Gadget News
for SEO
Gadget News

5 Peningkatan Utama Yang Dibawa OPPO A96 Dibanding Pendahulunya

13 April 2022Lukman Azis

Dibandingkan OPPO A95, OPPO A96 membawa berbagai peningkatan seperti refresh rate lebih tinggi dan tipe chipset lebih baru

OPPO A96 tiba di Indonesia pada tanggal 7 April kemarin, ia merupakan penerus OPPO A95 dan tampil sebagai model tertinggi dari lini smartphone OPPO seri A. Seperti pendahulunya, OPPO A96 mewarisi bahasa desain ikonik OPPO Glow yang membuatnya tidak hanya terlihat menawan namun juga nyaman digunakan, bebas sidik jari dan tahan goresan.

Selain itu, OPPO A96 mengusung desain kamera belakang baru yang mirip seperti perangkat Reno dan hadir dalam balutan warna Pearl Pink atau Starry Black. Ia juga punya bodi yang tahan debu dan air dengan sertifikasi IPX4, desain bingkai tengah tipis tiga dimensi sehingga nyaman digenggam satu tangan, dengan Side Fingerprint Unlock untuk buka kunci secara instan.

Dilepas dengan harga Rp4.299.000, berikut beberapa peningkatan yang dibawa oleh OPPO A96 dibandingkan OPPO A95.

1. Refresh Rate Tinggi 90 Hz

Dari segi layar, OPPO A96 mendapat peningkatan dan juga penyesuaian. Ukuran layarnya lebih besar, dari 6,4 inci menjadi 6,59 inci dengan resolusi yang sama FHD+. Layar OPPO A96 juga didukung refresh rate lebih tinggi, dari 60 Hz menjadi 90 Hz yang meningkatkan pengalaman pengguna secara menyeluruh terutama saat bermain game.

Refresh rate 90 Hz tersebut bersifat adaptif yang dapat secara otomatis mengatur kecepatan refresh rate berdasarkan kebiasaan pengguna dan konten yang ditampilkan, sehingga penggunaan dayanya tetap rendah. Namun panel yang digunakan bukanlah AMOLED seperti OPPO A95 melainkan tipe IPS yang mendukung wide color gamut 95% NTSC sehingga tampilan layar lebih nyata dan kaya warna.

2. Dual Speaker

Untuk menghadirkan pengalaman hiburan yang imersif, OPPO A96 juga dilengkapi speaker dan mikrofon ganda, serta didukung teknologi audio Dirac HD yang dapat menghasilkan keluaran suara stereo dengan detail jernih dan bass yang mendalam. Hasilnya pengalaman nonton film atau bermain game di OPPO A96 terasa lebih asyik, OPPO A95 hanya memiliki satu speaker. OPPO A96 juga mewarisi dukungan codec audio Bluetooth SBC, AAC, dan APTX.

3. Kamera Utama 50 MP

A96 vs A95

Di sektor kamera, OPPO A96 hanya dilengkapi dua unit kamera di belakang. Namun kamera utamanya meningkat menjadi 50 MP dengan sensitivitas lebih tinggi dan berpadu dengan kamera 2 MP sebagai depth sensor yang digunakan pada mode portrait untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh yang presisi dan alami.

Sementara, kamera depannya 16 MP yang dapat menghasilkan bidikan portrait yang menawan. Dengan fitur terbaru seperti AI Natural Retouching yang mencakup penghilangan noda sekaligus mempertahankan fitur wajah alami. Serta, fitur 360 derajat Fill Light yang membantu mencerahkan bidikan selfie di lingkungan yang redup.

4. Baterai 5.000 mAh + 33 W SUPERVOOC

Baterai besar 5.000 mAh hadir untuk memberikan daya tahan yang cukup untuk penggunaan seharian yang dilengkapi fitur penghemat daya dan teknologi pengisian cepat 33W SUPERVOOC. Cukup luangkan waktu 30 menit, baterai OPPO A96 dapat terisi sebanyak 55% dari kondisi kosong.

Efisiensi penggunaan baterai hadir melalui fitur Super Power Saving Mode yang dapat secara otomatis menyesuaikan frekuensi CPU dan pengaturan lampu latar pada aplikasi tertentu untuk memperpanjang masa pakai baterai. Sedangkan fitur Optimized Night Charging memungkinkan untuk mempelajari pola tidur pengguna dan menjadwalkan rencana pengisian baterai tersegmentasi pada malam hari.

5. Chipset Snapdragon 680 4G

A96 vs A95

Aspek performa juga mendapat peningkatan yang signifikan, OPPO A96 didukung chipset terbaru Snapdragon 680 4G yang dibuat pada proses fabrikasi 6 nm yang memberikan tenaga ekstra namun tetap irit daya, pendahulunya menggunakan Snapdragon 662 (11 nm). Ditambah dukungan kapasitas luas pada RAM dan penyimpanan internal.

OPPO A96 dibekali RAM 8 GB yang dapat diperluas secara virtual dengan teknologi ekspansi RAM hingga pilihan 5 GB sehingga totalnya 13 GB. Kapasitas penyimpanan OPPO A96 juga dua kali lipat lebih besar dari pendahulunya, yakni 256 GB yang masih bisa ditambah lagi lewat kartu microSD hingga 1 TB.

Penutup

Itulah lima peningkatan utama yang dibawa oleh OPPO A96 daripada pendahulunya. Bila tertarik, pre-order OPPO A96 bisa dipesan mulai 7 hingga 15 April 2022. Selama masa pre-order, pengguna akan mendapatkan dengan total keuntungan senilai Rp1.359.000.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.

Play video

23 June 2022

Daftar Adaptasi Animasi dari Game #hybridhighlight Eps. 6

HybridHighlight kali ini akan membahas tentang daftar animasi yang merupakan adaptasi dari game. Apa saja animasi itu?

Others from #HybridTV