22 October 2022

by Dimas Galih W.

Acer Aspire Vero AV15-41 dengan Alder Lake Diluncurkan di Indonesia, Laptop Ramah Lingkungan

Memiliki laptop Acer Aspire Vero yang menggunakan bahan daur ulang berarti menolong bumi dalam mengurangi sampah plastik

Acer meluncurkan kembali laptop mereka yang menggunakan material ramah lingkungan. Laptop tersebut kali ini berasal dari kelas Aspire, dengan nama Acer Aspire Vero AV15-41. Acara peluncuran ini diadakan pada hari Kamis tanggal 20 Oktober 2022 yang bertempat di Kafe GreyHound Menteng.

“Kehadiran laptop eco-friendly Acer Aspire Vero generasi terbaru merupakan wujud komitmen Acer dalam pengembangan produk yang berkelanjutan. Sebagai brand laptop pertama yang secara konsisten melakukan inovasi produk ramah lingkungan melalui lini Vero, kami yakin Acer Aspire Vero dapat menjadi laptop pilihan untuk mereka yang siap memulai langkah melestarikan sekaligus memberikan manfaat bagi lingkungan lewat aksi nyata sayang bumi,” ujar Fransisca Maya, Head of Marketing Acer Indonesia.

Komponen laptop Acer Aspire Vero AV15-41 sebagian besar terbuat dari material yang ramah lingkungan. Pada bagian sasis dan bingkai layar, Acer menggunakan plastik PCR sebanyak 30%, sementara pada bagian keyboard terdapat 50% elemen plastik PCR yang menghemat sekitar 21% emisi lingkungan dari penggunaan plastik murni. Kotak paket penjualannya sendiri juga menggunakan 90% bahan daur ulang dan bisa diubah menjadi sebuah kotak penyimpanan. Untuk bagian software, VeroSense yang dapat memperpanjang usia baterai dan menghemat penggunaan listrik.

Kemasan laptop dan lembaran keyboard Vero terbuat dari polyester daur ulang. Polyester daur ulang memiliki keunggulan dibandingkan LDPE karena terbuat dari botol PET daur ulang dan bukan bahan baru. Ini mengurangi jumlah energi yang digunakan dalam produksi dan menghilangkan botol plastik dari lingkungan.

Laptop Aspire Vero generasi terbaru memakai Intel Core Generasi ke-12 i5-1235U. Prosesor ini total 10 Core (2P Core + 8E Core), 12 threads dan frekuensi Turbo 4.40 GHz. GPU yang digunakan adalah Intel Iris Xe Graphics. Laptop ini menyediakan RAM dual channel 8GB LPDDR4X dan penyimpanan internal berupa SSD NVME Gen4 dengan kapasitas 512 GB yang bisa di-upgrade dengan mudah. Selain itu Aspire Vero memiliki layar IPS berukuran 14 inci dengan resolusi Full HD yang didukung 100% sRGB.

Laptop ini memiliki spesifikasi sebagai berikut

SpesifikasiAcer Aspire Vero AV15-41
ProsesorIntel Core i5-1235U (2P + 8E) 12 Threads 1,3 GHz Turbo 4,4 GHz
GPUIntel Iris Xe 80EU
RAM8 GB LPDDR4X 2666 Dual Channel
Storage512 GB PCIe NVMe
Layar14 inci 1920 x 1080
WiFi802.11 ax atau WiFi 6e
Bobot1,5 kg
Sistem operasiWindows 11 Home
Dimensi328.67 x 223.57 x 17.9 mm
Baterai3 cell 65 Wh

Acer Aspire Vero 14” (AV15-41) bisa didapatkan melalui penjualan online di Acer eStore, ecommerce, ataupun jaringan penjualan Acer dengan harga Rp 10.699.000Pelanggan akan mendapatkan perlindungan ekstra 1 (satu) tahun Accidental Damage Protection (ADP) dan garansi servis 3 (tiga) tahun. Acer sudah melengkapi laptop ini dengan sistem operasi Windows 11 Home dan Microsoft Office Home & Student 2021.

Benchmark di tempat

Tidak lengkap rasanya jika saya datang ke acara Acer tanpa mengetahui seberapa baik perangkat ini untuk digunakan. Memang perangkat ini menggunakan sampah plastik yang didaur ulang, namun hal tersebut tidak berarti kualitas dan performanya ikut-ikutan "sampah". Dengan menggunakan prosesor terbaru dari Intel berarti sudah memastikan perangkat ini bisa berjalan dengan kencang.

Sayang memang, satu-satunya yang menurut saya kurang adalah kapasitas RAM yang hanya 8 GB. Dan RAM tersebut tidak upgradeable karena sudah tertanam pada motherboard-nya. Untungnya, SSD NVMe yang terpasang masih bisa diganti dengan kapasitas yang lebih besar.

Pada kesempatan kali ini, saya hanya bisa melakukan pengujian dengan menggunakan 4 software benchmark saja. Hal tersebut pun hanya bisa menguji kinerja prosesor serta storeage NMMe-nya. Berikut adalah hasilnya

Acer pun berjanji untuk mengirimkan unit review kepada saya. Oleh karena itu, saya berjanji akan mengulas laptop ini dengan lebih lengkap saat mendapatkan unit tersebut. Jadi, tunggu saja kehadiran perangkat yang satu ini hanya di Hybrid.