Gaming News

Aksi Eksplosif Hadir dalam Rainbow Six: Siege Lewat Operation Ember Rise

21 Aug 2019 | Ayyub Mustofa
Operator baru, Battle Pass, hingga perubahan antarmuka akan membuat Rainbow Six: Siege semakin segar.

Update yang ditunggu-tunggu para penggemar Rainbow Six: Siege akhirnya tiba! Konten Year 4 Season 3 yang mengusung nama Operation Ember Rise akan hadir di bulan September 2019 nanti, dan bersamanya ada segudang perombakan yang mungkin akan memunculkan banyak perdebatan. Tapi di sisi lain, Ubisoft juga menghadirkan elemen-elemen gameplay yang baru dan segar. Dijamin akan membuat pengalaman bermain Anda terasa berbeda dari musim sebelumnya.

Seperti yang sudah-sudah, kali ini kita akan membahas apa saja konten di dalam Operator Ember Rise. Ditemani dengan analisis oleh Bobby Rachmadi Putra dari Rainbow Six Indonesia Community (R6 IDN), artikel ini bisa jadi referensi Anda untuk mempersiapkan diri sebelum Operation Ember Rise diluncurkan. Tak usah basa-basi lagi, langsung saja kita bedah update terbaru ini.

Operator: Amaru (Attacker)

Rainbow Six Siege - Amaru
Sumber: Ubisoft

Operation Ember Rise menghadirkan dua karakter alias Operator baru dari dua negara asal berbeda. Pertama adalah Azucena Rocío Quispe, prajurit berkebangsaan Peru yang memegang peran sebagai Attacker.

Operator dengan nama panggilan “Amaru” ini punya karakteristik yang cukup seimbang. Stat Speed dan Armor miliknya sama-sama berada di angka 2, dengan pilihan primary weapon berupa light machine gun G8A1 atau pump action shotgun Supernova. Untuk secondary weapon, tersedia pump action shotgun ITA2S dan machine pistol SMG-11, memastikan Anda selalu siap bermain agresif setiap saat.

Gadget unik milik Amaru adalah Garra Hook, yaitu grappling hook yang memungkinkannya memanjat dinding, jendela, hatch, atau skylight dengan sangat cepat. Kedatangan Amaru akan membuat permainan vertikal dalam Rainbow Six: Siege semakin panas!

Menanggapi perilisan Amaru, Bobby berkomentar, “Amaru ini bakalan ngebikin meta baru untuk breaching objective sih. Cuman karena suara gadget-nya agak berisik, kemungkinan bisa ke-counter. Metanya bener-bener jadi luas banget dengan adanya Operator yang fleksibel seperti Amaru ini.”

Operator: Goyo (Defender)

Rainbow Six Siege - Goyo
Sumber: Ubisoft

Operator kedua yang akan hadir di Y4S3 adalah César Ruiz Hernández, alias “Goyo”, yang berasal dari Meksiko. Sebetulnya penamaan update oleh Ubisoft ini cukup menarik. Bila kata “Rise” diwakili oleh Amaru yang ahli memanjat, kata “Ember” menggambarkan gaya permainan Goyo yang akan membuat medan tempur semakin membara.

Gadget unik Goyo adalah Volcán Shield, tameng deployable yang berbeda dari tameng biasa. Apa bedanya? Tameng ini dilengkapi dengan jebakan berupa bom api yang akan membakar area sekitarnya bila terkena tembakan. Bila ada musuh yang berada di dekat Volcán Shield atau sedang berusaha memanjatnya, itulah saat yang tepat bagi Goyo atau teman setimnya untuk mengaktifkan jebakan.

Goyo dibekali primary weapon berupa submachine gun Vector .45 ACP dan semi-automatic shotgun TCSG12. Secondary weapon miliknya hanya ada satu, yaitu pistol P229. Dengan 2 poin di stat Speed dan Armor, Goyo akan menjadi Defender yang banyak bergerak serta banyak terlibat baku tembak dengan tim lawan.

“Kalau Operator ini sih udah pasti ngebikin meta baru Defender ya! Sama aja kayak Mira Operator Goyo ini. Kenapa? Karena Goyo ini bakalan hold kuat defend objective dengan men-delay waktu breaching Attacker ke dalam side. Buang-buang waktu gitu lo sama nge-block akses utama dari Attacker untuk masuk ke side,” papar Bobby, “Dua Operator ini kalau sudah bisa digunakan dalam competitive R6S scene bakalan game changing banget dari segala arah strategi yang sudah ada pastinya.”

