20 January 2023

by Dimas Galih W.

Acer Pamerkan Laptop Swift, Nitro, dan Helios Baru dengan Intel Core Generasi ke 13

Di tahun 2023, Acer bakal meluncurkan banyak laptop baru yang menggunakan Intel Core Generasi ke 13 untuk laptop consumer dan gaming

Consumer Electronic Show atau CES 2023 baru saja selesai. Pada acara tersebut, cukup banyak vendor yang mengumumkan apa saja yang akan dikeluarkan pada tahun 2023. Sama halnya dengan Acer yang pernah mengumumkan kehadiran Nitro dan Predator barunya. Dan ternyata selain Predator Helios dan Nitro, Acer memiliki lini Swift baru yang akan muncul di Indonesia.

Semua laptop yang akan diluncurkan pada tahun 2023 tentunya akan menggunakan Intel Core generasi ke 13. Untuk seri Swift, Acer akan menggunakan prosesor baru tersebut dari lini H dan bukan U. Hal ini akan membuat TDP-nya naik dari 28 watt menjadi 45 watt. Pada seri ini, Acer akan mengeluarkan setidaknya 3 varian di Indonesia.

Yang pertama adalah Acer Swift 14 yang merupakan model klasik dari Swift. Perangkat ini nantinya ditujukan untuk para millenials, profesional, serta para eksekutif perusahaan yang membutuhkan laptop tipis dengan kinerja tinggi. Sang penerus dari Swift 5 ini menggunakan pendingin TwinAir generasi baru sehingga mampu meredam panas dari prosesor. Perangkat ini juga menggunakan bahan Aerospace sehingga terlihat premium.

Selain dari prosesornya, Acer juga mengganti kameranya ke 1440p QHD camera sehingga terlihat lebih tajam. Layarnya juga sudah memakai Corning Gorilla Glass Antibacterial. Dan perangkat ini memiliki sertifikasi EVO baru yang menyertakan Intel Unison untuk tersambung dengan smartphone.

Yang kedua adalah Acer Swift X 14 yang menawarkan laptop tipis dengan dedicated graphics didalamnya. Perangkat ini menawarkan GPU hingga NVidia GeForce RTX 4050 dengan NVidia Studio. Untuk layarnya, laptop yang satu ini sudah menggunakan OLED dengan 100% DCI-P3. Laptop ini sendiri diklaim lebih rapat saat tertutup dibandingkan dengan Swift X 2022.

Swift terakhir adalah Acer Swift Go yang ditujukan untuk pengguna umum yang suka bekerja di mana saja. Laptop ini tersedia dengan dimensi 14 inci serta 16 inci yang menggunakan OLED. Acer mengklaim bahwa laptop ini juga memiliki dimensi yang lebih ramping dari sang pendahulunya, Acer Swift 3.

Pada laptop gaming, Acer memperkenalkan Predator Helios 16 dan 18 baru. Lini baru ini juga akan menggunakan Intel Core i9 Generasi ke 13 pada seri HX. GPU yang dipakai juga menggunakan NVidia GeForce RTX terbaru. Resolusi layarnya menggunakan WQXGA dengan refresh rate hingga 250 Hz.

Selanjutnya adalah Nitro 16 dan 17 yang juga menjadi highlight di tahun 2023. Laptop ini akan hadir dengan prosesor Intel generasi ke 13 dan AMD Ryzen 7000. Sayangnya tidak diketahui laptop ini bakal menggunakan apa pada saat diluncurkan di Indonesia. Namun yang pasti, laptop ini nantinya bakal menyediakan slot microSD karena banyaknya permintaan dari konsumen.