Anti Lag! Bahas Keandalan Performa Untuk Gaming Dan Baterai Samsung Galaxy A53 5G

Mulai dari chipset Chipset Exynos 1280, layar 120Hz, hingga baterai

Samsung Indonesia baru-baru ini membarui lini Galaxy A Series 5G mereka, dengan Galaxy A33 5G dan Galaxy A53 5G. Mereka adalah smartphone Android kelas menengah yang dilengkapi teknologi jaringan seluler 5G dan merupakan salah satu pilihan terbaik yang bisa Anda dapatkan menjelang lebaran 2022.

Keduanya datang dengan rangkaian fitur kekinian, untuk mendukung penggunanya dalam membuat konten kreatif dan menawarkan pengalaman bermain game yang optimal. Setelah kemarin membahas empat fitur yang melengkapi keunggulan smartphone Gen Z Galaxy A33 5G, kali ini saya akan membahas lebih jauh mengenai keandalan performa dan baterai yang ditawarkan oleh Galaxy A53 5G. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai saja.

1. Chipset Exynos 1280 (5 nm)

Samsung Galaxy A53 5G datang dengan One UI 4.1 berbasis Android 12 dan ditenagai chipset kelas menengah terbaru bikinan Samsung sendiri, Exynos 1280. SoC ini dibuat menggunakan proses fabrikasi 5 nm dan menampilkan CPU octa-core, dengan konfigurasi dua core kencang berbasis Cortex-A78 pada 2,4 GHz dan enam core hemat daya Cortex-A55 pada 2 GHz. Ia juga memiliki GPU Arm Mali-G68 dengan empat core pada 1.000 MHz.

Bila dibandingkan dengan Galaxy A52 5G yang ditenagai oleh chipset Snapdragon 750G 5G (8 nm), berdasarkan hasil uji laboratorium internal - performa CPU pada Exynos 1280 lebih cepat hingga 6%, performa GPU lebih hingga 33%, dan dan untuk prosesor neural untuk komputasi kecerdasan buatan meningkat signifikan 43% lebih cepat.

Saat diluncurkan, terdapat dua varian Galaxy A53 5G yang dijual di Indonesia. Versi RAM 8 GB dengan penyimpanan internal 128 GB dibanderol mulai dari Rp5.999.000 dan Rp6.499.000 untuk model RAM 8 GB dengan penyimpanan internal lebih lapang 256 GB.

Konfigurasi tersebut menawarkan banyak kekuatan pemrosesan untuk menangani berbagai tugas sehari-hari. Selain itu, pengalaman multitasking dengan tugas-tugas berat juga bakal lebih lancar berkat fitur RAM Plus, kapasitas RAM 8 GB pada Galaxy A53 5G bisa diperluas secara virtual hingga sebanyak 8 GB lagi yang diambil dari penyimpanan internal.

2. Gaming Di Layar Super AMOLED 120Hz

Pengalaman bermain game yang optimal, tak lepas dari dukungan chipset Exynos 1280 dan kualitas layar yang dimiliki oleh Galaxy A53 5G. Ia mengusung tipe panel Super AMOLED dengan desain Infinity-O Display, 6,5 inci ditopang resolusi 1080x2400 piksel (405 ppi) dalam rasio 20:9. Layarnya memiliki tingkat kecerahan puncak hingga 800 nits sehingga nyaman saat digunakan di luar ruangan dan diproteksi Corning Gorilla Glass 5.

Terima kasih pada dukungan refresh rate tinggi hingga 120 Hz yang membuat animasi dan efek transisi lebih halus, serta aksi swipe dan scrolling di aplikasi media sosial yang terasa lebih mulus. Tentu saja, refresh rate tinggi menjadikan Galaxy A53 5G sebagai mesin gaming yang ideal untuk bermain game kompetitif seperti Mobile Legends: Bang Bang.

Untuk memaksimalkan pengalaman bermain game, Samsung turut mempersenjatai Galaxy A53 5G dengan Game Booster. Fungsinya untuk mengoptimalkan performa smartphone dan sekaligus memberi kenyamanan dengan menghilangkan gangguan saat bermain game. Fitur ini dapat memonitor suhu dan memori, untuk secara otomatis menyesuaikan pengaturan pada game atau menghentikan aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang.

3. Baterai Dua Hari

Galaxy A53 5G menyertakan baterai besar 5.000 mAh dan dengan kombinasi berbagai aspek lain seperti OS, chipset, dan layar yang irit daya - dalam sekali pengisian perangkat ini diklaim dapat bertahan hingga dua hari. Atau seharian penuh dengan skenario penggunaan sedang, termasuk satu atau dua match game Mobile Legends: Bang Bang atau nonton beberapa episode serial di Netflix

Yang jelas kecuali Anda menghabiskan banyak waktu untuk bermain game atau streaming video berjam-jam, Anda mungkin tidak perlu mengisi ulang baterai Galaxy A53 5G di tengah hari. Jika perlu mengisi ulang baterai, perangkat ini mendukung pengisian cepat, namun pengisi daya cepat fast charging 25W dijual terpisah.

Itulah beberapa fitur terkait keandalan performa dan baterai pada Samsung Galaxy A53 5G. Perangkat ini juga menjadi salah satu pilihan menarik yang bisa Anda dapatkan jelang lebaran 2022. Harganya mulai Rp5.999.000 dengan pilihan warna Awesome Black, Awesome Blue, Awesome White, dan Awesome Peach.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh Samsung.