Dark
Light

Akhir Januari, Apple Pensiunkan iTunes Radio

1 min read
January 18, 2016

Apple sudah punya layanan streaming musiknya sendiri, lengkap beserta siaran radio langsung Beats 1. Lalu bagaimana dengan nasib iTunes Radio, layanan yang mereka perkenalkan pertama kali di tahun 2013? Well, mulai tanggal 28 Januari besok, layanan tersebut akan resmi dipensiunkan.

Menurut Apple, alasannya adalah layanan Apple Music sudah punya fitur yang sangat mirip dengan iTunes Radio. Utamanya adalah menyusun playlist berdasarkan genre atau musisi dengan style yang serupa. Dengan demikian, mengapa harus ada iTunes Radio kalau Apple Music sendiri sudah bisa menawarkan segala kelebihannya?

Saya pribadi agak bingung dengan deretan layanan seputar musik yang dimiliki Apple. Kalau ingin mendengarkan program khusus seperti interview eksklusif, saya akan membuka Beats 1. Kalau saya ingin menemukan musik-musik baru, saya tinggal membuka Apple Music. Jika dipikir-pikir, saya hampir tak pernah menggunakan iTunes Radio semenjak Apple Music diluncurkan.

Diberhentikannya iTunes Radio ini jelas akan mengurangi rasa bingung yang melanda pengguna-pengguna seperti saya. Apple Music sebenarnya sudah merupakan layanan streaming musik dengan fitur yang cukup lengkap untuk ukuran Rp 69 ribu per bulan. Dan kalau Anda keberatan membayar, Beats 1 masih bisa diakses tanpa harus berlangganan.

Kendati demikian, kabar ini bakal terdengar kurang mengenakkan buat pelanggan iTunes Match, layanan penyimpanan musik berbasis cloud dari Apple. Selama ini, mereka mendapat bonus akses ke iTunes Radio tanpa ada sisipan iklan sama sekali. Kalau iTunes Radio dihentikan, sama saja mereka kehilangan bonusnya.

Sumber: MacRumors dan Ars Technica.

Previous Story

Finggo, Sticker Buatan Lokal dengan Karakter Jari Lucu dan Menggemaskan

Next Story

Aplikasi Microsoft Selfie untuk iOS Diguyur Ikon dan Fitur Baru

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Kenapa-Apple-iPhone-16-Pro-dan-iPhone-16-Pro-Max-Perbandingan-dan-Fitur-Terbarunya

Yakin Mau Beli Apple iPhone 16 Pro Series? Perbandingan dan Fitur Terbarunya

Apple sekali lagi berhasil membuat para penggemar teknologi terkesima lewat
Fitur-Baru-Apple-iPhone-16-dan-iPhone-16-Plus,-Harga-dan-Perbedaannya

Fitur Baru Apple iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, Harga dan Perbedaannya

Sudah lama dinanti, akhirnya teka-teki seputar iPhone generasi terbaru terjawab