Battle Pass, Yes or No?

Mungkin aspek paling kontroversial dari Y4S3 adalah munculnya Battle Pass. Rainbow Six: Siege sudah mengandung transaksi mikro dan Year Pass, mengapa harus ada Battle Pass lagi? Pihak Ubisoft berkata bahwa tujuan dari diadakannya Battle Pass adalah memberikan imbalan bagi penggemar yang rajin memainkan Rainbow Six: Siege.

Operation Ember Rise menghadirkan Battle Pass Phase 1, atau disebut juga sebagai Mini Battle Pass. Battle Pass ini sepenuhnya gratis, hanya berlaku selama 7 hari, dan hanya memiliki 7 tier/level. Setiap tier tentunya menawarkan imbalan berbeda-beda, dengan imbalan tier 7 berupa charm spesial Harry Pandey.

Sementara di Year 4 Season 4 nanti, Ubisoft akan menghadirkan Battle Pass “sungguhan” atau yang disebut sebagai Battle Pass Phase 2. Mirip sistem di beberapa game lain, misalnya Mobile Legends: Bang Bang dan Apex Legends, pemain akan mendapatkan berbagai imbalan secara gratis. Akan tetapi untuk mereka yang berminat, tersedia opsi Premium Battle Pass dengan imbalan yang lebih banyak.

Apakah adanya Battle Pass merupakan hal baik atau malah buruk? Bobby berpendapat, “Nah soal Battle Pass nih, kalau dari opini saya sih Battle Pass ini bagus untuk nambah aktivitas kita di dalam game. Tapi karena kata ‘Battle Pass’ ini sudah rusak, dalam artian sudah banyak game yang merusak nama dari fitur ini, jadinya banyak orang yang berkesan Battle Pass ini akan sama dengan Battle Pass yang sudah ada di game lain, selain R6S.”

Lanjutnya lagi, “Kalau dari sisi Ubisoft, Ubi sangat ingin sekali men-deliver konten baru mereka berupa komik cerita lore dari Operator-Operator baru, yang sejak awal tahun ini dan ke depannya para Operator akan dipimpin oleh ‘The New Six’ yaitu Harry Pandey. Dengan Battle Pass ini Ubisoft ingin memberi konten eksklusif untuk yang membeli Battle Pass premium, tanpa adanya paksaan harus membeli Battle Pass itu sendiri. Tapi ya mau gimana lagi, karena nama Battle Pass sendiri sudah jelek dari segala arah makanya banyak orang yang ranting soal Battle Pass ini.”

Playlist Baru: Unranked

Fitur baru lainnya yang hadir di Operation Ember Rise adalah playlist bernama Unranked. Apa bedanya dengan Casual? Bedanya, Unranked menerapkan semua map dan kondisi yang ada di mode Ranked, termasuk fase Pick & Ban. Akan tetapi bermain di Unranked tidak akan mempengaruhi nilai MMR.

Playlist ini cocok untuk orang-orang yang ingin membiasakan diri dengan cara kerja mode Ranked, atau suka bermain lebih kompetitif namun sedang ingin santai tanpa takut kehilangan MMR. Meski tidak mempengaruhi MMR, perlu diingat bahwa peraturan di Unranked sama dengan Ranked. Jadi perilaku buruk dan sanksi yang Anda dapat di Unranked juga akan diterapkan di Ranked.

Selain playlist baru, rotasi playlist dalam Rainbow Six: Siege pun mengalami perubahan yang cukup drastis. Jumlah map di Casual dikurangi dari 20 menjadi 14 map. Sementara jumlah map di Ranked/Unranked dikurangi dari 14 menjadi 12 map. Khusus untuk Casual, setiap bulannya akan ada 3 map yang dirotasi.

Rainbow Six Siege - New Ranked Playlist
Playlist Ranked kini memiliki 12 map | Sumber: Ubisoft

Tujuannya dikuranginya jumlah map ini adalah agar pemain bisa lebih mudah mengenali dan menghafal map yang mereka mainkan. Ubisoft juga menerapkan beberapa perubahan lain, seperti night mode yang kini hanya bisa muncul di Custom Game, perombakan map Kanal, serta penarikan map Theme Park karena akan dirombak di Season 4.

Champion Rank, Tempat Unjuk Gigi

Selama ini peringkat Ranked tertinggi di Rainbow Six: Siege adalah Diamond, akan tetapi hal itu segera berubah. Ubisoft menyediakan peringkat baru, yaitu Champion, yang dianugerahkan pada para pemain setelah mereka berhasil mencapai 5000 MMR.

