang dipergunakan untuk menyiarkan sebuah kejadian secara langsung (live streaming).

Bayangkan Anda seorang reporter yang tiba-tiba melihat sebuah insiden heboh di jalan. Tanpa kamera atau alat pendukung mustahil bagi Anda untuk menyiarkannya secara langsung. Tapi dengan Periscope hal itu sangat mungkin dilakukan, bahkan sangat mudah karena Anda hanya perlu memasang aplikasi Periscope ke ponsel Android atau iOS, selesai. Anda bisa jadi reporter secara real-time, kapanpun dan di manapun.

Siaran tersebut dapat dibagikan ke akun Twitter untuk disaksikan oleh follower Anda secara langsung atau diputar kembali melalui fitur Replay.

Periscope sendiri dikembangkan oleh dua orang, yaitu Kayvon Beykpour dan Joe Bernstein. Tapi belum sempat rilis, startup langsung dicaplok oleh Twitter dengan mahar $100 juta di bulan Maret lalu. Di bawah bendera Twitter, Periscope kemudian memulai debut di toko aplikasi App Store pada 26 Maret dan diteruskan ke Android sebulan kemudian.

Fitur-fitur Periscope

Tak butuh waktu lama bagi Twitter untuk membuat Periscope digandrungi. Di platform Android saja kini Periscope sudah digunakan oleh 5 juta pengguna dan akan terus bertambah. Belum lagi dari platorm iOS.

Lalu apa sih yang membuat Periscope melejit dengan cepat? Karena keunikannya kah atau karena fiturnya? Ia unik, faktor itu sudah pasti memberi pengaruh. Tapi fitur juga punya peranan paling besar.

Info Menarik: Belum Dirilis, Aplikasi Live Video “Periscope” Dikabarkan Sudah Dicaplok Twitter

Integrasi ke Twitter

Ini mudah bagi Twitter karena Periscope memang milik mereka. Integrasi ini membuat Periscope menjalani debut dengan mudah. Berkat dari efek viral di jejaring sosial induk, Twitter yang mempunyai basis pengguna aktif yang memang sangat besar. Selain itu, pengguna juga diintegrasikan ke Twitter saat pertama kali mencoba Periscope, menyiarkan atau membagikan tautan video.

Komentar

Follower Twitter yang menyaksiksan video dan memutuskan untuk ikut menggunakan Periscope dapat meninggalkan komentar dan saling membagikan video. Fitur ini dianggap penting, sebab menjadi satu-satunya media bagi pemilik video dan penonton untuk saling berkomunikasi.

Replay

Pemilik video dapat memutuskan untuk mengaktifkan fitur ini jika dirasa perlu. Sehingga follower dapat menyaksikan kembali tayangan saat diinginkan. Namun video yang menggunakan fitur replay hanya akan aktif selama 24 jam.

Privasi

Yang tak kalah penting adalah fitur privasi, dimana pengguna dapat mengatur bagaimana tayangannya akan diakses oleh follower. Ada opsi Private yang dapat dipergunakan jika tayangan hanya dikhususkan untuk beberapa pengguna.

Notifikasi

Fitur notifikasi ini erat hubungannya dengan integrasi Twitter. Pasalnya, Periscope akan memberikan saran pengguna untuk diikuti berdasarkan jaringan di akun Twitter. Tetapi pengguna tetap memegang kendali dalam memutuskan akan mengikuti siapa. Termasuk kendali soal notifikasi siaran live terbaru dari mereka yang diikuti.

Hearts

Jika Facebook menggunakan ikon jempol untuk menunjukkan rasa suka pengguna terhadap sebuah postingan. Periscope memilih menggunakan Hearts atau hati. Makin banyak hati yang didapat berarti makin banyak follower yang suka dan makin besar kesempatan untuk masuk ke daftar “Most Loved”, sebuah halaman khusus yang berisikan video-video favorit.

Bagaimana Cara Kerja Periscope?

Cara kerja Periscope sangat sederhana, tidak rumit. Ketika aplikasi sudah terpasang di dalam perangkat. Pengguna sebaiknya menghubungkan aplikasi dengan akun Twitter terlebih dahulu untuk mempermudah notifikasi saat siaran dimulai. Ketika dijalankan, akan ada sebuah tombol di tengah-tengah aplikasi. Saat ditekan, maka kamera akan langsung bekerja. Anda dapat berpindah dari kamera belakang ke depan atau sebaliknya sambil memberikan deskripsi jika perlu.

Sebelum streaming dimulai, tentukan dahulu siapa saja yang dapat menyaksikan video tersebut. Nantinya pengguna yang dipilih baik private ataupun publik akan memperoleh notifikasi bahwa siaran telah dimulai.

Info Menarik: Apa itu Snapchat dan Fitur-fitur Andalannya?

Yang membuat Periscope berbeda, ketika pengguna selesai menyiarkan video, mereka dapat membagikan tautan ke follower Twitter. Mereka yang ketinggalan tetap dapat menyaksikan kembali melalui fitur Replay dengan batas maksimum 24 jam.

Sebagai penutup, jika Anda tertarik untuk mencoba Periscope silahkan unduh di tautan ini: Play Store atau App Store. Dan jangan lupa, TRL juga akan mengangkat beberapa tutorial dan tips-tips seputar aplikasi ini dalam beberapa minggu ke depan.