15 August 2014

by Yoga Wisesa

Anda Dapat Menjajal Proses Kustomisasi Karakter The Sims 4 Melalui Demo Create-A-Sim

Dalam presentasinya di ajang Gamescom 2014, Electronic Arts tampaknya memberikan perhatian khusus pada The Sims 4. Tak mengherankan, mengingat permainan ini ditujukan baik untuk gamer veteran, fans setia The Sims, juga khalayak casual. Hype telah tercipta, dan tak terasa The Sims 4 akan mendarat dalam beberapa minggu lagi - tepatnya pada tanggal 2 September.

Setelah beragam video gameplay dari EA dan berbagai video hands-on hasil publikasi media, untuk pertama kalinya Anda juga bisa mencicipi langsung salah satu porsi game yang sangat digemari. Electronic Arts baru saja merilis demo Create-A-Sim. Seperti namanya, di sini pemain dapat menciptakan dan mengkustomisasi karakter melalui tool yang developer Maxis siapkan.

Caranya mudah, Anda hanya perlu mengunjungi Origin.com atau log-in ke akun Origin via aplikasi desktop. Pada tampilan home, Anda tinggal mengklik tombol Start Now, lalu The Sims 4 Create-A-Sim akan langsung masuk ke library My Games. Ia tidak memakan banyak ruang di hard disk, hanya membutuhkan sekitar 1GB.

 

Info menarik: Mari Simak Video Hands-on Gameplay The Sims 4

 

Melalui Create-A-Sim, kita akhirnya dapat mencicipi proses kustomisasi karakter The Sims 4 kebanggaan Maxis. Anda bisa memilih gender serta menciptakan bentuk muka dan tubuh sesuai keinginan, memilih pakaian dan aksesori, bahkan hingga menentukan jenis suara dan cara karakter Sim berjalan. Seperti yang telah dijanjikan Maxis, pemain akan menentukan sendiri karakteristik, sifat, serta minat Sim buatannya.

Bagian paling unik dari Create-A-Sim adalah metode ketika menentukan bentuk tubuh Sim. Contohnya saja saat sedang mengkustomisasi hidung. Kita hanya tinggal mengklik hidung dan menggeser mouse hingga mencapai bentuk yang diinginkan. Hal sama berlaku untuk bagian tubuh lain seperti bibir, tulang pipi, mata, leher, pinggul hingga betis.

Menurut pengakuan Maxis, metode ini terinspirasi dari membuat model tanah liat. Melalui sistem kontrol mouse, implementasi metode ini terasa sangat intuitif. EA memang belum berkomentar apa-apa, tapi menurut saya teknik itu juga bisa diterapkan dalam perangkat berlayar sentuh. Apakah akan ada app mobile companion The Sims 4 khusus untuk membuat Sim, atau bahkan versi mobile-nya?

 

Info menarik: EA Bagi-Bagi The Sims 2 Ultimate Collection Gratis

 

Tapi jika ternyata Anda tidak menyukai penyajian seperti ini, Maxis juga sudah memikirkan solusinya: terdapat banyak pilihan 'preset' default anggota tubuh yang bisa dipilih dengan total ribuan kombinasi. Anda tinggal memilihnya saja - contohnya pipi atau rahang - kemudian opsi akan muncul di window sebelah kanan.

Lalu jika mode kustomisasi standar belum memuaskan Anda dalam menciptakan karakter impian, Maxis juga melengkapi Create-A-Sim dengan Detail Edit Mode. Di sana wajah akan di-zoom lebih dekat, memungkinkan Anda membentuknya dengan lebih teliti. Secara teori, Anda dapat menciptakan Sim menyerupai anggota keluarga ataupun selebriti.

Sayangnya belum ada konfirmasi dari EA ataupun Maxis yang menyebutkan bahwa karakter-karakter Sim hasil kreasi kita dalam demo Create-A-Sim dapat kita mainkan ketika The Sims 4 diluncurkan nanti. Tapi dari pengalaman beta-testing beberapa game milik EA, kemungkinan tersebut cukup kecil.

Silakan nikmati trailer Create-A-Sim di bawah ini.

Sumber gambar header: TheSims.com.