Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

AESF Jalin Kerja Sama dengan Coventry University untuk Kembangkan Kurikulum Esports

8 July 2020Narendra Soejoedi

Berkembangnya industri esports dengan pesat secara global memerlukan juga pendekatan yang lebih komprehensif

Beberapa waktu yang lalu, Asian Electronic Sports Federation atau yang lebih mudah disingkat menjadi AESF mengumumkan kerja samanya bersama universitas kenamaan dari Inggris, Coventry University. Kerja sama yang dijalin antara federasi esports Asia dan institusi pendidikan menandakan penerimaan yang positif akan perkembangan esports sebagai industri global.

Semenjak didirikan AESF menjalankan komitmen dan visi akan perkembangan esports global di masa depan. Adapun kerja sama yang dijalin antara AESF dan Coventry University secara garis besar akan mencakup pengembangan kurikulum dan juga pendekatan manajemen untuk industri esports.

Dalam keterangannya, Kenneth Fok, selaku Presiden AESF menyatakan, “kerja sama ini tidak hanya akan bermanfaat bagi atlet esports saja, tetapi juga stakeholer lainnya di industri esports.”

Kenneth Fok | via: coventry.ac.uk
Kenneth Fok | via: coventry.ac.uk

Lebih jauh lagi, bagi pelajar yang memilih konsentrasi topik esports  untuk studinya akan mendapatkan kesempatan untuk turut serta menghadiri event-event yang digagas oleh AESF ataupun masih berada di bawah lingkupnya.

Dalam waktu dekat akan digelar seri pembelajaran webinar yang dikelola oleh Coventry University bersama dengan AESF. Nantinya webinar akan dipimpin langsung oleh Sebastian Lau, sebagai Director General dari AESF.

AESF bersama dengan Coventry University berencana untk menjalankan inisiatif studi dan penelitian yang berfokus ke beberapa hal yang terkait dengan industri esports. Sebagai industri yang baru dan masih terus berkembang dengan dinamis, sampai saat ini sangat diperlukan sebuah studi komperehensif mengenai good governance di dalam ekosistem esports global.

Sayangnya, seperti pada olah raga tradisional lainnya, seringkali esports juga berada di bawah bayang-bayang permasalahan match fixing. Permasalahan match fixing menjadi fenomena yang membandel dan pernah menjadi sorotan saat terjadi di level kompetisi profesional.

via: aesf.com
via: aesf.com

Jika ditilik dari sisi akademis, kerja sama yang terjalin akan berguna untuk merumuskan kursus dan pembelajaran yang lebih relevan dengan situasi yang nyata di industri esports. Pengalaman dan insight dari AESF akan menjadi bahan pembelajaran yang sangat penting bagi institusi pendidikan seperti Coventry University.

Sesuai dengan tanggapan dari Dr Simon Gérard, Course Director, MSc Sport Management, Coventry University, “kami merasa bangga dapat melakukan kerja sama jangka panjang bersama AESF, yang dapat memberikan pengalaman luar biasa bagi pelajar kami,”

 

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV