5 Fitur Unggulan Laptop Tipis Nan Ringan ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)

Laptop ultraportable ini hadir dengan ketebalan 1 cm dan bobot hanya 1 kg, tanpa mengorbankan performa, konektivitas, dan daya tahan baterai

ASUS telah mengumumkan Zenbook S 13 OLED (UX5304) di Indonesia, laptop OLED 13,3 inci yang diklaim paling tipis dan ringan di dunia. Laptop ultraportable ini hadir dengan ketebalan 1 cm dan bobot hanya 1 kg. Semuanya tanpa harus mengorbankan performa, konektivitas, maupun daya tahan baterai.

Demi menekan ketebalan, tim engineering ASUS menggunakan kamera IR FHD yang berukuran lebih kecil, langsung ke dalam bagian layar yang diproses dengan teknik CNC. Panel OLED yang lebih ramping juga digunakan, sehingga bagian layar laptop ini menjadi 30% lebih tipis.

Untuk meminimalkan bobot, paduan material magnesium-aluminium digunakan pada bagian keyboard deck yang diproses dengan teknik CNC, sehingga menciptakan struktur yang kokoh tanpa memerlukan bagian penyangga tambahan. Penutup kaca yang sangat tipis juga digunakan pada touchpad ErgoSense yang 9,5% lebih besar, sehingga menghasilkan penurunan ketebalan sebesar 25% lagi pada bagian keyboard deck.

Selain bentuk ringkasnya, berikut lima keunggulan yang ditawarkan oleh ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304). Laptop ini dijual seharga Rp23.999.000 dalam warna Basalt Grey dengan 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty.

1. ASUS Lumina OLED

Laptop Zenbook terbaru ini sudah dilengkapi dengan ASUS Lumina OLED, 13,3 inci 2,8K dengan rasio layar 16:10 yang memberikan area kerja lebih luas. Setiap laptop dengan ASUS Lumina OLED telah teruji dapat menghasilkan kualitas visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat, berkat color gamut 100% DCI-P3 dan telah memperoleh sertifikasi PANTONE Validated Display.

ASUS Lumina OLED juga mendukung teknologi HDR dengan sertifikasi VESA DisplayHDR True Black. Serta dilengkapi fitur Eye Care yang dapat mengurangi spektrum cahaya biru yang berpotensi berbahaya bagi mata tanpa mengurangi kualitas visual, lengkap dengan sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker.

2. Konektivitas Lengkap

Meski ringkas, Zenbook S 13 OLED (UX5304) tetap dibekali dengan sejumlah port I/O yang terbilang lengkap. Mulai dari dua port USB-C Thunderbolt 4 yang mendukung pengisian daya yang cepat, tampilan eksternal beresolusi 4K, dan transfer data dengan kecepatan hingga 40 Gbps. Laptop ini juga menyediakan port USB 3.2 Gen 2 Type-A, port HDMI 2.1, dan jack audio kombinasi 3.5mm.

3. Kamera IR FHD

Guna mengoptimalkan pengalaman video conference di mana pun, kamera IR FHD pada Zenbook S 13 OLED (UX5304) dilengkapi dengan efek visual khusus dan teknologi AI noise-cancelling. Kamera ini juga mendukung sistem login Windows Hello melalui fitur pemindaian wajah.

Sementara itu, kombinasi sistem audio dengan sertifikasi Harman Kardon, teknologi Dolby Atmos, Smart Amp, dan ASUS Audio Booster mampu menyajikan pengalaman audio berkualitas tinggi bagi para penggunanya.

4. Performa yang Powerful

Pada aspek performa, Zenbook S 13 OLED (UX5304) mengandalkan prosesor Intel Core i7-1355U generasi ke-13 dengan konfigurasi 10 core dan 12 thread yang dapat dipacu hingga 5GHz. Lengkap dengan chip grafis terintegrasi Intel Iris Xe untuk mendukung kebutuhan komputasi grafis sehari-hari.

Prosesor ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti Intel Quick Sync yang mempercepat proses encoding dan decoding video. Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga telah mendapatkan validasi sebagai platform Intel Evo. Artinya terjamin dalam hal menyajikan pengalaman penggunaan terbaik.

ASUS melengkapinya dengan memori LPDDR5 berkapasitas 16GB dan media penyimpanan data PCIe 4.0 SSD. Performa powerful Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga didukung dengan daya tahan baterai yang panjang, 63 WHrs yang dapat bertahan sepanjang hari.

5. Ramah Lingkungan

ASUS melalui Zenbook berkomitmen pada prinsip "Do More with Less". Siklus hidup laptop yang ramah lingkungan ini telah mendapatkan pengakuan internasional melalui sertifikasi EPEAT Gold. Mulai dari bahan dan proses pembuatan, perakitan, penggunaan, hingga proses daur ulang di akhir masa pakai. Siklus hidup Zenbook S 13 OLED (UX5304) dirancang untuk meminimalkan jejak karbon, menjadikannya laptop yang ramah lingkungan.

Zenbook S 13 OLED (UX5304) memiliki keunikan tersendiri dengan dilengkapi bodi berbahan plasma-ceramic aluminium. Bahan ini diproses dengan teknik eksklusif yang hanya memerlukan air murni dan listrik, tanpa kebutuhan senyawa organik, asam kuat, atau logam berat. Teknik khusus ini tidak hanya menghasilkan bodi yang tahan korosi, tetapi juga memiliki durabilitas lebih baik, masa pakai yang panjang, dan meminimalkan dampak kerusakan terhadap lingkungan.

Selain itu, Zenbook S 13 OLED (UX5304) menunjukkan efisiensi energi yang sangat tinggi dan telah melebihi standar ENERGY STAR sebesar 43%. Seluruh upaya tersebut dilakukan agar Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat menjadi laptop dengan zero carbon emission.