Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Aorus Gaming Box, Kartu Grafis Eksternal RTX 3080 Ti Dengan Pendingin Air, Solusi Gaming Berat di Laptop?

17 July 2021Sean Edbert

Gigabyte Aorus Gaming Box terbaru ini merupakan kotak grafis eksternal pertama berpendingin air!

Laptop ultrabook memang memiliki beberapa keunggulan dari desktop PC. Salah satunya adalah portabilitasnya untuk dibawa-bawa. Namun, jika ingin digunakan untuk menjalankan game berat, sebagian besar laptop ultrabook memiliki performa yang kurang memuaskan. Hal ini dikarenakan sebagian besar laptop ultrabook tidak memiliki dedicated GPU. Nah, di sinilah GPU eksternal (eGPU) diperlukan untuk mendorong performa gaming.

Pabrikan hardware terkenal, GIGABYTE, mengumumkan generasi terbaru dari Aorus Gaming Box, yang berfungsi menambahkan GPU eksternal di laptop. Kotak grafis eksternal ini mengusung GPU GeForce RTX 3080 Ti besutan NVIDIA. Menariknya, RTX 3080 Ti yang disematkan oleh Gigabyte untuk Aorus Gaming Box terbaru merupakan eGPU pertama yang dilengkapi dengan sistem pendingin air.

Image Credit: GIGABYTE

Sistem pendingin air dari Aorus Gaming Box ini mengusung tipe AIO (all-in-one) yang terdiri dari radiator aluminium 240mm dengan sepasang kipas 120mm, pelat tembaga besar, pipa komposit panas, serta tubing FEP. Aorus Gaming Box ini juga dilengkapi dengan power supply sendiri berdaya 500w dengan sertifikasi 80 Plus Gold.

GeForce RTX 3080 Ti yang terdapat di Aorus Gaming Box ini memiliki spesifikasi yang identik dengan versi standalone-nya, dengan base clock 1,365Mhz, boost clock 1,665Mhz, dan VRAM 12GB GDDR6X. Jika ingin mengetahui spesifikasi lebih lengkap dari NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti, Anda dapat membacanya di sini.

Image Credit: GIGABYTE

Untuk mengkoneksikan GIGABYTE Aorus Gaming Box, laptop Anda harus memiliki colokan Thunderbolt 3. Ini artinya performa dari RTX 3080 Ti ini akan dibatasi oleh bandwidth dari Thunderbolt 3. Saat dikoneksikan dengan laptop, eGPU ini memberikan beberapa port tambahan seperti satu Ethernet, 3 USB 3.0 (tipe A), 2 output HDMI, dan 3 output DisplayPort.

GIGABYTE juga menambahkan lampu RGB dengan dukungan software RGB Fusion 2.0 pada bagian luar dari Aorus Gaming Box ini. Jadi, lampu-lampu RGB pada kotak eGPU ini dapat disinkronasikan dengan mouse, keyboard, atau apapun yang juga mendukung RGB Fusion 2.0.

Image Credit: GIGABYTE

Saat ini, GIGABYTE belum membocorkan tentang harga maupun tanggal rilis dari Aorus Gaming Box terbaru ini. Namun, dengan langkanya persediaan GPU saat ini, apakah Aorus Gaming Box juga akan menjadi barang yang gaib?

Di sisi lain, AMD memprediksi kekurangan persediaan chip untuk CPU dan GPU akan berlangsung sampai 2022. Menurut AMD, untuk saat ini, persediaan chip akan terus meningkat tiap kuartal. Anda bisa membaca lebih lengkap tentang ini di sini.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV