AMD Perkenalkan Ryzen 9 7945HX3D, 3D V-Cache untuk Laptop

AMD mengeluarkan sebush prosesor mobile yang diklaim terkencang saat ini dan memiliki teknologi 3D V-Cache pertama di dunia untuk laptop

Ternyata AMD tidak cukup hanya mengeluarkan teknologi V-Cache pada desktop saja. Pada acara China Digital Entertainment Expo and Conference, AMD mengumumkan prosesor kencang untuk laptop pertama yang menggunakan teknologi AMD 3D v-Cache. Nama dari prosesor tersebut adalah Ryzen 9 7945HX3D.

AMD mengklaim bahwa Ryzen 9 7945HX3D merupakan prosesor mobile gaming tercepat di dunia. Prosesor ini memiliki 16 inti dengan 32 thread dan clock 5,4 GHz pada 2 CCD. TDP yang dimiliki oleh prosesor ini adalah 55 watt dsn bisa dikonfigurasi hingga 75 watt oleh produsen dengan total cache sebesar 145 MB. Prosesor ini juga memiliki tingkat efisiensi saat melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu seperti bermain dan bekerja.

Ryzen 9 7945HX3D sendiri sebenarnya adalah Ryzen 9 7945HX yang L3 cache-nya ditambah menjadi dua kali lipat. Sementara cache L1 dan L2 tetap pada 1MB dan 16MB, cache L3 berubah dari 64MB menjadi 128MB. Prosesor ini juga masih bisa ditingkatkan kinerjanya dengan melakukan overclocking manual atau secara otomatis menggunakan AMD Precision Boost Overdrive.

Oleh karena kinerjanya yang tinggi, tentu saja panas akan menjadi sebuah masalah. Suhu pengoperasian maksimum prosesor ini telah dikurangi hingga 89°C, mirip dengan model V-Cache 3D lainnya. Hal tersebut dikarenakan lapisan memori ekstra mencegah pembuangan panas yang efektif dan mengharuskan prosesor berjalan dengan suhu yang lebih rendah. Jadi seharusnya laptop yang menggunakan prosesor ini, ditambah pendinginan, akan aman dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Prosesor ini juga sudah memiliki grafis terintegrasi dengan teknologi RDNA2. Dengan Radeon 610M, laptop ini nantinya bisa lebih hemat dalam mengerjakan data grafis saat tidak membutuhkan discretei GPU-nya. Radeon 610M yang digunakan memiliki clock 2,2 GHz dengan total 2 core.

Laptop gaming pertama yang bakal menggunakan Ryzen 9 7945HX3D adalah ASUS ROG Scar 17. Laptop ini sendiri rencananya bakal diluncurkan pada tanggal 22 Agustus 2023 mendatang secara global. Laptop ASUS sendiri memiliki ROG Intelligent Cooling yang dikenal memang mampu menurunkan suhu prosesor dan GPU dengan lebih optimal. Laptop ini sepertinya bakalan ditunggu-tunggu oleh para gamers di dunia.

Lalu apakah laptop yang satu ini rencananya akan diluncurkan di Indonesia? Sepertinya ASUS Indonesia belum memiliki rencana tersebut. Jadi kemungkinan besar kita tidak akan bisa merasakan keadalan dari Ryzen 9 7945HX3D.

Sumber: AMD