23 January 2018

by Glenn Kaonang

Altec Lansing Perkenalkan Lini Smart Speaker Google Assistant

Plus true wireless earphone generasi baru

Satu per satu produsen perangkat audio mulai menjajaki segmen smart speaker seiring bertambah agresifnya penetrasi Alexa dan Google Assistant. Tidak terkecuali Altec Lansing, pemain lama yang nyaris bangkrut di tahun 2012 sebelum akhirnya dibeli dan diselamatkan oleh investor bernama Infinity Group.

Di event CES 2018 kemarin, Altec Lansing memperkenalkan lini smart speaker perdananya yang ditenagai Google Assistant. Tidak tanggung-tanggung, lini tersebut langsung diisi oleh tiga produk sekaligus.

Yang pertama adalah GVA1 Live, yang secara konsep mirip seperti Google Home. Meski fisiknya cukup ringkas, di dalamnya tertanam woofer berdiameter 2 inci dan sepasang radiator pasif yang masing-masing juga berukuran 2 inci. Wi-Fi dan Bluetooth pastinya tersedia, demikian juga dengan kapabilitas multi-room.

GVA4 Live at Home / Altec Lansing

Speaker yang kedua adalah GVA4 Live at Home yang berdimensi paling besar. Selain pastinya menawarkan performa audio yang lebih superior, speaker ini juga unik karena dilengkapi Qi wireless charger pada permukaan atasnya โ€“ meski saya pribadi penasaran apakah ponsel yang diletakkan di atasnya tidak terjatuh akibat getaran speaker yang sedang diputar dalam volume cukup keras.

Speaker yang terakhir adalah GVA3 Live To-Go, yang sesuai namanya, dimaksudkan untuk dibawa bepergian. Selain mengemas handle, speaker ini juga tahan air dengan sertifikasi IP67, serta dapat beroperasi selama 10 jam nonstop sebelum baterainya perlu diisi ulang.

Evo True Wireless Earbuds - MZX658

Di samping lini smart speaker, Altec Lansing juga memanfaatkan expo teknologi terbesar itu untuk mengungkap true wireless earphone generasi terbarunya, yang dari gambarnya saja sudah kelihatan jauh lebih menarik ketimbang percobaan pertama mereka.

Dukungan voice assistant tentu saja tersedia, demikian pula dengan body tahan air bersertifikasi IPX6. Baterainya dapat bertahan selama empat jam, dan charging case-nya bisa menyuplai hingga empat kali lagi. Yang cukup unik, charging case-nya ini kompatibel dengan Qi wireless charger, sehingga pengguna benar-benar tidak perlu berhadapan dengan kabel sama sekali.

Keempat produk baru ini dijadwalkan hadir tahun ini juga, tapi belum dipastikan kapan. Harganya masing-masing adalah sebagai berikut: $100 untuk EVO MZX658, $130 untuk GVA1 Live, $150 untuk GVA3 Live To-Go dan $200 untuk GVA4 Live at Home.

Sumber: The Verge.