9 October 2017

by Yoga Wisesa

5 Game Sci-Fi yang Bisa Anda Nikmati Buat Merayakan Penayangan Blade Runner 2049

Sensasi petualangan ala Blade Runner bisa Anda temukan di medium hiburan video game.

Berdasarkan pengamatan saya, Blade Runner 2049 memperoleh respons unik dari masyarakat Indonesia. Banyak orang merasa bingung dan mengeluh karena waktu tayangnya terlalu lama (bahkan tak sedikit dari mereka keluar teater sebelum film usai). Tapi bagi para penggemar serta penikmat film sci-fi, Blade Runner 2049 dianggap sangat memuaskan, baik dari segi narasi sampai visual.

Namun langkah writer Hampton Fancher memperluas jagat neo-noir yang diadopsi dari novel Philip K. Dick itu membuat Blade Runner 2049 menyisakan lebih banyak pertanyaan. Kita tak tahu kapan akan mendapatkan jawaban, dan payahnya lagi, membuat kita haus akan pengalaman serupa. Tak usah gundah, sensasi petualangan ala Blade Runner bisa Anda temukan di medium hiburan yang lebih interaktif: video game.

Ini dia lima game yang dapat Anda nikmati buat merayakan penayangan Blade Runner 2049 di layar lebar.

 

Blade Runner 2049: Replicant Pursuit

Jika kebetulan Anda mempunyai Gear VR dan smartphone pendukungnya, game tie-in Blade Runner 2049 ini bisa dinikmati di headset virtual reality mobile tersebut secara gratis. Replicant Pursuit menyuguhkan aksi kejar-kejaran di atas kota Los Angeles dengan menggunakan mobil terbang spinner. Sebagai Blade Runner, Anda ditugaskan untuk memburu android pembunuh.

 

Observer

Observer menyajikan latar belakang masa depan yang kelam seperti Blade Runner, namun bedanya, di sana para penegak hukum dibekali kemampuan meretas otak tersangka dan menanamkan rasa takut sebagai cara mencari petunjuk. Kendalanya, metode ini juga membuat sang karakter utama mulai mempertanyakan realita, dan berpotensi merusak kewarasannya.

 

Shadowrun: Hong Kong - Extended Edition

Elemen paling unik dari seri Shadowrun adalah penggabungan antara setting fiksi ilmiah cyberpunk dengan fantasi. Di dunianya, elf, kurcaci dan orc adalah pemandangan umum, akibat adanya fenomena Unexplained Genetic Expression. Shadowrun: Hong Kong menyajikan formula ala Shadowrun Returns dan Dragonfall, memadukan RPG dan gameplay turn-based tactical.

 

Deus Ex: Mankind Divided

Membahas tema neo-noir dan cyberpunk, seri Deus Ex cepat atau lambat akan disebutkan. Mankind Divided adalah pelanjut kisah Human Revolution, fokus pada dampak sosial dari praktek modifikasi tubuh. Sebagai personil Interpol bernama Adam Jensen, Anda ditugaskan untuk menghentikan upaya sebuah kelompok rahasia mengendalikan manusia dengan menggunakan implan.

 

Hard Reset Redux

Kisah-kisah sci-fi neo-noir dan cyberpunk biasanya kental dengan konspirasi dan cerita yang kompleks, namun dalam Hard Reset, developer Flying Wild Hog menitikberatkan elemen action dan Anda hanya perlu berkonsentrasi dalam menghancurkan robot. Edisi Redux ini merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya, menghidangkan beragam fitur dan musuh baru, serta dibekali upgrade grafis.

-

Selain judul-judul di atas, sebetulnya ada dua permainan penting yang perlu diketahui pencinta sci-fi: Blade Runner (1997) dan Cyberpunk 2077. Blade Runner adalah gamepoint-and-clink adaptasi dari film orisinalnya dan merupakan salah satu permainan petualangan terbaik sepanjang masa, sayangnya ia tidak lagi bisa dimainkan; lalu Cyberpunk 2077 sendiri masih dikembangkan oleh CD Projekt Red.