Gadget News

Beberapa Hal Penting Seputar AMD di gelaran CES 2020

07 Jan 2020 | Akbar Priono
Prosesor Ryzen 4000 yang bisa kalahkan Intel Ice Lake dan lain sebagainya

Gelaran Consumer Electronics Show (CES) selalu jadi satu acara terkait inovasi teknologi yang ditunggu-tunggu. Selain ditunggu para penggemar teknologi, acara yang punya jargon “Global Stage for Innovation” ini juga jadi ditunggu-tunggu oleh para gamers karena inovasi teknologi di sektor gaming.

Bicara soal gaming, selain Intel yang bisa dibilang masih menjadi rajanya PC, hal menarik lain yang perlu di simak adalah sang penantang, AMD. Dalam gelaran CES 2020, AMD sudah menyiapkan beberapa amunisi untuk menyaingi Intel. Apa saja inovasi yang mereka umumkan? Berikut beberapa sorotan dari beberapa pengumuman AMD di CES 2020:

AMD Ryzen 4000, prosesor kelas mobile yang kalahkan Intel seri Ice Lake

AMD mengumumkan prosesor seri Ryzen generasi ketiga. Sejak Oktober 2017, seri Ryzen selalu digadang-gadang AMD sebagai prosesor kuat dan serba-cepat yang akan mengalahkan performa Intel. Salah satu yang mereka umumkan di CES 2020 adalah, Ryzen 4000. Prosesor ini merupakan chipset Ryzen berbasis pada fabrikasi 7nm dan arsitektur Zen 2, yang fokus kegunaannya sebagai Mobile Processor.

Ryzen 4000 datang dengan dua varian. Pertama ada Ryzen U-Series dengan peruntukkan sebagai prosesor laptop ultra-portable. Kedua ada Ryzen H-Series dengan peruntukkan sebagai prosesor untuk kebutuhan gaming dan pembuatan konten, yang akan menyajikan performa kelas-desktop kepada laptop.

Sumber: AMD Official Sites
Sumber: The Verge

Satu yang paling AMD banggakan adalah Ryzen 7 4800U. Lisa Su CEO AMD memamerkan kemampuan komputasi Ryzen 7 4800U dalam presentasinya. Ia mengatakan bahwa prosesornya lebih cepat daripada Intel Core i7 generasi Ice Lake. Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa laptop-laptop dengan AMD Ryzen 4000 akan hadir mulai dari kuartal 1 tahun 2020 (Januari – Maret) lewat vendor-vendor ternama seperti Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo dan lain sebagainya.

AMD Threadripper Seharga Rp55 juta

Selain menyodorkan seri mobile processor terbaru, AMD juga mengumumkan prosesor dengan tenaga super besar, yaitu seri Threadripper. Masih menjadi bagian dari Ryzen generasi ketiga, prosesor terbaru ini bernama Threadripper 3990X yang punya 64 core! Selain soal kemampuan komputasinya, prosesor ini juga punya harga yang memukai, yaitu mencapai US$3990 (sekitar Rp55 juta).

Sumber: AMD Official Sites
Sumber: AMD Official Sites

Namun demikian, prosesor ini memang memiliki target pasar untuk para kreator di Hollywood sana. Jadi, Threadripper hadir agar dapat para pelaku industri film bisa melakukan render visual effect film-film super keren yang biasa kita tonton, dengan cepat dan efisien. Maka dari itu, seri Threadripper dari Ryzen generasi ketiga ini sementara waktu tidak akan tersedia untuk PC desktop yang umum ataupun PC Gaming.

AMD dan Xbox Series X

Sebagai pembuat chip prosesor, AMD juga bisa dibilang jadi langganan para pembuat konsol. Tahun 2020 ini, AMD bekerja sama dengan Microsoft, untuk menjadi prosesor dari konsol terbarunya yaitu Xbox Series X.

Microsoft menjanjikan bahwa seri terbaru Xbox ini akan menjadi yang terkuat dan juga tercepat. Xbox Series X dikatakan akan mendukung gaming dengan resolusi 8K, frame-rate mencapai 120 fps, dan menjanjikan loading time yang sangat cepat. Maka dari itu mereka menggunakan CPU AMD yang dirancang khusus dengan berbasis kepada arsitektur AMD Zen 2 dan Radeon RDNA, dan melengkapinya dengan SSD NVMe.

Namun, satu kontroversi terjadi saat pengumuman ini di panggung AMD. Ketika itu AMD memamerkan bagian belakang Xbox Series X, yang menunjukan dua port colokan USB-C dan HDMI, serta colokal ethernet. Sayang port colokan itu belum bisa dipastikan. Juru bicara AMD mengatakan kepada The Verge, bahwa Xbox Series X yang ditunjukkan dalam presentasi ternyata menggunakan 3D model buatan pihak ketiga dari website TurboSquid. Jadi, akankah Xbox Series X menyajikan port colokan yang lengkap? Atau mengikuti jalan Apple yang punya hobi menghilangkan port colokan esensial?

AMD memberikan pengumuman yang cukup menjanjikan di tahun 2020. Akankah laptop dengan prosesor AMD jadi lebih menjanjikan daripada laptop dengan prosesor Intel di tahun 2020 ini?