Dark
Light

5 Hal yang Anda Perlu Ketahui Tentang Google Fiber

1 min read
July 23, 2012

Baru-baru ini kami mengangkat tentang Google Fiber. Penduduk Kansas City (baik di negara bagian Kansas maupun di Missouri) yang beruntung bakal menikmati Internet super cepat dengan kecepatan layanan yang diklaim mencapai 1 Gbps. Rencananya layanan ini resmi beroperasi tanggal 26 Juli mendatang. Nah, sebelum Google Fiber berjalan, ada 5 hal yang perlu Anda ketahui tentang Google Fiber yang kami kumpulkan dari beberapa sumber. Hal-hal menarik tersebut adalah:

1. Kansas City di negara bagian Kansas adalah kota pertama yang terpilih dari 1100 komunitas yang mendaftar program ini pada 30 Maret 2011. Dua bulan setelah pemilihan tersebut, Kansas City di negara bagian Missouri juga diikutsertakan.

2. Kecepatan Google Fiber yang diklaim 1 Gbps bakal hampir dua ratus kali lebih cepat dari kecepatan rata-rata Internet di Amerika Serikat. Menurut data State of The Internet yang disusun Akamai, kecepatan rata-rata Internet di Amerika Serikat adalah 5.8 Mbps. Sebagai perbandingan, Korea Selatan sebagai negara dengan Internet tercepat di dunia memiliki angka kecepatan rata-rata 17.5 Mbps.

3. Google Fiber sudah diuji coba terlebih dahulu di kawasan perumahan dekat Universitas Stanford, California. Seseorang yang beruntung menginformasikan hasil speedtest-nya di Reddit. Belum dengan kecepatan penuh tapi hasilnya sudah bikin menganga. Berikut adalah screenshot speedtest-nya. Jangan ngiler ya!

4. Dengan kecepatan Google Fiber, menonton film tidak perlu lagi disimpan dalam bentuk DVD atau Blu Ray karena proses streaming bakal memungkinkan hasil yang tetap jernih tanpa patah-patah. Menonton serial TV atau film dengan format High Definition bukan lagi masalah jika dilakukan via streaming. Yang paling ketar-ketir saat ini adalah usaha pertelevisian. Apakah akhirnya Internet bakal meruntuhkan hegemoni perusahaan televisi yang sudah bertahan puluhan tahun?

5. Google sempat menggunakan Google Fiber sebagai bahan lelucon April Mop. Di edisi April Mop 2012, Google menyebutkan produk batangan Google Fiber (Google Fiber Bar) bisa dimakan (bukan sebagai infrastruktur Internet) dan dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan kebugaran dan produktivitas. Anda penasaran? Silakan tonton videonya di YouTube.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Pesan Taksi BlueBird Lebih Mudah Dengan Aplikasi Untuk Perangkat iPhone

Next Story

Foxconn Masih Lakukan Uji Kelayakan Atas Rencana Bangun Pabrik di Indonesia

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Semua Hal yang Diumumkan NVIDIA pada Computex 2024

Dalam presentasi selama 1 jam 47 menit, CEO dan pendiri

Naming Rights Agreements in Esports

In recent years, more and more non-endemic brands have decided