5 January 2016

by Yoga Wisesa

Activision Blizzard Konfirmasi Akusisi Organisasi Esport Major League Gaming

Major League Gaming akan terus mengoperasikan platform MLG.tv, MLG Pro Circuit dan GameBattles seperti biasa.

Esport ialah hal besar, dan para pemain di industri melihat bahwa perkembangan ranah olahraga elektronik akan terus meroket. Sebagai salah satu nama raksasa, sejak beberapa bulan silam Activision sudah mengambil ancang-ancang untuk turut berkiprah di sana. Mereka mendirikan divisi khusus, sembari menunjuk mantan CEO ESPN Steve Bornstein buat memimpinnya.

Meneruskan upaya mereka, sang publisher memutuskan buat mengambil satu langkah besar. Activision Blizzard dilaporkan telah mengakuisisi Major League Gaming. Bagi gamer, nama MLG tidak asing lagi di telinga, ia merupakan sebuah organisasi yang mempionirkan esport. Laporan awal muncul di akhir minggu kemarin, kemudian dikonfirmasi lewat press release dari Activision.

Melalui pembelian ini, Activision mencoba mengembangkan sayap ke eskosistem liga-liga gaming profesional. CEO Bobby Kotick menyampaikan, mereka berkeinginan untuk menciptakan 'ESPN-nya esport', sembari menemukan cara baru buat 'menghargai para pemain serta kemampuan yang mereka miliki, dan sebagai dedikasi serta komitmen pada dunia gaming.'

Lalu bagaimana dengan struktur MLG sendiri? Sebelumnya ada berita yang mengindikasikan bahwa CEO MLG Sundance DiGiovanni akan digantikan. Namun berdasarkan lembar rilis pers, ia sepertinya tidak akan meninggalkan posisi tersebut. Activision Blizzard tetap mengandalkan DiGiovanni dan co-founder Mike Sepso buat menahkodai MLG.

Misi mereka adalah meneruskan kerja keras selama 12 tahun agar esport bisa menjadi lebih mainstream lewat pembuatan serta penyiaran konten premium, mengelola event global, serta memperluas distribusi. Major League Gaming akan terus mengoperasikan platform MLG.tv, MLG Pro Circuit dan GameBattles. Daftar publisher serta partner juga tidak berubah.

Activision Blizzard tidak mengungkap jumlah uang yang mereka keluarkan demi mengakuisisi hampir seluruh aset bisnis MLG, tapi dari artikel Esport Observer di tanggal 1 Januari 2016, angkanya mencapai US$ 46 juta.

Bermarkaskan di Kota New York, Major League Gaming didirkan pada tahun 2002 oleh DiGiovanni dan Sepso. Sejak saat itu, mereka mengadakan turnamen-turnamen video game, bahkan sempat berkecimpung di bidang produksi acara TV serta pengembangan permainan. Bermacam-macam judul MLG pertandingkan, dari mulai League of Legends, Mortal Kombat, Soul Calibur V, King of Fighters XIII, Dota 2, Smite, sampai Call of Duty.

Boleh jadi, karena mereka sudah menjadi milik Activision Blizzard, permainan-permainan Activision dan Blizzard Entertainment mungkin akan lebih sering dipertandingkan.

Via Games Industry. Sumber: Activision. Header: Wikipedia.