13 April 2015

by Glenn Kaonang

Anda Kini Bisa Mainkan Final Fantasy XIII di Perangkat Android dan iOS dengan Bantuan Cloud

Performa perangkat mobile dalam menjalankan game perlahan semakin mengejar console, akan tetapi tentu saja masih ada berbagai batasan yang belum bisa dilampaui oleh unit pengolah grafis milik perangkat mobile.

Selagi menunggu performa perangkat mobile sampai bisa menyamai, atau bahkan melampaui game console, kita bisa memanfaatkan bantuan cloud guna memperoleh pengalaman bermain game seperti di console.

Square Enix, studio game yang dikenal lewat seri RPG Final Fantasy tengah melangsungkan visi terbarunya, yakni membawa game milik console ke perangkat mobile tanpa penurunan dari aspek grafis. Untuk mewujudkannya, mereka memanfaatkan teknologi cloud streaming, mirip seperti yang diterapkan Sony lewat layanan PlayStation Now.

Gampangnya, game tersebut akan dijalankan oleh server milik G-Cluster, lalu di-stream ke perangkat mobile Anda. Artinya, perangkat mobile Anda hanya memerlukan koneksi internet untuk bisa menjalankan game tersebut.

Info menarik: Nvidia Luncurkan Grid, Layanan Streaming Game, Gratis Hingga Pertengahan Tahun Depan

Salah satu game milik console yang tengah disajikan lewat metode ini adalah Final Fantasy XIII. Game tersebut kini tersedia di App Store dan Play Store Jepang – negara lain saya kira akan menyusul – seharga $16, namun Anda bisa mencobanya dengan gratis selama 30 menit.

Ukuran game Final Fantasy XIII di Android dan iOS ini hanya berkisar 20 MB, dan Anda memerlukan koneksi internet yang cukup cepat – di atas 3 MB/s – untuk bisa memainkannya dengan lancar. Kontrol game dapat dilakukan via layar sentuh perangkat, dimana akan tampak sejumlah tombol semi-transparan dalam ukuran yang cukup besar.

Melihat cukup populernya tren cloud streaming pada industri game ini, saya kira akan ada lebih banyak game ‘kelas berat’ lain yang siap menyusul ke depannya.

Sumber: TechCrunch. Gambar header: FF-XIII.net