Menariknya lagi, 9999 pemegang titel Champion dengan nilai MMR tertinggi akan memperoleh penanda khusus yang menunjukkan peringkatnya. Memiliki profil dengan peringkat #1 Champion, selain punya gengsi tinggi, pastinya juga akan menebarkan rasa takut kepada lawan-lawan Anda.

Perombakan Antarmuka

Dengan semakin banyaknya jumlah Operator di Rainbow Six: Siege, Ubisoft perlu memfasilitasi tampilan agar lebih efisien. Kini setiap Operator tampil di layar dengan potret wajah masing-masing, dilengkapi ikon yang menunjukkan gadget unik miliknya. Ubisoft juga menerapkan navigasi tombol baru sehingga kita dapat berpindah halaman dengan lebih cepat.

Rainbow Six Siege - New Operator Menu
Sumber: Ubisoft

Satu halaman menu baru diciptakan, yang bernama “Previous Year’s Operators”. Dengan menu ini, pemain bisa langsung melihat para Operator yang ada di bundel-bundel Year Pass yang telah lalu, dan memiliki pilihan untuk membeli bundel tersebut. Tampilan Shop juga mengalami perubahan, di mana kini kita bisa melihat preview animasi sebuah skin Elite sebelum membelinya.

Skin Baru: Mira Elite Set

Elite Set baru yang muncul di Y4S3 ini adalah Elite Set untuk Mira, dengan nama seragam “Inspiración”. Diceritakan bahwa seragam ini adalah seragam yang digunakan oleh nenek Mira dulu, dan tampaknya Ubisoft mengambil inspirasi dari seragam tentara Spanyol saat era perang sipil di tahun 1930an.

Mira Elite Set terdiri dari seragam Inspiración, animasi kemenangan, skin untuk gadget Black Mirror, skin untuk senjata Vector .45 ACP, ITA12L, USP40, dan ITA12S, serta Elite Mira Chibi Charm.

Operation Ember Rise juga menghadirkan beberapa weapon skin musiman baru yang terinspirasi dari budaya Amerika Selatan (suku Aztec dan suku Inca). Skin musiman ini dapat dibeli sepanjang Year 4 Season 3, dan dapat diterapkan pada semua senjata.

Operator Balance, dan Perubahan Lainnya

Operator-Operator lama di Rainbow Six: Siege turut mendapat perubahan bersama hadirnya Operation Ember Rise. Selain hal-hal mendetail seperti perubahan damage atau ukuran magasin karakter tertentu, perubahan paling mencolok adalah pergantian gadget. Tidak main-main, ada 11 Operator yang mendapat pergantian gadget musim ini, yaitu:

  • Smoke: Impact Grenade diganti dengan Deployable Shield
  • Rook: Deployable Shield diganti dengan Barbed Wire
  • Jager: Deployable Shield diganti dengan Bulletproof Camera
  • Frost: Barbed Wire diganti dengan Deployable Shield
  • Mira: Deployable Shield diganti dengan Barbed Wire
  • Lesion: Deployable Shield diganti dengan Bulletproof Camera
  • Maestro: Deployable Shield diganti dengan Impact Grenade
  • Warden: Impact Grenade diganti dengan Deployable Shield
  • Dokkaebi: Stun Grenade diganti dengan Frag Grenade
  • Glaz: Claymore diganti dengan Frag Grenade
  • Nokk: Stun Grenade diganti dengan Claymore

Melihat perubahan-perubahan di atas, tampaknya akan banyak Operator yang mengalami pergeseran gaya bermain. Sebagian bisa bermain lebih agresif, sementara sebagian lainnya akan lebih kuat bermain defensif. Apakah ada Operator andalan Anda yang terkena pergantian gadget ini? Dan bila Ada, seberapa jauhkah hal itu mempengaruhi gameplay?

Masih ada berbagai perubahan lainnya yang akan hadir di Operator Ember Rise. Bisa dibilang, kehadiran Year 4 Season 3 ini benar-benar membuat Rainbow Six: Siege berevolusi ke sebuah era baru. Untuk catatan perubahan lengkapnya, Anda dapat mengunjungi situs resmi Rainbow Six: Siege lewat tautan berikut. Jangan lupa pantau terus Hybrid dan R6 IDN untuk berita terbaru seputar Rainbow Six: Siege.

Sumber: Ubisoft

Disclosure: Hybrid adalah media partner dari R6 IDN (Rainbow Six: Siege Indonesia Community)