15 November 2022

by Glenn Kaonang

5 Fitur Unggulan Proyektor Samsung The Freestyle

Samsung The Freestyle adalah salah satu proyektor paling fleksibel yang ada di pasaran saat ini. Apa saja keunggulannya?

Fleksibilitas merupakan salah satu kriteria penting dari suatu gadget yang diprioritaskan oleh konsumen modern. Orang menginginkan gadget yang dapat membantunya bekerja dari mana saja sekaligus menikmati hiburan di mana saja. Guna menjawab tuntutan tersebut, Samsung menghadirkan The Freestyle, sebuah proyektor serbabisa yang menawarkan kebebasan bagi penggunanya untuk menikmati hiburan dan konten dalam cara yang personal.

Produk ini pertama kali diperkenalkan pada ajang CES 2022 pada bulan Januari lalu. Sekarang, perangkatnya sudah tersedia secara resmi di pasar tanah air. Bagi yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai perangkat unik ini, berikut adalah 5 fitur unggulan proyektor Samsung The Freestyle.

1. Desain unik dan portabel

Meski tidak mengemas modul baterai, The Freestyle tetap memiliki tingkat portabilitas yang tinggi, dengan bobot hanya berkisar 830 gram. Sebagai pelengkap, Samsung tidak lupa menyediakan aksesori berupa travel case yang tahan air dan goresan dengan sertifikasi IP55.

Untuk kenyamanan menikmati konten di mana saja, pengguna dapat menyambungkan The Freestyle ke power bank dengan output 50W/20V atau lebih via kabel USB-C.

2. Mudah dioperasikan

Kesan simpel tidak hanya tersirat pada desain The Freestyle, melainkan juga pada cara pengoperasiannya. Untuk menggunakan perangkat, pengguna hanya perlu menghubungkan The Freestyle ke sumber listrik, lalu menekan tombol power di perangkat atau melalui remote control yang tersedia.

Lebih lanjut, The Freestyle juga menawarkan pengaturan posisi proyeksi yang amat fleksibel. Berkat cradle yang dapat diputar 180°, pengguna dapat memproyeksikan konten di tempat yang sempit sekalipun.

3. Didukung sederet fitur pintar

Salah satu alasan mengapa kategori produk proyektor kurang begitu disukai adalah karena ribetnya proses pengaturan awalnya. Hal ini tidak berlaku pada The Freestyle, sebab ia telah dibekali sederet fitur pintar yang akan menyederhanakan proses setup awal secara keseluruhan.

Fitur auto keystone akan mengoreksi sudut gambar pada permukaan yang miring sehingga hasil proyeksi bisa dinikmati dalam bingkai persegi panjang yang tegak lurus. Fitur auto leveling akan memastikan gambar tetap dalam posisi mendatar walaupun diproyeksikan dari permukaan yang miring atau tidak rata.

The Freestyle turut mengemas fitur auto focus yang akan memastikan gambar tetap kelihatan tajam dan jernih jika dilihat dari berbagai sudut. Kemudian ada pula fitur smart calibration yang akan mengoptimalkan kualitas gambar secara otomatis berdasarkan warna permukaan dan kondisi pencahayaan sekitar.

4. Sumber konten melimpah

Setiap kali dinyalakan, The Freestyle akan langsung menampilkan Smarthub untuk kemudahan menavigasikan konten yang ada. Dari menu utama ini, pengguna dapat langsung mengakses aplikasi-aplikasi layanan streaming seperti Netflix, Prime Video, Apple TV, HBO GO, Vidio, Mola, YouTube, maupun browser internet.

Ingin menikmati konten dari perangkat lain? Manfaatkan saja fitur mirroring konten dari smartphone. Di ponsel Android, pengguna bisa menggunakan fitur Tap View atau Smart View. Dengan Tap View, layar smartphone bisa langsung diproyeksikan hanya dengan mengetukkan bagian belakang ponsel ke proyektor.

Bagi pengguna perangkat iOS, The Freestyle dapat dihubungkan untuk streaming musik, video, atau foto dari perangkat berkat dukungan fitur AirPlay.

5. Perangkat all-in-one

The Freestyle adalah perangkat serbaguna dengan berbagai opsi penggunaan. Selain menyajikan pengalaman ala Smart TV, The Freestyle turut memegang peran sebagai speaker yang mumpuni, dengan dentuman bass yang dalam dan jernih berkat utilisasi sepasang passive radiator.

The Freestyle juga dapat dikendalikan dengan voice assistant Bixby. Pengguna bisa memanggil Bixby lewat tombol yang ada di bagian atas remote control, lalu menginstruksikan sang asisten untuk membuka aplikasi yang diinginkan, menaikkan atau menurunkan volume, memainkan musik, dan lain sebagainya.

Saat sedang tidak digunakan, Samsung The Freestyle juga dapat melengkapi dekorasi ruangan berkat fitur Ambient Mode. Menggunakan berbagai custom design, The Freestyle bisa menjadi seperti semacam poster, karya seni, atau bahkan lampu yang bisa diubah-ubah demi menyesuaikan mood ruangan.