Esports Ecosystem

Belajar dari Putut Maulana, Alex Marquez Juara MotoGP Virtual Race

30 Mar 2020 | Akbar Priono
Usai dilaksanakan, Alex Marquez Juara MotoGP Virtual Race. Menariknya, Alex belajar dari Putut Maulana dalam melakukan balapan di MotoGP 19.

Balap MotoGP Virtual telah usai diselenggarakan hari Minggu 29 Maret 2020 kemarin. Balapan ini sendiri merupakan dampak dari pandemi COVID-19, yang membuat GP Qatar, Thailand, America, serta Argentina dibatalkan gara-gara kebijakan larangan berkumpul yang diterapkan oleh berbagai negara di dunia. Satu yang menarik adalah, balap MotoGP virtual ini bukan seperti MotoGP Esports biasanya, yang diikuti oleh para gamers.

Diselenggarakan oleh promotor MotoGP, Dorna Sports, balapan virtual ini diikuti langsung oleh para pembalap MotoGP betulan seperti Marc Marquez, Fabio Qaurtararo, ataupun Alex rins. Bahkan, Valentino Rossi tadinya akan mengikuti balapan ini, sayang ia tidak jadi ikut karena alasan yang tidak disebutkan.

Menariknya lagi, tak hanya mendominasi di balap MotoGP dunia nyata, tapi keluarga Marquez ternyata juga jagoan dalam balap MotoGP virtual. Kalau kakaknya mendominasi dengan memenangkan 4 gelar juara MotoGP, adiknya kini Alex Marquez kini mendominasi balapan virtual dalam pertandingan yang menggunakan game MotoGP 19.

“Saya senang sekali bisa memenangkan balapan pertama saya! Saya menikmati kompetisi balapan virtual ini, dan saya harap semua orang yang menonton juga turut menikmatinya.” ucap Alex Marquez. Mengutip dari reuters.com, Alex Marquez ternyata banyak pelajar dari pembalap MotoGP esports asal Indonesia Putut Maulana, untuk mengikuti balapan MotoGP virtual ini.

Putut bercerita kepada Hybrid, bahwa Alex benar-benar secara spontan mengontak dirinya, dan menanyakan tips seputar MotoGP 19. “Iya, Alex tiba-tiba saja mengontak saya, mungkin dia ingat saya pakai Honda dalam pertandingan esports tahun kemarin..haha.” ucap Putut.

Sumber: Twitter @HRC_MotoGP
Alex Marquez (kiri) rekan satu tim kakaknya pada tim Repsol Honda team, yang tak hanya jago balap di aspal, tapi juga jago balap di game MotoGP 19. Sumber: Twitter @HRC_MotoGP

Lebih lanjut, Putut lalu membagikan beberapa tips yang ia ketahui seputar balapan MotoGP 19. “Waktu ngobrol sama Alex, saya cuma memberi tips untuk menghindari curbs (pembatas tikungan trek balap MotoGP), karena kalau di dalam game hal tersebut lebih berbahaya. Juga saya sharing sedikit soal setup motor di dalam game, seperti suspensi, steering, gear, dan lain sebagainya.”

Satu yang mungkin tak banyak diketahui banyak orang, Alex ternyata juga seorang gamers, alhasil bermain MotoGP 19 seperti hanya butuh sedikit penyesuaian saja bagi dirinya. “Saya sempat kaget, ternyata Alex memang jago main MotoGP 19. Memang saya juga pernah dengar cerita dari Marc bahwa Alex dulu jago dan hobi bermain game.” Putut sedikit menceritakan soal Alex Marquez.

Sumber: LCR Honda Official Page
Putut Maulana, sosok pembalap MotoGP Esports yang ternyata gaung namanya sampai kepada pembalap MotoGP sekelas Alex Marquez. Sumber: LCR Honda Official Page

Lucunya, sang kakak Marc Marquez, malah tabrakan dan tidak berhasil sampai ke garis finish pada balapan tersebut. “Memang butuh gaya yang berbeda untuk balap seperti ini. Jadi saya harus sedikit beradaptasi dengan strategi saya biasanya selama balapan. Namun, balapan ini terasa menyenangkan, dan saya sangat bahagia memberi sesuatu kepada para penggemar.” ucapnya kepada reuters.

Walau balap MotoGP harus terhenti karena pandemi COVID-19, namun game MotoGP 19 menunjukkan bahwa esports balap Sim Racing bisa menjadi alternatif yang baik, tanpa mengurangi keseruan serta adrenalin balapan yang sesungguhnya.