AMD Software: Adrenalin Edition Baru Diluncurkan: FSR 2, RIS, dan RSR Diperkenalkan

Software AMD Software: Adrenalin Edition terbaru hadir dengan beberapa teknologi yang baru juga

AMD memperkenalkan software terbarunya yang berisikan driver terkini serta beberapa teknologi baru. AMD sendiri mengubah namanya dari AMD Radeon Software menjadi AMD Software: Adrenaline Edition. Selain meningkatkan kinerja pada setiap kali driver-nya dikeluarkan, AMD juga memberikan beberapa fitur baru. Tentunya, teknologi di fitur baru tersebut mampu meningkatkan framerate pada setiap game yang dimainkan.

Hardware yang hebat menuntut software yang luar biasa. Software AMD Edisi Adrenalin terbaru mempersenjatai para gamer dengan keandalan, dukungan hari ke-0 untuk game baru saat diluncurkan, dan peningkatan performa reguler, termasuk peningkatan performa game hingga 15 persen dibandingkan dengan rilis tahun lalu,” kata Frank Azor, Chief Architect of Gaming Solutions di AMD. “FSR 2.0 menanamkan kehidupan baru ke dalam kartu grafis generasi saat ini, meningkatkan performa dan memberikan pengalaman imersif tingkat berikutnya. Teknologi ini membuat game menjadi hidup, dan kami akan terus menghadirkan fitur dan kemampuan yang kuat dan inovatif yang mendorong batas performa tinggi, game imersif.”

Pada software suite terbaru ini, AMD memperkenalkan Radeon Super Resolution. RSR adalah fitur peningkatan spasial dalam driver yang dibangun di atas algoritma yang sama dengan teknologi AMD FidelityFX Super Resolution. Teknologi tersebut memberikan resolusi hampir asli dan peningkatan performa dalam game yang berjalan dalam mode layar penuh eksklusif pada grafis diskrit berbasis arsitektur AMD RDNA serta kompatibel dengan ribuan game.

Teknologi RSR tidak dimaksudkan untuk menggantikan FSR. Jika diharuskan memilih, AMD menyarankan untuk menggunakan FSR karena RSR hanya akan tersedia langsung dari game itu sendiri. Pada saat developer tidak menyematkan teknologi RSR, FSR bisa menjadi sebuah solusi untuk bermain game dengan framerate yang lebih tinggi pada resolusi yang sama. RSR sendiri nantinya hanya eksklusif untuk digunakan pada GPU Radeon.

Fitur selanjutnya adalah AMD Link yang diperbarui sekarang memungkinkan hingga empat pengguna untuk terhubung ke PC, ponsel, tablet, atau TV berbasis Android atau Windows untuk memainkan game multiplayer lokal.  AMD Link juga sudah tersedia pada toko aplikasi Microsoft dan dapat diunduh sebagai aplikasi mandiri pada PC berbasis non-AMD seperti Intel dan NVIDIA. Jadi, kita bisa bermain di mana saja asalkan terhubung pada satu jaringan yang sama pada sebuah rumah.

AMD juga memperkenalkan Radeon Image Sharpening. Fitur ini akan mempertajam semua tampilan yang ada di layar. RIS dapat digunakan untuk menyempurnakan visual dalam video playback dan aplikasi produktivitas lainnya dengan satu klik.

Teknologi terakhir yang diperkenalkan oleh AMD adalah FidelityFX Super Resolution 2.0 yang akan hadir pada kuartal kedua 2022. FSR 2.0 meningkatkan framerate dalam permainan yang didukung dengan menggunakan data frame sebelumnya untuk memberikan kualitas gambar yang serupa atau lebih baik dibanding nyata di semua resolusi. AMD sendiri membandingkan resolusi native melawan FSR dan FSR 2.0. Hasilnya memang membuktikan grafis FSR 2.0 jauh lebih mendekati resolusi aslinya.

FSR 2.0 sendiri tidak membutuhkan machine learning yang mungkin akan memberatkan prosesor. AMD menjanjikan bahwa peningkatan kualitas gambar yang ada akan lebih baik, bahkan pada mode Performance. FSR 2.0 menggunakan data temporal dan juga menggunakan anti-aliasing yang sudah dioptimalkan.

AMD Software Adrenaline Edition ini sendiri sudah bisa langsung diunduh pada hari ini.